Top

PENTING BANGET, Mendidik Anak Laki-Laki Bisa Bersikap Gentle pada Perempuan. Ini Caranya!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

13 Juni 2023

  |  

Parenting

Pola asuh yang Ayah dan Bunda lakukan saat ini akan sangat mempengaruhi karakter Si Kecil di masa depan. Bagi Ayah dan Bunda yang saat ini memiliki anak laki-laki, tentu ingin agar ia tumbuh menjadi anak yang gentle serta mampu menghargai lawan jenisnya.

Video Marbel Diriku: Media Belajar Pengenalan Gender

 

Inilah pola asuh yang bisa Ayah dan Bunda aplikasikan kepada putra Anda agar ia tumbuh menjadi anak yang mampu bersikap lembut dan tidak bersikap kasar kepada perempuan.

 

Unduh aplikasi "MARBEL Pelajaran TK dan PAUD" dengan klik gambar di atas.

1. Ayah Harus Bisa Menjadi Role-Model

Sikap inilah yang paling penting dan perlu ada dalam diri seorang ayah. Ayah harus bisa menjadi role-model atau teladan yang baik bagi Si Kecil agar bisa bersikap gentle kepada perempuan. Ayah harus bisa memperlakukan Bunda dengan baik, hormat, dan penuh kasih sayang.

Baca juga: Anak Bicara Kurang Sopan? Ini Cara Mencegahnya

Si Kecil akan mencontoh apa yang ia lihat dan ia dengarkan. Perlakuan yang baik Ayah kepada Bunda, dan cara berbicara yang sopan Ayah kepada Bunda akan dilihat, didengar, diingat, dan diaplikasikan Si Kecil dalam hidup sehari-hari. Si Kecil akan memahami cara menghargai dan menjaga perasaan seorang wanita.

Educa Studio hadir memberikan DISKON SPESIAL 30% untuk berlangganan aplikasi tersayang Belajar TK PAUD bersama Marbel, RIRI - Cerita Anak Interaktif, dan KABI - Kisah Nabi dan Buku Islam. Ambil promonya dengan klik gambar di bawah.

 

2. Perhatikan Cara Berbicara Bunda kepada Anak Laki-Laki

Tips ini khusus untuk Bunda. Bunda perlu mengajarkan dan membuat Si Kecil memahami sifat-sifat seorang wanita, yaitu bahwa wanita memiliki perasaan yang lembut dan suka diperlakukan secara lembut.

Bagaimana caranya?

Tentu saja, Bunda harus membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan anak laki-laki dengan suara yang lembut, menggunakan bahasa yang sopan, serta menhindari kata-kata kasar apalagi dengan cara membentak.

Baca juga: 6 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Anak Usia Dini

Dalam kehidupan sehari-hari, anak laki-laki akan semakin mampu memperlakukan teman-teman perempuannya dengan baik, sopan, dan lemah lembut. Ia tahu bahwa perempuan memiliki sifat yang lembut dan sensitif.

3. Hindari Pertengkaran di Depan Si Kecil

Jangan sampai Ayah dan Bunda lepas kendali. Saat emosi sudah memuncak, sebaiknya Ayah dan Bunda bisa menguasai diri. Hindarilah kata-kata kasar dan nada yang tinggi diucapkan di depan Si Kecil.

Pastikan bahwa segala persoalan bisa terselesaikan dengan cara yang baik, bijaksana, penuh kasih sayang, serta menghindari pertengkaran di depan Si Kecil. Ayah, sebagai sosok pemimpin atau kepala dalam keluarga, harus bisa menguasai diri agar tidak berperilaku kasar kepada sang Bunda, apalagi di hadapan Si Kecil.

Dongeng Riri Berjudul “Kancil dan Buaya” : Menumbuhkan Karakter Anak dengan Cara Menyenangkan

 

4. Mengedukasi Si Kecil tentang Gender

Ayah dan Bunda bisa mendidik anak laki-laki Anda dengan media-media menarik yang banyak dirilis di platform-platform terkemuka, misalnya di Youtube. Di dalam platform Youtube, Ayah dan Bunda bisa menemukan aneka video edukasi yang mengajarkan tentang perbedaan laki-laki dan perempuan.

Hal penting yang perlu Si Kecil pahami adalah perbedaan fisik dan emosi antara laki-laki dan perempuan, serta kesetaraan gender (laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang sama).

5. Memberikan Pengawasan kepada Apa yang Si Kecil Baca dan Tonton

Pastikan Ayah dan Bunda memberikan pengawasan yang ekstra pada apa yang Si Kecil konsumsi melalui buku bacaan, gawai, atau televisi. Tontonan dan bacaan bertema kekerasan, baik secara verbal maupun visual perlu dihindarkan dari Si Kecil.

Untuk Mengembangkan Kecerdasan dan Karakter Siswa, Anda bisa Mengajak Siswa Membaca Buku Cetak (Dongeng, Kisah Nabi, dan Aktivitas Anak) dari Educa Studio. Silakan klik DI SINI.

 

6. Memberikan Keterampilan Bersosialisasi

Keterampilan bersosialisasi yang penting dan perlu dikuasai oleh Si Kecil adalah tentang cara bertindak dan berkata-kata. Pastikan ia bisa berperilaku dan berkata-kata yang sopan, serta menghindari segala hal yang menjurus ke arah anarkis, demi bisa bersikap gentle kepada perempuan.

Baca juga: Cara Mengasah Jiwa Empati Anak di Era Digital

Tanamkan di dalam diri Si Kecil bahwa ia akan mendapatkan perlakukan yang baik dari orang lain, bila ia mampu berperilaku yang baik kepada sesamanya.

Koleksi Lagu Anak Tematik TK dan PAUD: Media Belajar Efektif dengan Mengajak Siswa Bernyanyi dan Menari

7. Membiasakan Si Kecil Agar Mampu Mengekspresikan Perasaannya Secara Positif

Ayah dan Bunda perlu menjadi tempat ternyaman bagi Si Kecil untuk bisa bercerita dan mengungkapkan segala perasaan Si Kecil. Berikan pula respon yang positif saat Si Kecil bercerita dan berusaha membantu menyelesaikan segala persoalan yang sedang ia hadapi.

Bila anak laki-laki mampu memperlakukan Bundanya dengan baik dan sopan, tentu ia akan tumbuh menjadi yang mampu bergaul dengan siapa saja. Ia akan semakin mampu berempati dan menghargai orang lain, termasuk gentle kepada perempuan, secara tulus dan mudah diterima saat bergaul dengan siapa saja. Semoga bermanfaat!

Bantu Optimalkan Skill dan Kreativitas Si Kecil Sejak Dini bersama Kelas Kreatif Gamelab.id

 


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Children participating treasure hunt outside [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.