Top

Meski Liburan Sekolah, Ini Caranya Jaga Semangat Belajar Si Kecil

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

13 Juni 2023

  |  

Parenting

Liburan adalah saat yang menyenangkan bagi Si Kecil. Tidak hanya sebagai saat untuk rekreasi, saat liburan adalah saat untuk bersosialisasi, mengenal teman baru, dan mendapatkan pengalaman baru.

Agar pengetahuan Si Kecil terus berkembang dan otak terus aktif bekerja, ia juga membutuhkan waktu untuk belajar. Agar Si Kecil tetap semangat belajar tanpa merasa dipaksa di saat hari libur sekolah, Ayah dan Bunda dapat mengikuti tips-tips di bawah ini.

"MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD" : Ada Banyak Permainan Asyik dan Edukatif Agar Si Kecil Semakin Mampu Menguasai Materi Dasar PAUD dan Kesiapan Masuk SD.

 

1. Memanfaatkan Perangkat Online

Anak-anak era digital tidak pernah lepas dari gawai dan laptop. Ayah dan Bunda bisa memanfaatkan perangkat online sebagai media bermain dan belajar. Ada banyak aplikasi gim yang bisa diunduh secara gratis, serta bisa menjadi media belajar bagi Si Kecil. Beberapa contoh media belajar tersebut antara lain adalah:

Meskipun aplikasi di atas merupakan media belajar dan bermain, tapi Ayah dan Bunda tetap perlu memberikan pengawasan dan batasan-batasan kepada Si Kecil, misalnya memberikan waktu maksimal 1 jam dalam bermain gawai.

MARBEL MUSLIM KIDS: Mengembangkan Karakter dan Pengetahuan Anak Islam dengan Cara Menyenangkan dan Di Saat Liburan

 

2. Belajar di Alam Sekitar

Alam sekitar paling dekat dengan Si Kecil adalah pekarangan rumah atau taman di sekitar komplek perumahan. Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil berjalan-jalan di kebun, sambil mengajak Si Kecil mengamati sesuatu dan memberikan penjelasan yang sederhana serta mudah dipahami saat momen liburan sekolah ini.

Baca juga: Manfaat Kegiatan Pembelajaran Merdeka di Alam Terbuka

Saat melihat seekor kupu-kupu, Ayah dan Bunda bisa menjelaskan kepada Si Kecil bahwa kupu-kupu termasuk hewan serangga. Kupu-kupu bisa terbang karena memiliki sayap. Jumlah kaki kupu-kupu adalah 6 buah atau 3 pasang.

Ayah dan Bunda juga bisa mengajak Si Kecil berdiskusi atau bertanya jawab tentang hal-hal menarik yang ditemui. Agar lebih seru, Ayah dan Bunda juga bisa memberikan quiz berhadiah.

Untuk Mengembangkan Kecerdasan dan Karakter Siswa, Anda bisa Mengajak Siswa Membaca Buku Cetak (Dongeng, Kisah Nabi, dan Aktivitas Anak) karya Bapak Andi Tari dan Tim Educa Studio. Silakan klik DI SINI.

 

3. Menyiapkan Ringkasan Materi Pembelajaran

Ayah dan Bunda perlu mencermati aneka materi yang telah dipelajari di tahun ajaran atau semester sebelumnya; misalnya, bila Si Kecil baru saja belajar tentang mengenal hewan peliharaan, Ayah dan Bunda bisa membuatkan ringkasan materi pelajaran tentang tema tersebut.

Ringkasan materi pelajaran bisa dibuat dalam bentuk mind-map yang dilengkapi dengan gambar-gambar menarik dan diberi warna. Ringkasan materi pelajaran juga bisa dibuat dalam bentuk cerita bergambar.

Koleksi Lagu Anak Tematik TK dan PAUD: Media Belajar Efektif dengan Mengajak Siswa Bernyanyi dan Menari

 

4. Waktu Belajar yang Efektif

Namanya juga saat liburan sekolah, tentu saja kegiatan utama yang perlu dilakukan oleh Si Kecil adalah hal-hal yang menyenangkan. Saat belajar pun perlu dilakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama. Namun, di waktu yang singkat tersebut Si Kecil bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru.

Baca juga: Cara Mudah Agar Makin Fokus Saat Belajar

Perlu Ayah dan Bunda ketahui, dilansir dari Halodoc.com, dijelaskan bahwa:

  • Anak berusia 2 tahun rentang waktu konsentrasinya 4-6 menit,
  • Anak berusia 4 tahun rentang waktu konsentrasinya 8-12 menit,
  • Anak berusia 6 tahun rentang waktu konsentrasinya 12-18 menit,
  • Anak berusia 8 tahun rentang waktu konsentrasinya 16-24 menit.

Koleksi Lembar Kerja Anak Gratis: Unduh Gratis dengan Klik Gambar di Bawah Ini. Waktu Liburan Jadi Lebih Mencerdaskan dan Menyenangkan dengan Mengerjakan Aneka Lembar Kerja Anak.

 

5. Siapkan Makanan Kecil Favorit

Anak-anak paling suka ngemil. Ayah dan Bunda perlu menyediakan aneka makanan kecil favorit Si Kecil. Makanan kecil atau cemilan sangat berguna untuk meningkatkan daya fokus saat belajar dan mengatasi rasa kantuk, terutama saat memasuki momen liburan sekolah.

Educa Studio hadir memberikan DISKON SPESIAL 30% untuk berlangganan aplikasi tersayang Belajar TK PAUD bersama Marbel, RIRI - Cerita Anak Interaktif, dan KABI - Kisah Nabi dan Buku Islam. 

Ambil promonya dengan klik gambar di bawah.

 

6. Saat Istirahat yang Cukup

Setelah usia melakukan aneka aktivitas menyenangkan, termasuk belajar, Si Kecil tetap membutuhkan waktu untuk beristirahat. Atur pencahayaan yang tidak terlalu terang saat Si Kecil tidur.

Baca juga: Tidur Berkualitas Membuat Anak Menjadi Cerdas

Hindari pula penggunaan gawai untuk membuat Si Kecil mengantuk. Penggunaan terakhir gawai terbaik adalah 1 jam sebelum waktu tidur Si Kecil. Aktivitas bermain kartu atau membaca buku bisa menjadi pilihan terbaik sebagai aktivitas sebelum waktu tidur bagi Si Kecil.

 

Semoga tips-tips di atas dapat menjadi membuat si kecil tetap semangat belajar meski liburan sekolah, ya!

Ada Ratusan Gim Edukasi untuk Menemani Waktu Liburan Si Kecil dengan Klik Gambar di Bawah Ini

Sumber Referensi:

1. Halodoc.com. (2022). Rentang kemampuan konsentrasi anak sesuai usia [1]

2. Freepik.com. (2022). Asian Baby Kid Girl Holding Magnifying Glass Raise Your Hand [2]

 


Bantu Optimalkan Skill dan Kreativitas Si Kecil Sejak Dini bersama Kelas Kreatif Gamelab.id

 

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.