Top

Jika Terjadi Gempa, Ini Yang Perlu Dilakukan Anak dan Remaja

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

19 Feb 2023

  |  

Edukasi

Hai Sobat Marbel! Sebagai sesama manusia dan ciptaan Tuhan, tentu kita semua turut prihatin dengan bencana alam gempa bumi yang terjadi di negara Turki. Karena bencana alam ini telah mencapai 40.000-an kurban meninggal dunia.

Selain turut prihatin dan berbela sungkawa, tentu kita juga perlu waspada. Mengapa? Karena Indonesia juga adalah salah satu negara yang sering dilanda bencana alam gempa bumi. Secara geografis, negara kita terletak di kawasan “Cincin Api” Pasifik, yang terkenal dengan kawasan yang rawan dilanda gempa bumi, tsunami, dan meletusnya gunung berapi.

Gempa bumi (earth quake) adalah peristiwa bergetarnya atau berguncangnya permukaan bumi. Gempa bumi terjadi karena adanya pelepasan energi dari bawah permukaan bumi secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Getaran tersebut mengakibatkan permukaan bumi, tempat bangunan berdiri, ikut bergetar. Bila pondasi dan dinding bangunan kurang kuat menopang bangunan, maka ada kemungkinan terjadinya keruntuhan bangunan.

Kekerasan Seksual adalah hal penting yang perlu kamu waspadai. Dapatkan edukasinya dengan mendengarkan dongeng podcast Riri, Cerita Anak Interaktif!

Bagaimana sikapmu saat berada di dalam rumah?


a. Tidak Panik, Tetap Tenang, dan Siaga

Jangan panik saat gempa terjadi. Kepanikan bisa membuat kita salah mengambil keputusan dan bertindak gegabah. Kamu bisa mencari tempat berlindung yang aman, misalnya di bawah meja yang memiliki bahan kayu yang kuat. Beberapa contoh bahan kayu yang kuat adalah kayu jati, kayu ulin, kayu merbau, dan lainnya.

b. Lindungilah Kepala

Otak adalah bagian tubuh yang sangat vital dan terletak di tempurung kepala manusia. Itulah mengapa kita harus mencari agar bagian kepala kita bisa terlindungi. Ambillah benda-benda yang cukup kuat untuk melindungi kepalamu, misalnya buku yang tebal, kayu yang kuat, helm, bantal, dan lainnya. Bagian tubuh lain yang penting untuk kamu lindungi adalah bagian leher.

Bila tidak ada benda yang cukup keras untuk melindungi kepalamu, kamu bisa menggunakan tanganmu untuk melindunginya.

c. Diam dan Bertahan di Tempat yang Aman

Selain melindungi kepala dengan benda-benda yang cukup keras atau tebal, kamu juga perlu berlindung di bawah meja. Berlindunglah di tempat tersebut hingga gempa mereda.

Gempa bumi mungkin juga terjadi saat kamu berada di luar rumah atau di luar gedung. Inilah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, agar kamu tetap aman dan selamat saat terjadi gempa bumi.


Baca juga:

1. Waspadai Hal Ini Bila Anak-Anak Sudah Mulai Aktif di Dunia Maya

2. Awas Penculikan Anak, Orang Tua Wajib Tahu Cara Mencegahnya


d. Bila Berada di Dapur

Bila kamu berada di dapur dan sedang memasak, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mematikan kompor. Setelah itu, kamu bisa berlindung di tempat yang aman.

e. Jauhi Benda-Benda Berbahaya

Bila kamu sudah merasakan ada indikasi gempa, misalnya gempa yang berskala ringan, kamu perlu menghindari benda-benda yang berbahan kaca atau yang mudah pecah. Kamu juga perlu berhati-hati dengan benda yang menggantung, seperti pigura besar atau lampu gantung. Jauhi pula benda-benda yang besar dan tinggi, misalnya lemari baju.

f. Bila Kamu di Kamar Tidur

Tempat tidur yang memiliki kolong bisa menjadi tempat yang aman untuk berlindung. Kamu juga bisa melindungi kepala atau lehermu dengan bantal atau guling. Namun, bila tempat tidurmu tidak memiliki kolong, sebaiknya kamu tetap di tempat sambil melindungi kepalamu dengan bantal atau guling.

 

Area Aman dan Berbahaya di Luar Ruangan

Gempa bumi mungkin terjadi saat kamu berada di luar rumah. Inilah hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan bila gempa terjadi di luar rumah atau di luar ruangan.

a. Area yang Perlu Dihindari

Menjauhlah dari bangunan atau tembok yang tinggi. Area sekitar tiang listrik dan kabel juga perlu kamu hindari. Gempa bumi juga bisa menyebabkan lubang pembuangan menjadi roboh dan meledaknya pom bensin. Jadi kamu perlu menghindari tempat berbahaya tersebut agar tetap selamat.

b. Area yang Aman

Area yang paling aman saat terjadi gempa adalah tempat yang lapang dan jauh dari benda atau bangunan yang tinggi. Kamu bisa berlindung di lapangan, area parkir, atau kebun yang tidak ditumbuhi pohon yang tinggi.

Carilah pendampingan dari orang-orang yang kamu percaya, misalnya orang tua (bila berada di rumah) atau gurumu (bila berada di sekolah). Atau, saat kamu berada di luar rumah atau sekolah, kamu bisa minta perlindungan dari Bapak Polisi, tetangga, dan orang-orang yang kamu Dengarkan dan patuhi instruksi mereka dengan seksama. Mereka akan mengarahkanmu ke tempat yang aman untuk berlindung dan siap melindungimu bila bencana terjadi.

Sobat Marbel, kita memang tidak pernah berharap bencana apapun terjadi di sekitar tempat kita berada. Namun, tidak ada salahnya menambah pengetahuan tentang cara agar selamat menghadapi bencana. Semoga kapan pun dan di mana pun, Sobat Marbel tetap sehat, semangat, dan selamat!

Sobat Marbel juga bisa belajar tentang siaga bencana dengan media gim. Unduh gratis dengan klik gambar di bawah ini!


Sumber Referensi:

1. Cdc.gov. (2020). Stay safe during an earthquake [1]

2. Bpbd.bandaacehkota.go.id. (2018). Pengertian gempa bumi jenis jenis penyebab akibat dan cara menghadapi gempa bumi [2]

3. Freepik.com. (2020). Lovely girl joyful with book [3]

4. Usgs.gov. (2022). What should i do during earthquake [4]

5. Freepik.com. (2020). Earthqauke background scene [5]


Mau mengoptimalkan potensimu dalam membuat konten edukatif dan inspiratif? Klik gambar di bawah ini untuk tau info lebih lanjut!

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.