Top

14 Ide Judul LAGU PERPISAHAN SEKOLAH POPULER untuk PAUD / TK - SD 2024

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

02 Juni 2024

  |  

Edukasi

Lagu bertema perpisahan saat kelulusan siswa akan membangun suasana acara ini menjadi semakin hidup. Saat dinyanyikan bersama-sama, rasa kebersamaan dan kesatuan hati akan terbangun. Tali persaudaraan juga menjadi semakin erat.

Rasa haru, bahagia, duka, suka, akan bercampur aduk sehingga menjadikan acara wisuda menjadi suatu acara yang istimewa dan indah untuk dikenang.

Artikel Terkait:

- 5 Ide SOUVENIR PERPISAHAN SEKOLAH Anak TK & TUTORIAL Pembuatan: Mudah, Murah, Anak Makin Kreatif

- Contoh Naskah Pidato saat Acara Perpisahan PAUD yang Menyentuh Hati | Kata Sambutan Pesta Kelulusan TK

- PENTAS SENI Favorit di ACARA PERPISAHAN TK - PAUD, Agar Selalu Dikenang: Plus PANDUAN LENGKAP


Selain lagu anak-anak, ada banyak contoh judul lagu populer yang cocok dinyanyikan di acara wisuda atau pelepasan siswa ini. Inilah beberapa judul lagu yang bisa menjadi pilihan untuk dinyanyikan di acara ini.

Berikut adalah 15 judul lagu yang cocok untuk acara wisuda anak SD beserta cerita singkat dari masing-masing lagu:

1. Terima Kasihku - Bapak Guruh Soekarno Putra

“Terima kasihku, kuucapkan. Pada guruku yang tulus.” Itulah penggalan lirik dalam lagu ini. Lagu ini mengungkapkan rasa terima kasih seorang murid kepada para pahlawan tanpa tanda jasa yang telah mengajar aneka ilmu dan melatih ragam keterampilan dengan setulus hati.

 

Yuk, Tonton Koleksi Dongeng RIRI (Cerita Anak Interaktif) Lainnya.

2. Hymne Guru - Bapak Sartono

Salah satu bagian syair lagu yang paling mudah diingat adalah, “Terpujilah wahai engkau, Ibu Bapak Guru. Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku.” Kidung indah yang mengungkapkan penghormatan untuk para guru ini begitu indah dan mudah dinyanyikan. Kesabaran dan ketulusan guru dalam mengajar dan membimbing muridnya terlukis dalam syair lagu ini.

3. Indonesia Raya - Bapak WR Supratman

Lagu kebangsaan tanah air kita ini adalah lagu yang wajib untuk dinyanyikan pada acara perpisahan sekolah, selain pada saat upacara bendera. Selain untuk membangkitkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme, lagu ini akan memberikan spirit tersendiri, karena lagu ini pasti sudah dikuasai oleh semua tamu, termasuk para murid.

4. Kebyar-Kebyar - Bapak Gombloh

Perjuangan para siswa dalam menyelesaikan pendidikannya patut diapresiasi, karena setiap ilmu pengetahuan yang didapatkan selama belajar, pasti akan berguna untuk memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. Lagu “Kebyar-Kebyar” ini bisa membangkitkan semangat para siswa untuk semakin tekun belajar demi menggapai cita dan membangun bangsa.

5. Laskar Pelangi - Band Nidji

Lagu penuh semangat ini mengisahkan anak-anak yang tanpa kenal menyerah menggapai mimpi. Pesan moral dalam lagu ini adalah mengajarkan kepada para siswa tentang pentingnya belajar dengan hati gembira untuk menggapai cita.

