Top

Cara Sederhana untuk Kembangkan Kemampuan Bisnis

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

14 Feb 2023

  |  

Edukasi

Hai Sobat Marbel! Di zaman sekarang banyak orang memiliki bisnis sendiri. Meskipun seseorang tidak memiliki ruko, bukan berarti ia tidak memiliki bisnis atau usaha dalam bidang perdagangan. Teknologi membuat setiap orang bisa memiliki toko meski berbasis online.

Itulah mengapa di zaman sekarang kamu juga perlu mengembangkan keterampilanmu dalam bidang bisnis. Dilansir dari Freshbusinessthinking.com, seorang pakar bisnis mengatakan:

“Keterampilan wirausaha (bagi anak-anak) tidak hanya berlaku untuk bisnis, tetapi berguna dalam kehidupan dan di tempat kerja. Anak-anak belajar bagaimana mengambil inisiatif, menjadi proaktif serta reaktif dan mencari solusi untuk masalah.”

Mengingat akan pentingnya keterampilan ini, melalui artikel Sobat Marbel akan diajak untuk belajar mengembangkan keterampilan berbisnis meski kamu sedang ada di bangku sekolah.

1. Mulailah Bisnismu

Sobat Marbel tentu memiliki media sosial. Manfaatkanlah media sosialmu untuk menjual sesuatu. Kamu bisa menjual produk hasil karyamu, misalnya berupa lukisan, kreasi kerajinan tangan, makanan, dan lainnya. Bila kamu sudah memulainya kamu akan belajar cara mengemas suatu produk agar tampak menarik, membuat tampilan promosi yang catchy, menulis kata-kata indah agar dibaca oleh netizen, dan lainnya.

Kalau kamu tidak punya produk sendiri, tidak ada salahnya juga kalau kamu membantu menjualkan produk milik teman atau saudaramu. Mudah sekali bukan?

2. Mempelajari Kisah Sukses Orang Lain

Di dunia ini, banyak loh kisah para pengusaha yang meraih kesuksesan dengan cara membangun bisnisnya mulai dari nol. Banyak diantara mereka bahkan pernah mengalami kegagalan. Namun, semangat pantang menyerah mereka menuntun langkah mereka sehingga meraih kesuksesan yang besar.

Kamu bisa membaca profil atau biografi mereka melalui media buku cetak, maupun artikel yang bisa kamu temukan melalui media internet. Kisah sukses mereka pasti akan memotivasi dan menginspirasi kamu untuk menjadi seorang pebisnis hebat.

3. Gemar Menabung dan Mulai Berinvestasi

Kalau kamu sudah diizinkan untuk memegang uang sendiri oleh orang tuamu, manfaatkanlah kesempatan ini untuk mulai menabung. Belilah barang yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

Kalau uangmu sudah cukup banyak kamu bisa mencoba untuk berinvestasi, misalnya dengan membeli beberapa miligram emas. Kamu bisa meminta tolong orang tuamu untuk menyimpannya untuk bekalmu di masa depan.

Selain berinvestasi dengan cara membeli emas, kamu juga bisa menabung uangmu di bank. Kamu bisa membuka rekening bank yang biasa atau dalam bentuk deposito. Deposito adalah tabungan yang hanya dapat dicairkan pada jangka waktu tertentu dan dengan syarat-syarat tertentu. Namun, deposito biasanya memiliki suku bunga yang cukup tinggi.


Baca juga:

  1. Tips Mengembangkan Ketrampilan Berwirausaha kepada Sang Buah Hati
  2. Educa Studio Bocorkan Potensi Bisnis Untuk Anak SMK

4. Belajar Membuat Skala Prioritas Kebutuhan

Kamu tentu memiliki banyak keinginan atau kebutuhan yang ingin segera kamu dapatkan dengan cara membeli. Namun, tentu saja kamu perlu mengetahui skala prioritas dari setiap keinginan atau kebutuhanmu. Ada kebutuhan yang mendesak dan tidak terlalu mendesak. Utamakanlah kebutuhan yang mendesak untuk bisa kamu beli segera dengan menggunakan uang pribadimu.

