Top

Ide Aktivitas Belajar Topik Minuman Kesukaanku: TERBARU Untuk Anak TK PAUD 2023

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

19 Ags 2023

  |  

Edukasi

Minuman kesukaan atau minuman kegemaran adalah salah satu topik yang seru dan disukai oleh anak-anak PAUD. Anak-anak didik dapat belajar tentang aneka minuman yang bergizi dan sehat.

Inilah beberapa aktivitas terbaru yang seru dan menyenangkan, serta bisa diajarkan kepada anak-anak PAUD tahun 2023. Yuk, kita simak bersama!

1. Praktik Menuangkan Minuman

Perlengkapan yang dibutuhkan dalam aktivitas ini adalah sebuah teko plastik dan beberapa gelas plastik. Dalam aktivitas ini, siswa belajar tentang cara menuangkan minuman dengan sebuah teko plastik ke dalam beberapa gelas plastik. Aktivitas ini bermanfaat untuk mengembangkan kemandirian siswa dan melatih daya konsentrasi.

Baca Juga: Koleksi Lengkap Modul Ajar dan RPPH PAUD / TK 2023

2. Praktik Membuat Es Sirup

Dalam aktivitas ini, siswa berlatih membuat es sirup secara mandiri. Guru perlu mempersiapkan sirup yang sudah dimasukkan ke dalam botol kecap plastik (agar lebih aman dan tidak mudah pecah). Selain itu, alat dan bahan lain yang perlu disiapkan adalah gelas plastik, sendok (untuk mengaduk), satu loyang es batu, dan satu botol plastik air putih.

Selain melatih kemandirian, aktivitas ini juga bermanfaat untuk melatih anak agar bisa melakukan aktivitas sesuai instruksi dan secara berurutan.

3. Mendongeng tentang Manfaat Minum Air Putih

Ada banyak jenis minuman yang kita kenal. Namun, air putih harus tetap menjadi minuman wajib yang harus disukai oleh anak-anak PAUD. Dalam dongeng ini, guru menceritakan sebuah dongeng tentang manfaat air putih dan dampak negatif bila kurang minum air putih.

Bila Anda ingin mengembangkan keterampilan menulis dongeng, silakan baca artikel ini.

4. Mengenalkan Jenis-Jenis Minuman Bergizi dengan Media Flash Card

Ada berbagai jenis minuman yang bergizi dan aneka manfaatnya, misalnya:

  • Es Jeruk
    Mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan badan dan kulit.
  • Es Kelapa Muda
    Membantu menyembuhkah gangguan pencernaan dan menjaga kesehatan ginjal.
  • Jus Tomat
    Menjaga kesehatan mata dan kesegaran kulit.
  • Teh Hangat
    Menjaga kesehatan kulit dan membantu agar bisa tidur lelap.
  • Es Yoghurt
    Menyehatkan tulang dan gigi, serta sistem pencernaan.
  • Minuman Jahe Hangat
    Menguatkan kekebalan tubuh manusia.

Masih ada banyak jenis minuman lainnya yang bisa diajarkan kepada siswa. Guru bisa mengajarkannya dengan media flash card. Di era digital seperti saat ini, guru bisa membuat flash card secara mandiri. Gambar-gambar bisa didapatkan dari Google Image, lalu dicetak dan ditempelkan pada kertas tebal (misalnya kertas karton).

Tunjukkan flash card bergambar aneka minuman bergizi, dan jelaskan nama, manfaat, dan bahan pembuatan dari setiap minuman tersebut. Guru bisa mengajarkannya dengan aneka variasi aktivitas game yang menyenangkan.

Baca juga: 7 Variasi Permainan Edukatif dengan Media Flash Card 

5. Bernyanyi Lagu-Lagu Edukatif

Bernyanyi adalah salah satu media efektif yang bisa digunakan oleh guru sebagai media mengajar. Agar lebih seru, guru bisa mengajak siswa bernyanyi sambil bergerak. Saat bernyanyi dan bergerak, siswa tidak hanya akan merasa senang. Syair lagu yang edukatif juga bisa menjadi sarana efektif untuk belajar, memperkaya pengetahuan, dan mengembangkan kreativitas siswa.

Beberapa lagu yang bisa digunakan sebagai media belajar minuman adalah:
1. Lagu: Pok Ame Ame

2. Lagu: Aku Anak Sehat

Kenalkan Anak dengan Aneka Sifat Air dengan Lagu Ini

 

6. Mengajarkan Kosakata Bertema Minuman dalam Bahasa Inggris

Mengajarkan kosakata dalam bahasa Inggris bisa meningkatkan kecerdasan bahasa anak dan mengembangkan kepercayaan diri siswa dalam berkomunikasi, terutama dengan warga asing atau teman sebaya yang gemar atau sedang belajar bahasa Inggris.

Beberapa kosakata bertema minuman yang bisa diajarkan kepada siswa antara lain:

  • jus jeruk (orange juice)
  • es teh (iced tea)
  • air putih (water)
  • susu (milk)
  • kopi (coffee)
  • es krim (ice cream)
  • cokelat panas (hot chocolate)

Guru juga bisa menggunakan media flash card atau gambar saat mengajarkan aneka kosakata di atas.

Flash Card adalah Media Menarik dan Seru untuk Belajar Aneka Topik PAUD. Temukan Produknya di Sini.

7. Membuat Video Membuat Minuman Kesukaan

Aktivitas ini bisa dilakukan bersama orangtua. Biasanya, aktivitas ini diberikan kepada siswa sebagai aktivitas penugasan dan perlu dilakukan di rumah (sebagai PR).

Dalam aktivitas ini, guru meminta siswa membuat salah satu jenis minuman kesukaan siswa. Orangtua bertugas mendokumentasikan proses pembuatan minuman kesukaan tersebut. Siswa membuat minuman kesukaannya sambil mengucapkan urutan dan cara membuat minuman favoritnya. Penugasan ini dikumpulkan dalam bentuk soft-file (format video).

Baca juga: 7 Aktivitas Permainan PAUD Seru untuk Belajar Tema Air

8. Berbagi Aneka Jenis Minuman Sehat

Guru bisa membuat aneka jenis minuman sehat di sekolah, lalu membagikannya kepada siswa. Saat membagikan setiap jenis minuman tersebut, guru bisa menjelaskan nama minuman, bahan pembuatan, cara membuat, dan manfaatnya.

Beberapa jenis minuman sederhana yang bisa dibagikan adalah jamu beras kencur, jamu kunir asem, jeruk hangat, teh hangat, susu, cokelat hangat, dan lainnya.

Semoga dengan mengajarkan materi dengan topik minuman, anak-anak PAUD semakin mengenal dan menggemari aneka minuman sehat dan bergizi. Semoga anak-anak didik juga akan semakin tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas. Semangat!

Sudah Diaplikasikan di Banyak Sekolah dan PAUD Islami: KABI (Koleksi Kisah Nabi)

 


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Beautiful asian girl portrait isolated yellow background [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.