Top

Lakukan Kerja Kelompok secara Optimal, Manfaatnya Banyak!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

21 Feb 2023

  |  

Edukasi

Sobat Marbel, melakukan kerja kelompok adalah salah satu variasi pembelajaran yang digemari oleh siswa. Selain menjadi aktivitas favorit para siswa, melakukan kerja kelompok memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Cmu.edu, Caruso dan Woolley berpendapat bahwa melakukan kerja kelompok dapat membantu siswa mengembangkan sejumlah keterampilan yang nantinya sangat penting dalam dunia kerja.

Apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan saat melakukan kerja kelompok?

1. Mencegah Tumbuhnya Karakter Antisosial

Saat melakukan kerja kelompok kamu mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman satu kelompok. Kamu juga dituntut untuk bisa mengerjakan bagianmu untuk mendapatkan hasil terbaik bagi teman-teman dalam satu kelompok.

Kamu akan terlatih menjadi pribadi yang tidak egois dan peduli dengan orang lain.

Memiliki sahabat juga bisa mencegah tumbuhnya sifat antisosial. Yuk, belajar jadi anak yang suka berteman dengan media dongeng di bawah ini!

2. Belajar Menjadi Pendengar yang Baik

Kalau kamu terpilih menjadi ketua dalam kelompokmu, kamu harus bisa mendengarkan pendapat dari setiap anggota. Namun, kalau kamu menjadi anggota dalam kelompok, kamu harus mendengarkan instruksi dari ketua kelompok dengan seksama.

Bila antara ketua dan anggota anggota kelompok bisa berinteraksi dengan baik, maka kerja kelompok bisa dipastikan berjalan dengan baik dan lancar. Kamu pun akan semakin tumbuh menjadi anak yang mampu menjadi pendengar yang baik dan bersikap bijaksana dalam memperhatikan orang yang sedang berbicara.

3. Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi

Dilansir dari Teaching.cornell.edu, seorang pakar pendidikan mengatakan bahwa manfaat pembelajaran kolaboratif meliputi: pengembangan pemikiran tingkat tinggi, komunikasi lisan, manajemen diri, dan keterampilan kepemimpinan.

Saat melakukan kerja kelompok pasti ada ketua dan para anggotanya. Semua harus bisa berkomunikasi dengan cara yang baik agar tugas bisa terselesaikan dengan lancar. Kamu juga bisa berbagi ilmu, pengetahuan, pengalaman, serta hal-hal yang berhubungan dengan potensimu untuk menghasilkan karya yang semakin berkualitas.

Banyak perusahaan besar bisa semakin berkembang karena berawal dari sebuah tim kecil yang terampil dalam berkolaborasi. Jadi, belajarlah cara berkolaborasi mulai dari sekarang!

Latih keterampilan berkolaburasi untuk membuat konten kreatif, edukatif, dan berbasis digital bersama Kelas Kreator Gamelab.id.

4. Mengembangkan Sikap Bertanggung Jawab

Saat melakukan kerja kelompok apapun yang kamu kerjakan akan mempengaruhi hasil dari teman-teman dalam satu kelompok. Jadi kamu akan terpacu untuk melakukannya dengan penuh tanggung jawab. Karena bila kamu mengerjakan tugas atau bagianmu seenaknya sendiri, kamu bisa mendapatkan teguran dari teman-temanmu dalam satu kelompok.

5. Mengembangkan Keterampilan Beradaptasi

Di sebuah sekolah tempat kamu belajar, tentu kamu punya teman dekat atau sahabat. Namun, biasanya gurumu akan membagi kelompok secara acak. Sehingga siapapun anggota kelompokmu, kamu harus bisa menerima mereka apa adanya dan bersedia bekerja sama dengan baik, untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Di masa depan kadang kamu akan ditempatkan di sebuah lingkungan atau tempat kerja yang tidak bisa kamu pilih. Kamu juga akan memiliki rekan baru yang harus kamu kenal dengan baik, agar bisa bekerja sama dengan baik. Di saat inilah keterampilan beradaptasi sangat kamu perlukan.

Selain keterampilan, kamu perlu mengembangkan karaktermu. E-book Dongeng-dongeng di bawah ini bisa kamu baca untuk kembangkan karaktermu!

6. Berlatih Fokus dan Mengontrol Emosi

Saat melakukan kerja kelompok pasti kamu akan merasa senang, karena kamu mendapatkan kesempatan untuk mengobrol dengan teman-teman satu kelas. Namun, tentu saja kamu harus bisa mengontrol emosi atau rasa senang kamu.

Walaupun suasana santai tetap dibutuhkan, tapi kamu harus bisa tetap fokus mengerjakan tugasmu dengan baik dan mengemukakan pendapatmu secara serius. Saat pendapatmu kurang bisa diterima, kamu juga harus bisa bersabar. Berikan kesempatan kepada ketua untuk bisa membuat keputusan yang terbaik.

Sobat Marbel, masih mau mengerjakan tugas kelompok seenaknya sendiri? Yuk, kerjakan tugas kelompokmu sebaik mungkin dan lakukan usaha yang terbaik, demi hasil yang maksimal! Manfaatnya pun pasti akan semakin kamu rasakan! Selamat belajar!


Baca juga:

1. Mengajarkan Kerja Sama kepada Anak? Ternyata Mudah Sekali

2. 7 Kegiatan Berkelompok di PAUD yang Heboh dan Menyenangkan 


Sumber Referensi:

1. Teaching.cornell.edu. (2021). Collaborative learning [1]

2. Cmu.edu (2023). What are the benefits of group work [2]

3. Freepik.com (2022). What are the benefits of group work [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.