5. Terlibat dalam Kegiatan Jual Beli

Kegiatan bertemakan jual beli sering diadakan di sekolah. Ikutilah kegiatan tersebut dengan baik dan tertib, agar kamu semakin banyak belajar tentang cara berdagang.

Bila orang tuamu berprofesi sebagai pedagang, kamu perlu sesekali melibatkan diri dalam kegiatan berdagang. Bila orang tuamu bukan seorang pedagang, kamu bisa meminta bantuan orang tuamu untuk memulai suatu usaha kecil-kecilan, misalnya jualan cemilan, produk mainan, dan produk-produk menarik lainnya. Kamu pasti akan belajar banyak hal dengan bimbingan orang tuamu.

Atau, bila kamu memiliki seorang kerabat atau saudara yang memiliki suatu usaha, tidak ada salahnya juga kamu sesekali ikut membantunya saat bekerja. Kamu akan mendapatkan pengalaman kerja yang akan berguna untuk masa depanmu.

Mau belajar membuka usaha sebuah restoran? Kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan keterampilan baru dengan bermain gim di bawah ini!

6. Menumbuhkan Kemandirian

Kamu bisa memulainya dengan melakukan aktivitas dan tanggung jawabmu sehari-hari secara mandiri, misalnya membersihkan kamar, merapikan baju, dan lainnya. Kamu harus menumbuhkan niat di dalam hatimu untuk tidak bergantung kepada orang tuamu. Dengan melakukan segala sesuatu secara mandiri, kamu juga akan berkembang menjadi pribadi yang bertanggung jawab, disiplin, dan bisa menjaga diri.

Selian kemandirian, kamu juga perlu menumbuhkan aneka karakter positif dalam dirimu. Aneka kebiasaan baik bisa kamu pelajari dengan aneka gim menarik di dalam aplikasi ini.

7. Mengembangkan Keterampilan Bekerjasama

Saat kamu berada di sekolah tentu sering mendapatkan tugas yang harus kamu kerjakan secara berkelompok. Jangan sia-siakan kesempatan itu. Kerjakanlah tugas berkelompok itu dengan sebaik-baiknya. Kalau kamu mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang ketua kelompok, kamu harus menjadi ketua kelompok yang baik, dan siap mendengarkan setiap masukan dari anggota kelompokmu. Sebagai seorang ketua kelompok kamu juga akan belajar menjadi seorang teladan yang baik.

Bila kamu menjadi anggota kelompok, belajarlah menjadi anggota kelompok yang taat pada ketua kelompok. Kamu harus tetap aktif memberikan pendapat dan mengerjakan tugas sesuai dengan arahan ketua kelompok.

Saat berada di rumah, rajin-rajinlah untuk membantu tugas atau pekerjaan orang tua. Misalnya, membantu Ayah mencuci mobil, membantu ibu mencuci piring, dan lainnya. Ajaklah kedua orang tuamu untuk sering-sering melakukan aktivitas bersama, misalnya bergotong-royong membersihkan pekarangan rumah.

Sobat Marbel, kamu harus yakin bahwa kamu bisa menjadi seorang pemimpin yang baik. Bila kamu sudah memiliki keyakinan itu, kamu pasti akan lebih mudah dalam meraihnya dan akan cepat bangkit saat kamu menghadapi rintangan atau mengalami suatu kegagalan. Selamat menjadi pemimpin hebat di masa depan, Sobat Marbel!


Kalau mau sukses jadi pebisnis, Sobat Marbel perlu gabung di Kelas Kreator Gamelab.id. Ada banyak keterampilan penting yang bisa kamu dapatkan untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.


 

Riri Valentine Promo Diskon Hingga Rp 100Ribu! Yuk, Ikutan!


Sumber Referensi:

1. Freshbusinessthinking.com. (2017). The importance of teaching entrepreneurship to kids [1]

2. Freepik.com. (2022). Kids organising lemonade stand [2]

3. Freepik.com. (2022). Kids organising lemonade stand [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.