Top

PENTING! Perhatikan Hal Ini Bila Anak Hobi Membaca

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

17 Sep 2023

  |  

Parenting

Bagi anak usia PAUD, membaca bukanlah keterampilan yang wajib dikuasai. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa anak yang hobi membaca juga bukanlah kebiasaan yang negatif.

Dilansir dari Verywellfamily.com, dijelaskan bahwa membaca merupakan landasan keterampilan hidup yang dibutuhkan anak-anak saat mereka tumbuh dewasa. Membaca merupakan bagian integral dari sekolah dan akademisi, serta merupakan faktor penting dalam menumbuhkan kesadaran yang lebih besar terhadap dunia di sekitar kita. Perlu Anda pahami juga, bahwa membaca dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.

Inilah beberapa tips untuk mengasuh anak usia PAUD yang hobi membaca.

1. Selektif dalam Memberikan Buku Bacaan

Buku bacaan untuk anak-anak biasanya akan dihiasi dengan banyak gambar. Kuantitas kalimat atau kata-kata di dalam buku bukanlah hal yang utama. Teks di dalam buku juga mengandung kalimat sederhana dan mudah dimengerti anak.

Aneka buku bacaan karya Bapak Andi Taru dan tim Educa Studio bisa didapatkan di SINI.

2. Menjadi Role Model Pecinta Baca

Ayah dan Bunda perlu membaca buku secara rutin. Si Kecil cenderung akan meniru apa yang ia lihat dalam keseharian. Pastikan Ayah dan Bunda membaca buku di tempat yang mudah dijumpai Si Kecil.

3. Membacakan Dongeng

Bacaan dongeng akan membantu Si Kecil dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Apalagi bila buku dongeng tersebut dibacakan oleh Ayah dan Bunda. Selain meningkatkan bonding orangtua dan anak, kebiasaan ini juga bisa melatih daya fokus dan keterampilan mendengarkan Si Kecil.

Buku "Fabel Nusantara dan Dunia" dan Buku Produksi Educa Studio Lainnya Bisa Didapatkan dengan Klik Gambar di Bawah Ini.

 

4. Membatasi Screen Time Activities

Screen time activities adalah saat-saat dimana Si Kecil berkegiatan dengan aneka perangkat teknologi yang menggunakan layar, misalnya televisi, handphone, laptop, dan lainnya.

Atur jadwal penggunaan aneka perangkat tersebut, sehingga Si Kecil semakin banyak melakukan aneka aktivitas yang bervariasi dan menyehatkan, misalnya bermain di dalam rumah, menyiram tanaman, berolahraga, bermain bersama teman-teman, dan lainnya.

Baca juga: 5 Aktivitas 'No Screen Time for Kids' yang Edukatif.

5. Jadwalkan “Reading Time”

Ayah dan Bunda bisa membuat jadwal membaca setiap hari. Membaca sebelum tidur adalah aktivitas yang baik, daripada bermain handphone sebelum tidur. Agar Si Kecil tidak merasa bosan, Ayah dan Bunda bisa mendampingi Si Kecil saat membaca.

6. Mengunjungi Perpustakaan atau Toko Buku

Dengan mengajak Si Kecil ke perpustakaan atau toko buku, Ayah dan Bunda akan semakin memahami buku-buku yang aman dan ramah untuk anak. Biasanya buku-buku sudah dipisah-pisah berdasarkan tingkat usia. Buku-buku di tempat-tempat tersebut juga sangat bervariasi, sehingga Si Kecil akan semakin tertarik dengan buku.

7. Mengapresiasi Hobi Si Kecil

Bersyukurlah bila Si Kecil hobi membaca buku. Karena dengan aktivitas membaca, Si Kecil akan terbuka kesempatan untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuannya.

Ayah dan Bunda bisa memberikan pujian saat Si Kecil sedang membaca buku dan memberikan hadiah buku-buku menarik di saat-saat spesial, misalnya saat Si Kecil berulang tahun.

8. Mengedukasi Tentang Manfaat Buku

Berikan edukasi kepada Si Kecil tentang manfaat buku, ciri-ciri buku yang cocok untuk anak, contoh-contoh judul buku menarik, jenis-jenis buku, dan lainnya.

Ajak pula Si Kecil berdiskusi tentang buku yang baru saja ia baca atau buku yang paling ia suka. Hal ini akan menambah pengetahuan Si Kecil tentang buku, dan tentu saja menambah ketertarikannya pada buku, serta memotivasi Si Kecil agar semakin mencintai buku.

Baca juga:
1. RPPH ( Modul Ajar ) Lengkap Kurikulum Merdeka PAUD - TK
2. Permainan PAUD - TK Terlengkap Media Belajar Bermain di Kurikulum Merdeka

9. Memberikan Dukungan tentang Minat Khusus Si Kecil

Beberapa anak memiliki ketertarikan pada buku-buku tertentu. Biasanya hal ini sangat berhubungan dengan kegemaran atau hobi Si Kecil lainnya. Misalnya, anak yang suka Sains akan menggemari buku-buku tentang Sains.

10. Berikan Kebebasan untuk Memilih Buku Kesukaan

Dengan memberikan kebebasan bagi Si Kecil dalam memilih buku kesukaannya, keterampilan Si Kecil dalam berpikir kritis dan membuat keputusan akan semakin berkembang.

Ia juga akan semakin menikmati aktivitas membaca, karena ia bisa membaca buku yang ia gemari dan tanpa ada unsur paksaan.

Aplikasi Koleksi Dongeng RIRI (Cerita Anak Interaktif): Edukatif, Ramah Anak, dan Full Animasi.

 

11. Sediakan Ruang Khusus untuk Membaca

Ayah dan Bunda bisa menyediakan ruangan khusus untuk melakukan kegiatan membaca. Buatlah ruangan tersebut menjadi tempat yang menarik dan nyaman.

Ayah dan Bunda bisa menyediakan rak buku yang sudah dipisahkan menurut tema atau jenis buku. Bila perlu, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil menghiasi ruangan tersebut.

Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil membuat kesepakatan, misalnya dengan mewajibkan setiap pembaca buku di ruangan tersebut untuk menjaga kerapian.

Baca juga: Mendengarkan Podcast Cerita Anak, Lebih Hemat Kuota Manfaatnya Luar Biasa

12. Jangan Ada Paksaan

Sebagian dari orangtua, terlalu memaksakan anaknya agar sering-sering membaca. Sebagian yang lain, terlalu khawatir karena anaknya terlalu sering membaca di rumah sehingga jarang bergaul dengan teman-teman lainnya.

Tugas dari Ayah dan Bunda adalah mengarahkan dan mendampingi Si Kecil agar ia bisa melakukan aktivitas ini dengan porsi yang tepat.

Bagaimanapun, aktivitas membaca adalah aktivitas yang baik. Namun, masih banyak aktivitas lain yang juga tidak kalah penting, yaitu meluangkan waktu jalan-jalan, mewarnai gambar, menggambar, bermain, dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya. Ada lho, sebuah aplikasi yang menyediakan aneka gim pengembangan aneka keterampilan anak-anak usia PAUD. Aplikasi ini berjudul MARBEL BELAJAR TK DAN PAUD. 

Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Asian middle aged woman teach her daughter homework [1]

2. Verywellfamily.com. (2022). How to raise a child who loves reading [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.