Top

8 TIPS SUKSES Kegiatan MPLS PAUD / TK: Bikin MURID SENANG dan Nyaman di Awal Tahun Ajaran

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

02 Juni 2024

  |  

Edukasi

Setiap awal tahun ajaran, para murid baru akan menjalani MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Guru PAUD perlu merancang aneka kegiatan yang bertujuan untuk membuat siswa mengenal banyak hal baru tentang lingkungan sekolah, misalnya mengenal teman satu kelas, guru, kelas, ruangan di sekolah, warga sekolah, dan lainnya.

Bagaimana cara membuat kegiatan MPLS ini bisa membuat setiap murid senang dan nyaman berada di sekolah? Mari kita simak beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru PAUD / TK.

Baca juga:

1. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Ekspresi Wajahku, Diriku, MPLS - Kurikulum Merdeka Belajar

2. PENTING, Inilah Lesson Plan MPLS untuk TK - PAUD sesuai Kurikulum Merdeka (Minggu Kedua)

3. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Identitasku, MPLS / Orientasi Sekolah - Kurikulum Merdeka Belajar

1. Ide Tema yang Menarik

Beberapa tema yang menarik bagi anak PAUD / TK adalah tentang kehidupan hewan, dunia fantasi, galaksi, zaman purba, dan lainnya. Ajaklah anak-anak didik untuk merasakan petualangan yang tidak terlupakan. Tentu saja, tema yang dipilih adalah hal-hal yang berhubungan dengan dunia fantasi atau dunia anak-anak.

Baca juga:  16 Persiapan PENTING Saat MPLS / Orientasi Sekolah di PAUD - TK

2. Sambutan yang Tulus dan Ramah

Siapkan penampilan yang menarik dan rapi, sehingga anak-anak didik bisa melihat versi terbaik dari setiap warga sekolah. Bila setiap guru terlihat cantik dan ganteng tentu akan membuat anak-anak didik semakin bersemangat dalam beraktivitas di sekolah.

Berikan sambutan yang tulus, ramah, dan penuh semangat, agar energi positif dari sambutan guru bisa memberikan vibes yang positif. Anak-anak didik akan merasa diterima dan memiliki sahabat baru, yaitu guru-guru mereka.

3. Guru Bertugas sebagai Among Tamu

Selain guru yang siap menyambut anak didik di pintu utama, pastikan pula bahwa ada guru lain yang siap bertugas mengantar anak didik ke kelas dan mengenalkan dengan teman-teman yang lain. Hal ini perlu dilakukan agar setiap murid tidak merasa sendiri dan memiliki teman baru yang dikenal saat berada di kelas yang baru.

Ajak Si Kecil Bermain Gim MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD untuk Mengembangkan Aneka Keterampilan Dasar PAUD

 

4. Melibatkan Orang Tua

Saat memberikan sambutan kepada anak-anak didik baru, jangan lupa untuk menyapa orang tua atau wali dari anak-anak didik. Bila anak-anak didik melihat bahwa orang tua mereka merasa dekat dengan gurunya, maka anak-anak didik akan lebih mudah dekat dengan semua guru.

Baca juga: Kiat Membangun Komunikasi Efektif Guru dan Orang Tua

5. Dekorasi yang Menarik dan Cheerful

Guru perlu bekerja sama dalam mendekorasi ruang kelas dan sekitar sekolah dengan pernik-pernik dan hiasan yang menarik dan ceria, misalnya dengan memasang balon, poster, bendera warna-warni, edu-sign, dan lainnya.

Dekorasi yang menarik akan memberikan nuansa bahagia bagi anak-anak didik yang datang untuk pertama kalinya ke sekolah atau setelah lama tidak berada di sekolah.

6. Iringan Musik yang Ceria

Putarlah musik yang bernuansa ceria. Musik yang ceria bisa meningkatkan suasana hati yang bahagia bagi anak-anak didik.

Baca juga: Rekomendasi Lagu Anak TERBARU 2023 untuk MPLS: Media Berkenalan dengan Teman Baru

7. Siapkan Kegiatan Pembuka Kelas yang Seru

Guru perlu merancang kegiatan pembuka kelas yang seru, misalnya dengan mengajak anak-anak didik bermain, melakukan gerak lagu, atau kegiatan menyenangkan lainnya.

Disarankan pula agar kegiatan-kegiatan di MPLS adalah kegiatan yang bersifat kolaboratif atau aktivitas berkelompok.

Baca juga: 6 Kegiatan Pembuka Kelas PAUD  saat MPLS yang Seru dan Menyenangkan

8. Memberikan Sovenir

Siapkan sovenir yang menarik kepada anak-anak didik baru sebuah sovenir yang menarik dan menunjukkan identitas sekolah, misalnya berupa gantungan kunci, pensil, stiker, dan lainnya.

Jadikan masa orientasi sekolah atau MPLS sebagai pengalaman yang istimewa dan menyenangkan. Suasana yang meriah dan nyaman akan membuat anak-anak didik akan semakin bersemangat dalam mengikuti dan melakukan kegiatan-kegiatan lain di hari-hari selanjutnya. Selamat mencoba!


Sumber Referensi:
1. Sydcatholicschools.nsw.edu.au. (2022). Kindergarten four tips for a successful start [1]
2. Teachstarter.co. (2022). 7 tips for welcoming a new student 2 [2]
3. Freepik.com. (2023). Front view woman reading something her students [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.