Top

9 Persiapan PPDB PAUD / TK yang TERPENTING | Karena KESAN PERTAMA untuk MURID BARU itu PERLU

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

10 Juni 2024

  |  

Edukasi

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah saat yang penting bagi sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK (Taman Kanak-Kanak), dan sederajat. Sekolah perlu mempersiapkan banyak hal agar proses pendaftaran dan penerimaan siswa baru bisa berjalan dengan lancar, serta mampu memenuhi harapan orang tua serta siswa baru.

Artikel Berhubungan:

1. Contoh RPPM Topik MPLS Minggu ke-1 PAUD / TK | Modul Ajar PAUD Usia 5-6 Tahun di Masa Orientasi .

2. Rundown Kegiatan Kunjungan Anak PAUD ke SD Terdekat | Persiapan Transisi PAUD ke SD

3. Inilah 8 Jenis Aktivitas Anak untuk Kesiapan Transisi PAUD ke SD

Calon orang tua siswa yang hadir terkadang baru ingin mengetahui aneka fasilitas dan keunggulan sekolah. Mereka akan menanyakan banyak hal tentang sekolah. Agar sekolah bisa merebut hati orang tua sehingga mantap untuk menyekolahkan buah hatinya di sekolah tempat Anda berkarya, maka sekolah beserta dengan timnya perlu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

Ajak Si Kecil Belajar Aneka Keterampilan Dasar PAUD dengan Bermain MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD

 

1. Melakukan Promosi

Promosi paling efektif di zaman sekarang adalah melalui media online, misalnya media sosial atau website sekolah. Sediakan media iklan cetak yang bisa dibawa pulang, misalnya brosur. Poster juga bisa ditempelkan di tempat-tempat umum dan banyak dilewati orang tua.

Hal-hal yang perlu dicantumkan dalam media tersebut adalah visi misi sekolah, kurikulum, prestasi sekolah, prestasi siswa-siswi di sekolah, dan lainnya.

Promosi juga dilakukan dengan mengadakan open house. Dalam acara ini, sekolah mengundang tamu-tamu (terutama dari luar sekolah) untuk hadir ke sekolah. Agar banyak dikunjungi oleh orang tua dan anak, acara-acara yang menarik yang perlu disajikan adalah aneka lomba dan pentas seni.

Baca juga: Pentingnya Promosi Berbasis Digital Sekolah Masa Kini

2. Persiapan Administrasi

Siapkan formulir pendaftaran yang lengkap dan mudah diakses. Sediakan form pendaftaran secara online (misalnya via Google Form) dan offline. Kelengkapan pendaftaran yang perlu dilengkapi oleh orang tua siswa adalah akta kelahiran, kartu keluarga, foto anak, dan lainnya.

Agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar dan teratur, staf admin sekolah perlu mengatur jadwal pendaftaran.

Baca juga: Koleksi Modul Ajar Lengkap untuk PAUD / TK

3. Melakukan Proses Seleksi

Proses seleksi dilakukan untuk mengatur penentuan kelas berdasarkan usianya. Pihak sekolah juga perlu mengetahui aneka kebutuhan (apakah membutuhkan perlakuan khusus), karakter,  kelebihan anak, serta berbagai informasi penting lainnya.

Sekolah juga perlu mengadakan observasi untuk memahami kesiapan siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

4. Menjalin Komunikasi dengan Orang Tua

Sebelum siswa baru menempati kelas dan berada dalam pengawasan guru kelas, staf admin sekolah harus siap menjalin komunikasi dengan orang tua. Sampaikan kepada orang tua tentang aturan sekolah, kurikulum, kegiatan rutin sekolah, sopan santun, dan kebiasan-kebiasan yang perlu dilakukan di sekolah.

Untuk menyampaikan informasi penting tentang sekolah, staf admin sekolah bisa mengirimkan segala informasi via WA atau mengadakan pertemuan khusus dengan calon orang tua siswa.

Baca juga: Kiat Membangun Komunikasi Efektif Guru dan Orang Tua

5. Program MPLS

Guru dan tim di sekolah perlu menyiapkan program orientasi sekolah atau MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), agar siswa baru semakin siap mengikuti pembelajaran di sekolah. Di dalam MPLS akan diadakan aneka kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, teman baru, guru baru, dan lainnya.

Baca juga:  8 TIPS SUKSES Kegiatan MPLS PAUD / TK: Bikin MURID SENANG dan Nyaman di Awal Tahun Ajaran

6. Persiapan Fasilitas Sekolah

Pastikan ruangan kelas sudah dalam kondisi yang bersih, rapi, dan siap digunakan. Persiapkan segala perlengkapan belajar mengajar, seperti alat tulis, meja, kursi, dan lainnya. Perhatikan pula kebersihan arena bermain, toilet, dapur, dan kantin sekolah.

7. Administrasi Sekolah

Pastikan bahwa sekolah sudah memiliki sistem pengelolaan sekolah yang baik, termasuk pencatatan administrasi data siswa, data keuangan, data guru, dan lainnya,

8. Kesiapan Staf dan Guru

Guru dan Staf perlu memahami segala hal tentang PPDB dan informasi penting tentang sekolah, sehingga bila ada orang tua siswa yang bertanya, semua warga bisa menjawabnya dengan tepat dan seragam. Sekolah bisa mengadakan pelatihan khusus tentang PPDB dan MPLS untuk semua staf dan guru agar tetap kompak dan bisa bekerja sama dengan baik.

9. Persiapan Kurikulum

Guru dan semua staf harus bisa menyampaikan informasi tentang kurikulum kepada orang tua saat PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sehingga orang tua mendapatkan pemahaman tentang apa yang akan dipelajari dan dilakukan buah hatinya, dan bisa mendukung perkembangan mereka, misalnya tema-tema yang akan dipelajari, durasi pembelajaran setiap tema, jadwal kegiatan, dan lainnya. Guru dan staf juga perlu memahami gambaran umum tentang mata pelajaran yang akan diajarkan misalnya Sains, Seni, Bahasa, Pendidikan Karakter, dan lainnya.

Semoga dengan persiapan yang matang, proses PPDB di sekolah PAUD / TK bisa berjalan dengan baik dan lancar. Bila sekolah bisa memberikan kesan awal yang baik, tentu calon orang tua siswa akan merasa lebih yakin serta percaya untuk menyekolahkan buah hatinya di sekolah Anda. Semoga sekolah Anda bisa memberikan yang terbaik saat PPDB.

Baca juga:  8 TIPS SUKSES Kegiatan MPLS PAUD / TK: Bikin MURID SENANG dan Nyaman di Awal Tahun Ajaran


Sumber Referensi:

1. Schoolweb.tdsb.on.ca. (2022). Junior kindergarten registration process [1]

2. Epozytywnaopinia.pl. (2022). What registration looks like and what documents need to be prepared [2]

3. Freepik.com. (2022). Close up children enjoying didactic game [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.