Top

12 Aktivitas Kreatif Mengenalkan Makanan Tidak Sehat untuk Anak Usia PAUD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

25 Sep 2023

  |  

Parenting

Banyak anak-anak usia PAUD mengenal dan menyukai aneka junk food atau makanan yang tidak sehat. Junk food adalah jenis makanan yang bila dikonsumsi terlalu banyak, apalagi oleh Si Kecil, bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Ayah dan Bunda perlu memiliki banyak cara agar Si Kecil bisa mengurangi mengkonsumsi segala jenis makanan tidak sehat.

Si Kecil perlu belajar mengontrol diri atau mengurangi makan makanan yang tidak baik untuk kesehatan ini. Agar kelak ia bisa tumbuh sehat dan tidak mengalami gangguan serangan penyakit yang berbahaya.

Inilah beberapa aktivitas kreatif yang bisa diaplikasikan oleh Ayah dan Bunda, agar Si Kecil semakin mengenal aneka makanan tidak sehat.

1. Menceritakan Dongeng tentang Makanan Sehat

Si Kecil tentu memiliki tokoh kartun favorit bukan? Ayah dan Bunda bisa mencari dongeng-dongeng dengan pemeran utama adalah tokoh kartun favorit Si Kecil. 

Misalnya, bila Si Kecil suka tokoh dongeng bernama “Marbel”. Ayah dan Bunda bisa mencari dongeng di mesin pencari Google, Youtube, atau platform lainnya, misalnya dengan kata kunci “Marbel Sayur”. 

Pastikan dongeng tersebut menyampaikan pesan moral yang mengajak anak-anak agar lebih menggemari makanan sehat, seperti contoh video di atas.

2. Menampilkan Aneka Jenis Makanan Tidak Sehat

Tunjukkan kepada Si Kecil aneka makanan tidak sehat. Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil menonton video atau menampilkan gambar yang bersumber dari internet tentang aneka makanan tidak sehat, dampak negatifnya, dan alasan mengapa jenis makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan.


3. Memberikan Edukasi saat Si Kecil Mengkonsumsi Junk Food

Saat Si Kecil mengkonsumsi makanan berjenis junk food di suatu restoran, berikan edukasi kepadanya agar tidak terlalu sering (apalagi setiap hari) mengkonsumsinya. Ayah dan Bunda bisa menyarankan agar lebih sering berkunjung ke restoran yang menyediakan aneka makanan sehat. 

Baca juga:
1. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Pakaian, Kebutuhanku - Kurikulum Merdeka Belajar
2. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK : Keluarga Inti, Keluargaku - Kurikulum Merdeka Belajar

4. Menceritakan Dongeng tentang Makanan Sehat

Si Kecil tentu memiliki tokoh kartun favorit bukan? Ayah dan Bunda bisa mencari dongeng-dongeng dengan pemeran utama adalah tokoh kartun favorit Si Kecil. Misalnya, bila Si Kecil suka tokoh dongeng bernama “Marbel”. Ayah dan Bunda bisa mencari dongeng di mesin pencari Google, Youtube, atau platform lainnya, misalnya dengan kata kunci “Marbel Sayur”. 

Pastikan dongeng tersebut menyampaikan pesan moral yang mengajak anak-anak agar lebih menggemari makanan sehat.

5. Mengunjungi Kebun Sayur atau Kebun Buah

Sambil menikmati pemandangan indah di sekitarnya, di kebun sayur atau kebun buah, Si Kecil bisa diajak untuk belajar mengenal nama-nama sayur dan buah. Ajak pula Si Kecil untuk belajar cara menanam, cara merawat, dan cara mengkonsumsi aneka jenis sayuran serta buah-buahan.

5. Menggambar Makanan Favorit

Ambillah gambar makanan favorit Si Kecil, lalu dicetak di atas kertas. Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil menggambar makanan tersebut di atas kertas. 

Bila Si Kecil suka gudeg, jelaskan kepada Si Kecil bahan-bahan pembuatannya, cara memasaknya, dan manfaat dari setiap bahan pembuatannya.

6. Mengajarkan Cara Makan yang Sopan

Saat Si Kecil sedang menikmati makanan yang paling digemari, ajarkan pula cara makan yang sopan. Jelaskan peralatan yang digunakan saat makan serta cara menggunakannya dengan benar.

7. Belajar Memasak Bersama

Gunakan peralatan memasak mini yang tersedia di toko-toko mainan. Ajarkan kepada Si Kecil cara memasak aneka jenis makanan yang sederhana serta praktis untuk dibuat, misalnya tempe goreng, telur goreng, telur rebus, dan lainnya.

8. Menjelaskan Pentingnya Berganti Menu Makanan

Si Kecil tentu memiliki makanan yang menjadi kegemarannya. Namun, Ayah dan Bunda juga perlu menjelaskan kepada Si Kecil bahwa mengkonsumsi aneka jenis makanan juga penting. Tubuh manusia membutuhkan aneka jenis nutrisi yang penting untuk dikonsumsi, agar tubuh selalu sehat dan kebal dengan serangan aneka jenis penyakit.

Bagaimanapun, makanan yang sehat sekalipun, bila dikonsumsi secara berlebihan akan menjadi tidak baik untuk kesehatan tubuh. 

9. Bernyanyi Lagu Bertema Makanan Sehat

Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil mendengarkan aneka lagu tentang makanan sehat. Bila Si Kecil sudah cukup familiar dengan lagu tersebut, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil bernyanyi sambil menari. Dengan bernyanyi dan menari, Si Kecil bisa belajar aneka pengetahuan baru tentang makanan sehat.

10. Pengajaran Berbasis Agama

Ayah dan Bunda bisa mengajarkan kepada Si Kecil agar menjaga kesehatan tubuh dan menghubungkannya dengan ajaran agama. Bagaimanapun semua agama tentu menginginkan semua umatnya agar bisa menjaga kesehatan tubuh agar bisa bekerja, belajar, beribadah, dan beraktivitas dengan lebih baik dan dengan keadaan tubuh yang prima.

Ada Banyak Kisah Nabi (KABI) yang Bermanfaat untuk Mengembangkan Karakter Anak Berbasis Agama Islam

 

11. Berwisata Sehat

Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil berwisata ke tempat kesukaan Si Kecil. Makan bersama keluarga di tempat yang Si Kecil suka, pasti bisa menambah selera makan Si Kecil apapun menunya.

12. Berdiskusi tentang Pentingnya Cara Makan yang Higienis

Ajak Si Kecil berdiskusi tentang cara makan yang higienis, yaitu tentang:

  • Alasan kita perlu cuci tangan atau menggunakan hand-sanitizer sebelum makan.
  • Manfaat menggosok gigi.
  • Manfaat berkumur dengan obat kumur.
  • Alasan mengapa kita perlu menghabiskan makanan.
  • Dampak negatif langsung tidur setelah makan.

Apa pun aktivitas yang Ayah dan Bunda lakukan bersama Si Kecil, pastikan bahwa Si Kecil merasa senang. Variasi aktivitas, media menarik, serta tempat yang istimewa juga sangat penting agar Si Kecil tidak merasa jenuh dan tetap bersemangat saat belajar.

Baca juga:
1. RPPH ( Modul Ajar ) Lengkap Kurikulum Merdeka PAUD - TK
2. Permainan PAUD - TK Terlengkap Media Belajar Bermain di Kurikulum Merdeka

Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Asian japanese family has breakfast home asian mom dad daughter [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.