Top

Saatnya Anak Kembali ke Sekolah. Persiapkan 5 Hal ini Yuk!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Apr 2022

  |  

Parenting

Situasi pandemi sudah bergerak menuju tahap endemi. Pembelajaran tatap muka sudah banyak diterapkan di sekolah-sekolah. Waktu pembelajaran online atau pun kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan di dalam rumah sedikit demi sedikit akan berkurang. Bagaimana agar anak semakin semangat kembali belajar ke sekolah?

1. Bercerita tentang Pengalaman Menarik di Sekolah

Setiap orang tentu punya pengalaman seru di sekolah, tidak terkecuali Ayah dan Bunda Pengalaman saat bermain bersama teman, bernyanyi lagu yang asyik, menari bersama guru, dan aneka pengalaman yang menarik bisa diceritakan kepada anak. Tidak lupa juga untuk menjelaskan manfaat sekolah. Sepulang sekolah, jangan lupa pula mengajak anak bercerita aktivitas apa yang sudah dilakukan, dan berikan sugesti positif, agar anak tetap semangat di hari-hari berikutnya.

2. Jelaskan Asyiknya Berteman

Sebagai orang dewasa tentu kita sudah paham bahwa kita saling membutuhkan kehidupan sosial. Namun bagi anak-anak tentu perlu diungkapkan dengan bahasa yang berbeda. Jelaskan kepada anak bahwa berteman itu sangat asyik. Dengan berteman, anak bisa berbagi cerita, bermain bersama, bekerja sama, dan melakukan kegiatan asyik lainnya yang tidak bisa dilakukan sendiri.

3. Jelaskan Pentingnya Taat pada Guru dan Aturan di Sekolah

Jelaskan kepada anak bahwa kebiasaan di sekolah dan di rumah akan sedikit berbeda. Namun hal yang terpenting dan perlu ditanamkan kepada anak adalah pentingya sikap taat pada guru. Bila ada sesuatu yang belum dipahami, beri tahu anak agar tidak malu dalam bertanya. Bila membutuhkan bantuan, tidak perlu malu untuk meminta bantuan.

4. Pentingnya Pengembangan Karakter Percaya Diri dan Berani

Sekolah adalah tempat yang baik dan anak-anak bisa banyak melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Tanamkan dalam diri anak agar tidak perlu malu atau takut untuk melakukan hal-hal yang baik. Agar persiapan mental anak lebih maksimal kita bisa mengajak anak ke sekolah untuk mengenal tempat belajar, guru-guru di sekolah, dan seluruh warga sekolah agar anak lebih terbiasa dengan lingkungan yang baru. Pembiasaan melakukan interaksi bersama tetangga, saudara, terutama yang berusia sebaya juga sangat membantu.

5. Aktivitas Fisik di Luar Rumah

Selama anak berada di rumah, mungkin anak lebih sibuk menonton televisi, bermain game/gadget, dan melakukan aktivitas lain di dalam rumah. Agar anak semakin terlihat bugar dan bersemangat, ajaklah anak melakukan kegiatan fisik di luar rumah, misalnya olah raga, jalan-jalan ke mall, makan bersama, dan lainnya. Hal ini akan sangat membantu anak agar semakin terlihat bersemangat dan ceria saat berada di sekolah.

6. Waspada dan Jangan Abai Terhadap Virus

Protokol kesehatan masih menjadi suatu hal yang penting untuk mencegah penularan virus korona dengan berbagai variannnya. Ingatkan kepada anak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada di sekolah. Jelaskan pula bahwa anak-anak sangat rentan menjadi perantara virus (bisa menularkan virus), meski dalam keadaan tubuh yang sehat. Jadi harus tetap waspada.

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.