Top

Siapa Sangka, Kualitas Tidur Bisa Tingkatkan Prestasi!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

19 Feb 2023

  |  

Edukasi

Sobat Marbel, apakah kamu pernah mengalami kelelahan saat besok kamu harus menghadapi ujian, sehingga kamu kehilangan konsentrasi atau semangat belajar? Salah satu penyebab kamu mengalami hal ini adalah kualitas tidur yang buruk.

Dilansir dari Dovepress.com, dijelaskan bahwa tidur adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kesehatan dan kehidupan manusia, yang sangat penting dalam pembelajaran, latihan, serta kesehatan fisik maupun mental. Hal ini mempengaruhi kapasitas pembelajaran individu, kinerja akademik, dan fungsi saraf perilaku.

Inilah beberapa tips yang bermanfaat agar kamu memiliki kualitas tidur yang baik. Semoga dengan kualitas tidur yang baik, kamu akan semakin semangat dalam belajar serta mampu tetap fokus saat melakukan kegiatan belajar.

1. Kamar dan Tempat Tidur yang Nyaman

Sobat Marbel, tentu sulit untuk bisa tidur dengan nyenyak saat lampu menyala dengan terang-benderang, bukan? Gigen Mammoser mengatakan bahwa paparan cahaya selama tidur mempersulit otak Anda untuk mencapai tidur yang lebih nyenyak. Oleh karena itu, setiap kamu tidur, kamu perlu mematikan lampu kamarmu. Kemudian kamu bisa menghidupkan lampu tidur, yang redup atau tidak terlalu terang.

Pastikan pula kamu tidur di kasur atau bantal yang bisa membuatmu merasa nyaman. Bila kamu memiliki hewan peliharaan, pastikan ia tidak mengganggumu saat kamu sudah terlelap.

2. Berkegiatan Rileks sebelum Tidur

Melakukan kegiatan santai apalagi kegiatan yang menjadi kegemaranmu akan sangat membantumu untuk bisa tidur lebih nyenyak. Beberapa kegiatan positif yang bisa menjadi pilihan adalah menulis secara manual, membaca buku cerita, mendengarkan musik sambil bernyanyi, atau mendengarkan dongeng dalam bentuk podcast.

Bila kamu gemar mendengarkan dongeng dalam bentuk podcast, kamu bisa men-download-nya terlebih dahulu. Setelah kamu download, bisa mendengarkannya melalui handphone dengan pengaturan flight mode. Sehingga kamu terhindar dari paparan sinyal internet yang bisa mengurangi kualitas tidurmu.

Puluhan koleksi dongeng RIRI, Cerita Anak Interaktif, versi podcast ada di platform Noice.id

3. Perhatikan Makanan dan Minuman Dikonsumsi

Hindarilah tidur dalam keadaan perut sedang lapar. Karena hal ini bisa menyebabkan tidurmu kurang nyaman dan beresiko untuk terserang penyakit saat kamu tertidur. Usahakanlah untuk makan malam 4 jam sebelum kamu tidur. Dan minumlah air putih secukupnya paling tidak satu jam sebelum tidur. Karena bila kamu minum air putih terlalu banyak, kamu bisa terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

Sobat Marbel, agar kamu bisa tidur lebih pulas, hindari minuman yang mengandung kafein ya! Contoh minuman berkafein adalah kopi, teh hijau, es krim, cokelat, kola, dan aneka minuman stimulasi energi.


Baca juga:

1. 8 Cara Sukses Disiplinkan Diri demi Meraih Pretasi

2. Fakta Unik Kehidupan Ikan di Buku Cerita Educa Studio X Twinkl


4. Membatasi Waktu Tidur Siang

Siang hari adalah saat terbaik untuk melakukan aneka aktivitas. Hindarilah tidur terlalu lama saat siang hari. Durasi waktu tidur di siang hari terbaik adalah 20 menit.

Kembangkan dirimu dengan aneka aktivitas positif. Salah satunya, belajar cara membuat konten edukatif, kreatif, dan inspiratif. Yuk, gabung di Gamelab.id dalam Kelas Kreator!

5. Rutin Melakukan Olahraga

Dilansir dari Sutterhealth.org dikatakan bahwa melakukan olahraga bisa membuatmu tetap bugar. Selain itu, berolahraga juga memberikan edukasi pada kamu tentang cara mengatur waktu, mempererat tali persahabatan, dan membangun hubungan dengan teman sebaya dan orang dewasa.

Jadi, selain bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuhmu, kebutuhanmu untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama juga akan terpenuhi. Sobat Marbel pasti akan semakin tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia.

6. Hindari Screen Time sebelum Tidur

Melakukan aktivitas dengan perangkat yang menggunakan layar, seperti menonton TV, bermain gim online, scrolling media sosial, apalagi memakan waktu hingga berjam-jam, sebaiknya kamu hindari. Kebiasaan ini bisa mengakibatkan kamu mengalami gangguan tidur. Beraktivitas menggunakan layar dipercaya dapat menurunkan produksi hormon melatonin alami di malam hari, yang bisa membuatmu menjadi semakin sulit mengalami rasa kantuk.

Sobat Mabel, itulah beberapa tips jitu yang akan membantumu agar memiliki kualitas tidur yang baik. Semoga Sobat Marbel kian tumbuh menjadi anak yang sehat dan berprestasi.

Yuk, belajar dengan aneka gim dan animasi yang seru dan menyenangkan tentang edukasi siaga gempa dengan aplikasi ini!


Sumber Referensi:

1. Shile, M.J. dan Howard, K. (2013). Benefits of sports [1]

2. Mammoser, G. (2013). Is sleeping with the light on good or bad for my health [2]

3. Dovepress.com. (2020). The effect of sleep quality on studentsr academic achievement [3]

4. Freepik.com. (2020). Cute little girl lies bed doesnt want get up [4]

 

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.