Top

MUDAH DINYANYIKAN! Inilah 6 Lagu Tema Kebangsaan dengan Nada Lagu Anak PAUD Tempo Dulu

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

15 Ags 2023

  |  

Edukasi

Lagu tema kebangsaan bisa membuat anak semakin bangga pada tanah air dan bangsa. Rasa bangga dan cinta pada tanah air adalah salah satu karakter perlu ditumbuhkan dalam diri Si Kecil. Dengan memiliki rasa bangga dan cinta pada tanah air, ia akan semakin mampu menjadi pribadi yang sesuai dengan karakter bangsa Indonesia, yang bersedia mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan memiliki semangat untuk membangun bangsa.

Berikut ini adalah aneka lagu yang mampu menumbuhkan rasa cinta dan bangga pada tanah air dan bangsa. Nada-nada dari lagu ini bisa dinyanyikan dengan lagu-lagu anak tempo dulu.

1. Aku Seorang Jagoan (Nada Lagu: Aku Seorang Kapiten)

Pesan moral yang bisa dipelajari Si Kecil saat menyanyikan lagu ini adalah cara menjadi seorang jagoan atau pahlawan di zaman sekarang. Bukan dengan melawan musuh, bukan dengan mengangkat senjata, atau bukan juga dengan menggunakan kekuatan super.

Bagaimana cara menjadi seorang jagoan di zaman sekarang? Untuk menjadi seorang jagoan kita bisa melakukannya dengan berbuat kebaikan dan melakukan hal-hal yang berguna bagi masyarakat. Misalnya, dengan membantu teman yang membutuhkan bantuan, mengunjungi panti asuhan, membantu orang tua, dan lainnya.

Syair lagu:

Aku seorang jagoan
tapi tak pegang senjata
suka lakukan kebaikan
dan banyak hal yang berguna
bagi bangsa dan sesama

Lagu asli:

Baca juga: Lagu Tema Kebangsaan Nasional yang MUDAH Dikuasai Anak TK - PAUD


2. Nenek Moyangku (Nada Lagu: Nenek Moyangku, Seorang Pelaut)

Lagu ini menceritakan tentang kisah perjuangan para pahlawan di zaman dahulu, atau di zaman nenek moyang kita. Para pahlawan berjuang dengan berbagai cara untuk mengusir penjajah. Ada yang harus mengangkat senjata, ada yang berjuang melalui jalur pendidikan, ada yang berjuang dengan cara diplomasi, dan lainnya.

Sebagai generasi muda, kita harus memahami jerih payah dan pengorbanan para pahlawan. Di zaman sekarang, kita hanya perlu meneruskan jasa para pahlawan dengan cara rajin belajar, tekun berkarya, dan melakukan sesuatu yang positif serta berguna bagi bangsa dan negara.

Syair lagu:

Nenek moyangku seorang pahlawan
ikut berjuang usir penjajah
gagah berani
pantang menyerah
demi Indonesia
merdeka (merdeka!)

Lagu Asli:

Baca juga: Rekomendasi Lagu Anak TERBARU 2023 untuk MPLS: Media Berkenalan dengan Teman Baru

3. Merayakan Hari Kemerdekaan (Nada Lagu: Naik Delman)

Hari kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus. Tanggal dan bulan ini diambil dari waktu pelaksanaan Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945 yang lalu. Agar Si Kecil bisa lebih mudah mengingat tanggal dan bulan perayaan kemerdekaan RI, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil menyanyikan lagu ini.

Lagu ini juga mengajarkan kepada Si Kecil tentang semangat dan rasa gembira yang perlu ada di dalam hati kita saat merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI. Si Kecil bisa kita ajak untuk memerdekakan diri dari rasa malas, sikap mudah menyerah, dan sikap egois, dengan ikut merayakan HUT Kemerdekaan RI bersama teman-teman.

Syair lagu:

Pada tanggal tujuh belas
dan bulan agustus
ku merayakan HUT RI
dengan teman-teman
ku ikut aneka lomba
dengan bergembira
menang kalah tak penting
yang penting aku gembira

hei…sik asyik asyik asyik asyik (Nada: Tuk tik tak tik tuk)
ku bahagia
sik asyik asyik asyik asyik
ku bahagia

Lagu asli:

4. Indonesiaku (Nada Lagu: Kucingku)

Indonesia adalah salah negara yang memiliki aneka kebhinekaan. Namun, meski memiliki banyak kekayaan budaya, suku bangsa, bahasa, dan pulau, Indonesia tetap bersatu.

Ayah dan Bunda bisa menanamkan karakter mampu menerima perbedaan dalam pertemanan dengan lagu ini. Si Kecil bisa belajar bahwa perbedaan yang ada di setiap manusia atau teman adalah suatu kekayaan. Yuk, ajak Si Kecil menyanyikan lagu ini.

Syair lagu:

Negeriku yang kucinta
namanya Indonesia
Ada banyak budaya
tetap bersatu jua

Negeriku yang kucinta
namanya Indonesia
Ada banyak bahasa
tetap bersatu jua

Negeriku yang kucinta
namanya Indonesia
Ada banyak pulaunya
tetap bersatu jua

Lagu Asli:

RIRI (Cerita Anak Interaktif): Ada Banyak Cerita Rakyat yang Bermanfaat untuk Mengembangkan Rasa Cinta Tanah Air dan Bangsa

 

5. Negeriku Tercinta (Nada Lagu: Kapal Api)

Lagu ini mengisahkan tentang pengalaman seseorang yang sedang berada di luar negeri. Ia tetap merasakan kerinduan pada tanah airnya.

Lagu ini bisa menumbuhkan rasa cinta dan bangga Si Kecil pada tanah air, Indonesia. Karena Indonesia adalah negara yang indah, kaya, dan patut untuk dibanggakan.

Syair lagu:

Lihatlah sebuah bangsa besar di jauh sana
negeri elok, negeri indah tanah airku

Itulah Indonesia negeriku tercinta
meski ku sedang jauh hati tetap rindu

Nada Asli:

6. Mengenal Suku Bangsa (Nada Lagu: Burung Kakak Tua)

Indonesia memiliki banyak suku bangsa. Beberapa suku bangsa yang cukup terkenal antara lain adalah suku Betawi, Madura,Dayak, Bugis, Jawa, dan lainnya. Masih banyak suku-suku besar dan suku-suku lain yang mungkin kurang dikenal. Namun, Indonesia tetap bersatu dengan masyarakatnya yang hidup rukun, saling menghormati, dan menjaga semangat kesatuan bangsa.

Syair lagu:

Betawi, Madura,
Dayak, Bugis, Jawa,
Itu nama suku
di Indonesia

Minangkabau, Dayak,
Aceh, Asmat, Batak
Semua bersatu
di Indonesia

Lagu Asli:

Ayah dan Bunda, semoga semangat perjuangan dan rasa cinta tanah air ada di dalam hati kita semua. Sehingga, semangat dan rasa cinta itu bisa kita tularkan kepada generasi penerus bangsa dengan mengajak mereka bernyanyi dan melakukan aktivitas edukatif lainnya. Merdeka!

Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Having fun group asian little girls holding red white flag raised together flag [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.