Top

8 Cara Sukses Disiplinkan Diri demi Meraih Pretasi

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Feb 2023

  |  

Edukasi

Sobat Marbel, tahukah kamu bahwa perilaku disiplin akan sangat menentukan keberhasilanmu dalam meraih prestasi yang gemilang? Dilansir dari Ffe.org, dikatakan:

“Disiplin memberi orang aturan untuk menjalani hidup mereka secara efisien dan efektif. Ketika Anda memiliki disiplin dalam hidup Anda, Anda dapat membuat pengorbanan kecil di masa sekarang demi kehidupan yang lebih baik di masa depan.”

Ketika kamu menjadi pribadi yang disiplin, pasti ada beberapa hal yang kurang menyenangkan untuk kamu lakukan dalam aktivitasmu sehari-hari. Namun, itulah pengorbanan yang harus kamu berikan dalam hidupmu agar kamu bisa meraih apa yang kamu cita-citakan. Bagaimana mengembangkan karakter disiplin dalam hidup sehari-hari? Sobat Marbel, inilah tips-tips yang bisa membantumu menjadi pribadi yang disiplin!

1. Bisa Memotivasi Diri Sendiri

Saat kemalasan mulai kamu rasakan, saat kamu merasa bosan untuk belajar, atau saat kamu ada dalam suatu persoalan yang membebani, kamu harus bisa memotivasi dirimu sendiri. Jangan menunggu orang lain datang seperti malaikat untuk menyelamatkanmu. Meskipun ada sahabat atau teman yang bisa mendorongmu untuk lebih bersemangat, tapi kamu harus bisa memotivasi dirimu untuk terus melangkah dan mau belajar dari kesalahan atau kekuranganmu. 

Saat kamu benar-benar butuh seseorang untuk berbagi, datanglah serta berbagilah kepada orang tua, kerabat dekat, atau orang yang bisa kamu percaya. Mintalah pertimbangan-pertimbangan dan input-input yang positif, agar kamu bisa mendapatkan solusi terbaik dari persoalan yang sedang kamu hadapi.

Yuk, motivasi diri dengan bernyanyi lagu bertema profesi. 

2. Setiap Langkah Kecil, Menentukan Masa Depanmu

Saat kamu memiliki waktu luang, mungkin kamu berpikir untuk bisa melakukan beberapa hal seperti scrolling media sosial, tidur seharian, atau main game selama berjam-jam. Setiap orang tentu membutuhkan hiburan untuk menyegarkan pikiran dan perasaan. Namun, bila hiburan menjadi sebuah keterikatan dan membuatmu tidak bisa mengatur waktu sebaiknya kamu perlu mengevaluasi dirimu kembali.

Setiap langkah kecil menentukan masa depanmu. Jadi bila kau memiliki waktu luang, gunakanlah untuk melakukan hal-hal yang positif, misalnya untuk melakukan hal-hal yang baru, membaca buku, atau mempelajari keterampilan yang baru. Lakukanlah aktivitas-aktivitas yang bisa membangun dirimu tanpa melupakan kebutuhanmu untuk menyegarkan hati dan pikiran, misalnya melakukan kegiatan kegemaran.

3. Mengatur Rutinitas dalam Satu Hari

Setiap hari kamu harus menentukan aktivitas-aktivitas yang menjadi prioritas untuk dilakukan. Jadikanlah aktivitas-aktivitas tersebut sebagai misi yang harus diselesaikan. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting kamu harus yakin bahwa kamu bisa menuntaskan. Kamu pasti akan merasakan kepuasan saat kamu berhasil menuntaskan misi-misi harian.

Belajar membuat konten yang edukatif dan berbasis teknologi pasti akan kamu sukai. Yuk, belajar bersama Kakak-Kakak Tutor di Kelas Kreatif Gamelab.id, dengan meng-klik gambar di bawah ini!

4. Berpikir dan Lakukan Hal yang Positif

Setiap hari tentu kamu akan menghadapi godaan yang menggoyahkan niatmu untuk hidup disiplin, misalnya bermain gadget terlalu lama atau bermalas-malasan sambil menonton TV seharian.

Untuk mengatasi hal ini kamu perlu berpikir positif, serta melakukan aktivitas yang positif mulai dari hal yang sederhana, misalnya berdoa serta mengucap syukur, berbuat baik, berbicara hal yang positif pada diri sendiri, berkata-kata yang baik pada sesama, dan aturlah waktu untuk beristirahat.