Baca juga: Tips GURU PAUD JADI MC HEBAT di Acara PERPISAHAN / Pelapasan PAUD | Bikin Acara Wisuda Anak TK Heboh dan Penuh Kenangan

6.  Bangun Pemudi Pemuda - Bapak Alfred Simanjuntak

Salah satu tugas dan tanggung jawab bagi generasi muda Indonesia adalah mendedikasikan hidup mereka demi kemajuan bangsa. Agar bisa memajukan bangsa dan membangun negara, mereka harus belajar dengan giat dan penuh semangat. Lagu ini bisa memotivasi para siswa agar tetap semangat menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Kembangkan Akhlak Mulia Si Kecil dengan Kisah Teladan Nabi (KABI)

7. Sahabat Kecil karya Kak Ipang

Lagu yang menggambarkan indahnya persahabatan sejak masa kecil. Para siswa juga akan diajak untuk menghargai persahabatan yang telah terjalin dengan baik.

8. Pergi Untuk Kembali karya Kak Ello

Perpisahan sekolah bukanlah perpisahan untuk selamanya. Namun, hanyalah perpisahan sementara, dimana para siswa akan tetap mendapatkan kesempatan untuk bertemu kembali di lain waktu.

Baca juga: Rundown Kegiatan Kunjungan Anak PAUD ke SD Terdekat | Persiapan Transisi PAUD ke SD

9. Selamat Jalan - Tipe-X

Keistimewaan dalam lagu ini adalah nuansa ceria dan penuh semangat. Meskipun ada perpisahan dalam persahabatan. Namun, para murid tetap diajak untuk bersemangat berjuang meniti masa depan yang lebih indah.

10. Sampai Jumpa oleh Endank Soekamti

Acara perpisahan menjadi lebih seru bisa para siswa diajak menyanyikan lagu ini. Lagu ini menyampaikan harapan untuk berjumpa kembali di suatu saat nanti.

Baca juga:  Tips GURU PAUD JADI MC HEBAT di Acara PERPISAHAN / Pelapasan PAUD | Bikin Acara Wisuda Anak TK Heboh dan Penuh Kenangan

11. Kenangan Terindah oleh SamsonS

Lagu ini melukiskan indahnya persahabatan. Persahabatan bisa memberikan kekuatan. Walaupun ada perpisahan, tapi hubungan baik harus tetap terjalin agar tetap bisa saling membantu dan memberikan perhatian.

Baca juga: 8 Jenis Aktivitas Anak untuk Kesiapan Transisi PAUD ke SD

12. I Love You Guruku oleh Kak Zepe dan Tim Educa Studio

Lagu ini bisa dinyanyikan oleh para siswa sebagai ucapan terima kasih atas jasa para guru. Para siswa juga diajak untuk tetap bersemangat belajar untuk menuntut ilmu dan menggapai cita.

13. Kisah Klasik untuk Masa Depan oleh Sheila On 7

Lagu ini melukiskan momen-momen indah di sekolah dan berakhir dalam momen perpisahan. Makna perpisahan dalam lagu ini menjadi semakin indah, karena para siswa diajak untuk saling mendoakan satu sama lain.

14 . Sahabat Sejati oleh Sheila on 7

Lagu ini menceritakan tentang sahabat sejati yang bisa saling berbagi dan selalu ada dalam segala suasana.

Itulah beberapa contoh ide judul lagu yang cocok dinyanyikan dan dibawakan saat acara pelepasan siswa. Semoga dengan dibawakannya lagu-lagu di atas dalam acara perpisahan, suasana acara menjadi semakin meriah, dan membantu proses transisi siswa saat mereka harus melangkah ke jenjang yang lebih tinggi.

Lagu perpisahan juga sering menjadi kenangan yang indah dan melekat dalam ingatan para penyanyi dan pendengarnya. Lagu-lagu di atas bisa membantu para siswa dan semua guru untuk mengingat masa-masa indah dan menyenangkan saat belajar di sekolah. Hubungan baik pun akan menjadi semakin indah terjalin.

Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Kids celebrating kindergarten graduation [1]

2. Mrsbsbeehive.com. (2022). Graduation songs for kids [2]

3. Preschoolplaybook.com. (2022). Preschool songs and graduation [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.