Top

Mau Jadi Produktif? Lakukan 10 Aksi yang Bisa Ubah Hidupmu

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

02 Mar 2023

  |  

Edukasi

Hai Sobat Marbel, apakah kamu sudah merasa bahwa dirimu sudah menjadi pribadi yang produktif? Dilansir dari Workflowmax.com, Caitlin Sisley berpendapat, “Orang yang paling produktif tidak takut membuat kesalahan. Mereka mengambil tindakan tanpa menganalisis konsekuensi secara berlebihan, dan memperlakukan setiap kegagalan sebagai kesempatan untuk perbaikan. Mengambil risiko sangat penting jika Anda ingin berkembang menjadi pekerja yang produktif, efisien, dan percaya diri.”

Lakukan aksi! Jangan takut melangkah! Kegagalan itu langkah untuk menuju keberhasilan. Dan yang terpenting, tumbuhkan niat dalam dirimu untuk mau berkembang menjadi pribadi yang produktif! Ini dia cara-cara sederhana membentuk dirimu menjadi pribadi yang produktif!

1. Bangun Pagi

Mobil pun butuh dipanaskan agar bisa bekerja dengan lebih baik. Begitu juga dengan otak dan organ tubuhmu. Bila kamu bangun di pagi hari, kamu bisa melakukan aktivitas ringan yang mampu meningkatkan konsentrasi dan semangatmu, misalnya berdoa, merapikan tempat tidur, melakukan gerakan senam sederhana, atau melakukan aktivitas menyenangkan yang menjadi hobimu.

Yuk lakukan gerakan senam sederhana dengan iringan lagu ini! Pasti Seru!

2. Melakukan Hobi yang Mendukung Visimu

Melakukan aktivitas kegemaran tentu akan terasa sangat menyenangkan dan membuat hidupmu lebih bersemangat. Lakukan hobi yang akan mendukungmu untuk mencapai visimu.

Bila kamu mempunyai visi untuk bisa membuat sebuah video klip memuat lagu ciptaanmu, tentu kamu perlu sering berlatih nyanyi, bermain musik, atau mengedit video. Sehingga kelak kamu bisa membuat video klip yang benar-benar berkualitas dan berisi lagu keren ciptaanmu.

Kamu hobi membaca? Yuk, baca buku-buku dongeng digital yang akan mengembangkan karakter dan pengetahuanmu!

3. Disiplinkan Dirimu

Agar kamu bisa mendisiplinkan dirimu, kamu bisa membuat jadwal harian. Jadwal harian berisi aneka tugas atau pekerjaan yang harus kamu selesaikan atau kamu lakukan setiap harinya. Tentukan pula skala prioritas dari setiap kegiatan tersebut. Tentukanlah tugas mana yang harus diselesaikan hari ini, dan yang bisa ditunda.

Bila kamu sudah bisa menentukan tugas-tugas yang perlu kamu selesaikan dalam sehari, kamu pasti akan lebih termotivasi dan tertantang untuk menyelesaikannya. Kamu juga akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak suka membuang-buang waktu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

4. Siapkan Ruang Belajar yang Nyaman

Pilihlah ruang belajar yang nyaman dan jauh dari keramaian. Tatalah ruangan dengan rapi dan ciptakanlah ruang belajar yang mampu membangkitkan semangat, misalnya dengan mendekorasi dengan aksesoris yang menarik atau memasang poster tokoh idolamu.

Ruang belajar yang rapi akan meningkatkan fokus dan produktivitasmu. Kamu juga tidak akan bingung saat mencari benda-benda atau barang-barang yang akan kamu gunakan untuk belajar atau mengerjakan sesuatu.

5. Melakukan Olahraga

Yuk, bermain sambil belajar ragam olahraga seru dengan aplikasi Marbel Olahraga! Unduh di sini!

Saat kamu melakukan olahraga, kesehatan tubuh dan mentalmu akan tetap terjaga. Apalagi bila kamu melakukan bersama dengan teman-teman sebaya.

