Top

Kembangkan Daya Imajinasimu dengan 5 Cara Mudah dan Seru

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Feb 2023

  |  

Edukasi

Sobat Marbel, setiap manusia dikaruniai kemampuan untuk berimajinasi. Daya imajinasi sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan dan saat kita membuat suatu karya. Thomas Alva Edison mengatakan, “Untuk menemukan, Anda membutuhkan imajinasi yang bagus dan tumpukan sampah.” Ada banyak barang-barang yang kurang bermanfaat di sekitar kita. Namun, sebenarnya kita bisa membuat barang-barang tersebut menjadi suatu produk baru yang bermanfaat. Tentu saja semua bisa kita lakukan bila kita menggunakan daya imajinasi kita secara maksimal.

Agar daya imajinasi bisa terus berkembang, kamu harus melatihnya tiap hari dengan aktivitas-aktivitas yang edukatif dan seru. Inilah beberapa macam aktivitas yang bisa melatih daya imajinasimu sehingga bisa berkembang dengan optimal.

1. Membaca Buku Dongeng

Seorang penulis, bernama Geoffmead, mengatakan bahwa sebuah dongeng yang diceritakan dengan detail dan perasaan yang mendalam sehingga tampak nyata, akan memberikan pengalaman imajiner yang dapat menggugah emosi dan harapan penonton. Saat membaca buku dongeng cobalah untuk benar-benar meresapi dan membayangkan bahwa kamu benar-benar mengalami dan merasakan apa yang sedang dialami dan dirasakan oleh karakter utama dalam dongeng tersebut. Aktivitas ini bisa kamu lakukan meskipun kamu membaca buku dongeng tanpa ada penonton atau pendengar. Bacalah buku dongeng dengan cara mengucapkan dan dengan ekspresi yang penuh penghayatan. 

Cara kedua adalah kamu bisa mengubah nama karakter utama di dalam dongeng menjadi “aku” atau “diriku”. Hal ini akanmempermudah kamu untuk bisa menghayati setiap kalimat yang dikatakan oleh karakter utama. Bayangkan bahwa kamulah yang mengalami setiap kejadian di dalam dongeng. Cara membaca seperti ini akan membantu kamu dalam mengoptimalkan daya imajinasimu.

Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan dongeng dalam bentuk podcast. Duduklah dengan tenang sambil membayangkan dengan sungguh-sungguh apa yang dialami oleh tokoh utama di dalam dongeng. Bayangkan dalam pikiranmu, bahwa kamu sungguh-sungguh mengalami apa yang dialami tokoh di dalam dongeng tersebut. 

Koleksi dongeng RIRI, Cerita Anak Interaktif kini hadir dalam bentuk podcast. Silakan dinikmati dengan mengklik gambar di bawah ini!

2. Berkreasi sesuai Hobi secara Konsisten

Buatlah aneka kreasi sesuai dengan hobimu. Buatlah karya sebanyak-banyaknya secara konsisten. Dengan membuat karya secara konsisten kamu akan semakin tahu hal-hal yang menjadi kekuranganmu, apa yang perlu dikembangkan dalam dirimu, dan cara membuat karyamu semakin diminati oleh banyak orang.

Bila kamu suka menggambar, kamu harus membuat karya gambar secara rutin. Mintalah pendapat dari orang-orang terdekatmu tentang karya yang baru saja kamu buat. Catatlah setiap kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam setiap karya kamu, sehingga kamu bisa membuat karya yang lebih baik di kemudian hari.

Sebuah karya yang sederhana mungkin bisa menjadi suatu karya yang diminati oleh banyak orang, bila kamu bisa mengemasnya secara unik dan menarik. Dunia digital bisa membuat karya yang sederhana menjadi lebih menarik. Banyak lho komik-komik dengan gambar yang sederhana, tapi bisa dibaca dan diminati oleh banyak orang. Hal ini bisa terjadi karena sang pengarang mempertahankan ciri khas dari karya yang ia buat, sehingga mudah dikenal dan diingat oleh banyak orang.