5. Menentukan Harapan Jangka Panjang

Apa yang akan kamu lakukan untuk bisa menjadi penulis yang baik? Tentu ada banyak soft skill yang perlu kamu kuasai. Misalnya keterampilan menulis judul dengan ejaan yang benar serta menarik, keterampilan mengedit tulisan menjadi lebih efektif serta informatif, cara memanfaatkan media sosial sebagai sarana publikasi, dan lainnya.

Tentukan mulai dari sekarang, strategi yang akan kamu susun untuk mencapai harapan jangka panjangmu itu. Tentu saja kamu perlu mengatur waktu dengan baik, agar setiap soft skill atau kompetensi yang perlu dimiliki untuk menjadi seorang penulis yang baik, benar-benar kamu kuasai.

6. Cepat Bangkit saat Gagal

Saat kamu mengalami kegagalan, jangan buang-buang waktumu. Lakukanlah evaluasi diri dan mencari akar penyebab kamu mengalami kegagalan itu. Jangan terlalu lama larut dalam kesedihan atau rasa bersalah. Yakinlah bahwa setiap kejadian akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik, lebih kuat, dan lebih bijaksana.


Baca juga:

  1. Membangun Karakter Anak yang Berhati Mulia dan Bahagia
  2. Mendisiplinkan Kelas dengan Kesepakatan, Konsekuensi, dan Reward

7. Belajar dari Orang Lain

Dilansir dari kids.frontiersin.org, dikatakan bahwa kita bisa mendapat manfaat saat belajar dari orang lain, karena hal ini membantu diri kita untuk bisa membuat pilihan yang lebih baik. Kita juga akan lebih mampu belajar dari kegagalan dan kesuksesan orang lain. Hal ini lebih efisien daripada saat kita harus mengalaminya sendiri.

Kamu memang bisa belajar dari kejadian yang kurang menyenangkan dalam hidupmu. Tapi tentu akan lebih baik bila kamu bisa belajar dari pengalaman orang lain, baik pengalaman yang menyenangkan ataupun pengalaman yang kurang menyenangkan. Ambillah sisi positif dari setiap pengalaman yang dialami orang lain, dan tetap menjadi dirimu sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa belajar dari orang-orang sukses dan tokoh-tokoh idolamu. Kamu bisa belajar dari pengalaman hidup mereka, cara mereka bangkit saat berada di titik terendah, pribadi baik mereka, dan setiap hal-hal baik yang pernah mereka lakukan. Namun, tentu saja kamu harus bisa bersikap bijaksana untuk tidak mencontoh perilaku-perilaku tidak baik yang mungkin pernah mereka lakukan.

Sobat Marbel, kamu juga bisa belajar banyak hal dari menonton video dongeng. Dongeng di bawah ini adalah salah satunya!

8. Beraktivitas Fisik dan Bersosialisasi

Karena terlalu sibuk dengan dirimu sendiri untuk mencapai harapan-harapanmu, terkadang mungkin kamu lupa akan pentingnya beraktivitas fisik, misalnya melakukan olahraga, menjelajah alam, jalan pagi, atau bersepeda. Pastikan tubuhmu tetap bugar walaupun kamu sibuk dengan aneka kegiatan.

Akan lebih baik lagi, bila kamu melakukan aktivitas fisik bersama dengan teman-teman. Bagaimanapun kehidupan sosial adalah salah satu kebutuhan penting bagi setiap orang, karena kehidupan sosial juga bisa membangun karaktermu dan meningkatkan semangat hidupmu.

Menjadi siswa di zaman sekarang jangan hanya berpikir untuk mendapatkan nilai sekolah yang memuaskan. Kamu juga harus berpikir tentang keterampilan apa yang ingin kamu kembangkan dan karakter-karakter baik apa yang harus kamu tingkatkan. Semoga tips-tips di atas membantu kamu untuk mengembangkan dirimu untuk menjadi pribadi yang disiplin, demi meraih prestasi yang baik serta menggapai cita di masa depan.


Sumber Referensi:

  1. Ffe.org. (2022). Importance of discipline newsletter [1]
  2. Freepik.com. (2022). Little cute boy proud when he finish drawing [2]
  3. Westhoff, B. Koele, I.J. van de Groep, I.H. (2020). Social learning and the brain how do we learn from and about other people [3]

Sobat Marbel, yuk belajar dengan aneka gim tentang edukasi siaga gempa. Kamu akan mendapatkan aneka edukasi tentang cara menghadapi bencana alam yang sangat berbahaya ini. 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.