Olahraga bisa membuat otot-otot mu semakin kuat, sirkulasi darahmu juga akan semakin lancar. Jantung akan bekerja dengan lebih efisien untuk memompa darah keseluruh tubuh, sehingga kalori dalam tubuhmu akan terbakar. Setiap hari kamu pasti akan merasa semakin bugar.

6. Membaca Buku

Selain bisa mengembangkan wawasan, membaca buku juga merupakan sarana untuk melatih otak dan pikiran. Kemampuanmu untuk berkonsentrasi juga akan berkembang. Baca buku juga bisa memberi efek ketenangan dan kesabaran dalam hatimu, sehingga kamu juga akan terhindar dari stres dan jiwa yang terbeban.


Baca juga:

1. Kembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak dengan Cara Ini!

2. Educa Studio : Memilik Budaya Kerja di Startup Kreatif


7. Melakukan Rekreasi dan “Me Time”

Setelah menjalani hari-harimu dengan aneka kegiatan belajar dan menyelesaikan pekerjaan, tentu kamu juga membutuhkan waktu berekreasi dan me time. Selain bisa mencegah stres, aktivitas berekreasi dan me time juga meredakan kecemasan.

Usahakan pula untuk melakukan kegiatan-kegiatan di luar ruangan atau di alam bebas. Paparan sinar matahari yang mengenai tubuh, akan meningkatkan kesehatan dan menambah kebugaran.

Pastikan Me Time kamu jadi lebih asyik, sambil mendengarkan dongeng versi podcast! Dengarkan koleksi dongengnya di sini!

8. Berorientasi pada Proses

Mungkin setiap tugas yang berhasil kamu selesaikan belum menghasilkan karya dengan kualitas yang maksimal. Bila kamu berorientasi pada proses, tentu kamu perlu mengevaluasi proses yang sudah kamu jalani. Temukan hal-hal yang membuat karya ciptaanmu belum maksimal.

Apakah kamu sudah serius mengerjakannya? Soft-skill apa saja yang perlu kamu tingkatkan agar bisa membuat produkmu lebih berkualitas? Karakter apa yang perlu perbaiki agar bisa mendukung prosesmu dalam belajar dan mengerjakan suatu tugas?

Berorientasi pada proses berarti bahwa kamu harus terus melakukan perbaikan dan mau belajar dari kesalahan.

9. Bijak dalam Memanfaatkan Teknologi Digital

Gabung di Kelas Kreator Gamelab.id. Kamu akan belajar menjadi kontek kreator hebat dengan memanfaatkan teknologi terkini! Silakan daftar di sini!

Gunakan produk-produk digital sebagai media belajar, menemukan informasi, dan berkreasi. Jangan buang-buang waktu untuk scrolling media sosial hanya untuk mendapatkan hiburan. Aturlah waktu sebaik mungkin, dan tumbuhkan niat dalam dirimu untuk bisa memanfaatkan teknologi digital secara bijaksana.

10. Berpikir Positif

Bila kamu melakukan kesalahan, artinya kamu telah menemukan hal yang perlu kamu perbaiki di masa depan. Bila kamu menemukan rekan yang menyebalkan, artinya kamu harus belajar untuk bisa lebih bersabar dan belajar menerima sesama dengan segala kekurangan. Bila kamu merasa harimu kurang menyenangkan atau merasa bosan, artinya kamu sedang butuh rekreasi atau hang-out bersama teman-teman.

Berpikir positif berarti bahwa kamu bisa menemukan penyebab dari setiap hal yang kurang menyenangkan, menemukan solusi dari setiap distraksi, dengan tetap bersikap tenang meski ada persoalan yang menjadi penghalang. Terus berkarya dan tumbuh menjadi pribadi yang semakin prodktif dari hari ke hari! Semangat!


Sumber Referensi:

     1. Workflowmax.com. (2017). 25 Habits of highly productive people work smarter not harder [1]

     2. Freepik.com. (2022). Top view joyful boy drawing with crayons [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.