Kalau kamu gemar berkreasi membuat kerajinan tangan, silakan kunjungi DuniaBelajarAnak.id. Ada banyak kreasi seru dan menarik!

3. Bernyanyi dan Bergerak

Bernyanyi bisa salah satu aktivitas yang edukatif dan menyenangkan. Daya imajinasimu juga bisa berkembang dengan lebih optimal bila kamu mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Sebelum kamu menyanyikan sebuah lagu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencintai lagu tersebut. Bagaimana cara agar kamu bisa mencintai lagu tersebut? Kamu harus meresapi setiap kalimat di dalam syair lagu tersebut.

Akan lebih baik lagi bila kamu bisa menghafalkan setiap kata dan kalimat di dalam syair lagu yang kamu nyanyikan. Bila kamu bisa menghafalkan syair lagunya kamu akan lebih mudah untuk meresapi dan mendalami makna dari lagu tersebut.

Saat kamu sudah meresapi dan mendalami makna dari lagu tersebut kamu bisa mengekspresikannya dalam bentuk suara dan gerakan yang sesuai saat menyanyikannya. Kiat-kiat di poin ini akan sangat membantumu juga agar kamu bisa tampil dengan lebih menarik di hadapan penonton. Selain itu, daya imajinasimu pun akan semakin berkembang dengan lebih optimal.

Gerak dan lagu berjudul "Bunga Melati" dan aneka lagu edukatif lainnya bisa kamu temukan di kanal Youtube Educa Studio.


Baca juga:

1. Kecerdasan Anak Bisa Terstimulasi dengan Aktivitas Edukasi Ini

2. Ciri Kegiatan Bermain yang Memerdekakan Anak untuk Belajar


5. Banyak Bermain

Dilansir dari healing-feeling.com, dikatakan bahwa ketika anak-anak menggunakan imajinasi mereka melalui suatu permainan, anak-anak akan berlatih untuk mengendalikan perasaan mereka. Saat kamu merasakan kebahagiaan dalam bermain, maka kamu juga akan semakin mampu mengembangkan daya imajinasi kamu ke arah positif. Beberapa permainan yang bisa menjadi pilihan adalah Lego, puzzle, catur, board game, mainan balok dan lainnya.

Permainan berupa boneka, mobil-mobilan, dan aneka bentuk hewan bisa kamu gunakan sebagai media bermain peran atau media peraga story telling. Kamu bisa menciptakan tokoh imajinasimu sendiri dan membuat alur cerita yang menarik, sambil memainkan aneka mainan tiruan dari benda atau makhluk yang nyata tersebut. 

Daya imajinasimu akan bisa berkembang dengan lebih maksimal bila kamu bermain bersama dengan teman-temanmu. Kamu bisa menggabungkan imajinasimu dengan imajinasi teman-temanmu yang unik dan baru. Bermain bersama teman juga sangat baik untuk mengembangkan kecerdasan sosial dan kemampuan berkomunikasimu.

Sobat Marbel, perbanyak aktivitas positif agar daya imajinasimu bisa berkembang ke arah positif. Atur pula waktumu agar bijaksana dalam menggunakan perangkat komunikasi; karena aktivitas yang bervariasi akan mengoptimalkan perkembangan daya imajinasi. Tetap semangat belajar, Sobat Marbel!


Kelas Kreator Gamelab.id Membantu Mengoptimalkan Potensimu di Bidang Teknologi dengan Mudah dan Harga Terjangkau


Sumber Referensi:

  1. Chudasama, U. (2018). Importance play imagination [1]
  2. Narrativeleadershiplimited.wordpress.com. (2015). Storytelling the art of imagination [2]
  3. Allen, E. (2013). Imagination and invention [3]
  4. Freepik.com (2022). Learning fun childhood imagination [4]
  5. Freepik.com (2022). Playing with plastic blocks [5]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.