Top

Variasi Aktivitas untuk Melatih Keterampilan Gerak Manipulatif Anak Usia TK - PAUD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

04 Mei 2023

  |  

Edukasi

Aneka aktivitas untuk melatih keterampilan gerak manipulatif yang bisa dilakukan Ayah dan Bunda bersama Si Kecil atau anak berusia TK - PAUD. Dilansir dari reference.com dijelaskan bahwa keterampilan gerak manipulatif adalah keterampilan motorik yang menggunakan tangan, kaki atau bagian tubuh lain untuk menggerakkan atau memanipulasi suatu objek (benda).

Inilah beberapa aktivitas pengembangan keterampilan gerak manipulatif yang  juga dapat membantu meningkatkan kesadaran (fokus) bagi Si Kecil saat melakukan kegiatan sehari-hari.

  • Bermain Menendang Bola

Mintalah Si Kecil menendang bola dengan kaki kiri dan kaki kanan. Motivasi Si Kecil agar mampu memasukkan bola tersebut ke dalam gawang. Atur jarak gawang dengan titik tendang bola agar ia semakin tertantang. Daya konsentrasi Si Kecil juga akan terlatih dengan melakukan gerakan ini.

Mainkan gim edukasi “Marbel Olahraga” agar Si Kecil semakin mengenal dan mencintai aneka olahraga. Unduh aplikasinya dengan klik di SINI.

  • Bermain Golf

Mengajak Si Kecil bermain golf tidak harus mengantarkannya ke arena golf yang lapang dan luas. Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil bermain golf di rumah. Ayah dan Bunda hanya perlu menyiapkan kertas kardus yang berukuran besar (atau dengan menggabungkan beberapa kertas kardus kecil agar menjadi berukuran lebih besar). Dengan begini, latihan keterampilan gerak manipulatif anak usia TK - PAUD jadi lebih variatif.

  • Memukul Kaleng Bekas

Siapkan sepasang stik drum mungil dan sebuah kaleng bekas. Mintalah Si Kecil untuk memukul-mukul kaleng bekas dengan stik drum. Jari-jemari dan tangan Si Kecil akan semakin kuat dengan melakukan kegiatan ini.

Selain beraktivitas fisik, Si Kecil juga perlu membangun karakternya dengan cara menonton video dongeng. Koleksi dongeng “Riri, Cerita Anak Interaktif” bisa ditonton di kanal Youtube RIRI.

 

  • Bermain Bowling

Untuk melakukan permainan ini, Ayah dan Bunda bisa membantu Si Kecil dengan menyiapkan bola plastik dan 10 botol plastik. Anda bisa mengisi botol plastik dengan sedikit pasir agar botol plastik tidak mudah terjatuh. Misi dari permainan ini adalah melemparkan bola plastik agar mengenai susunan botol hingga bisa menjatuhkannya.

  • Memukul Bola dengan Stik

Siapkan satu buah tongkat (diusahakan yang berbahan plastik) dan bola-bola plastik untuk bisa mempraktikkan permainan ini. Tugas Anda adalah menjadi pelempar bola. Ambil jarak sekitar 5 meter antara Anda dan Si Kecil, lalu lemparkan bola dengan tidak terlalu kencang ke arah Si Kecil yang siap memukulnya.

Buku-buku edukasi karya Bapak Andi Taru bersama tim Educa Studio kini hadir dalam bentuk buku cetak. Ayah dan Bunda bisa mendapatkannya dengan meng-klik di SINI.

 

  • Memasukkan Bola ke Dalam Kotak Mainan

Ayah dan Bunda bisa membantu Si Kecil menyiapkan sebuah kotak dan bola-bola plastik kecil. Tugas Si Kecil adalah melempar bola-bola plastik kecil ke dalam kotak mainan. Ayah dan Bunda bisa memotivasi Si Kecil dengan memberikan hadiah sesuai dengan jumlah bola yang berhasil dimasukkan. Misalnya, Si Kecil akan mendapatkan 1 buah pensil, bila berhasil memasukkan 3 bola dari 10 lemparan bola.

Video Kisah Nabi (KABI), kini hadir di platform Vidio.com.

 

  • Menyiram Tanaman dengan Ember Mungil

Siapkan satu buah ember besar dan isilah dengan air yang banyak. Sediakan pula ember-ember mungil yang memiliki pegangan. Ayah dan Bunda bisa membantu Si Kecil memasukkan air ke dalam ember-ember kecil, kemudian biarkan Si Kecil menyiram bunga dengan mengangkat ember-ember kecil tersebut satu per satu dan menyiramkan air pada tanaman.


Baca juga:

1. Rekomendasi 9 Kegiatan Harian yang Mencerdaskan untuk Anak Usia 0-2 Tahun

2. Kecerdasan Anak Bisa Terstimulasi dengan Aktivitas Edukasi Ini

  • Menangkap Bola

Aktivitas ini sangatlah sederhana. Ayah dan Bunda hanya perlu menyiapkan sebuah bola. Anda bisa melemparkan bola tersebut ke arah Si Kecil. Biarkan Si Kecil menangkap bola tersebut. Lakukan lemparan dengan aneka variasi lemparan, misalnya menggelindingkan bola di atas lantai, lemparan mendatar serta pelan ke arah tubuh Si Kecil, dan lemparan bola melambung.

Agar lebih seru, Ayah dan Bunda bisa menyediakan variasi bentuk bola, mulai bola plastik besar, bola plastik kecil, bola kasti, dan lainnya. Ayah dan Bunda bisa juga meminta Si Kecil menjadi pelempar bola.

Ayah dan Bunda, coba Anda perhatikan benda-benda di sekitar atau aneka mainan yang biasa dimainkan Si Kecil. Apakah ada objek menarik yang bisa dijadikan sebagai alat untuk melakukan aktivitas pengembangan keterampilan gerak manipulatif bagi Si Kecil? Tidak ada salahnya Ayah dan Bunda mencoba memanfaatkan aneka objek yang ada di sekitar.

Bantu optimalkan skill dan kreativitas Si Kecil sejak dini bersama Kelas Kreatif Gamelab.id. Animasi di dalam video di bawah ini adalah salah satunya. Klik DAFTAR JADI SISWA bila ingin jadi siswa di Kelas Kreatif Gamelab.id.

 


Sumber Referensi:

1. Reference.com. (2020). Manipulative movement skills [1]

2. Freepik.com (2022). Cute little boy with soccer ball park [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.