Top

Strategi Jitu Promosi PAUD Agar DAPAT BANYAK MURID BARU | Tips Sukses PPDB TK 2024

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

19 Juni 2024

  |  

Edukasi

Mendapatkan banyak murid baru merupakan harapan dari setiap sekolah, tidak terkecuali satuan PAUD, TK, dan lembaga pendidika anak usia dini lainnya. Agar masa PPDB 2024 bisa berjalan secara efektif dan bisa menjaring banyak murid baru, setiap sekolah perlu menerapkan aneka strategi jitu dan efektif.

Artikel terkait:

Pentingnya Promosi Berbasis Digital Sekolah Masa Kini

Tips Meningkatkan Kualitas Lembaga PAUD di Era Digital

Tips PENTING untuk Guru PAUD PEMULA di Era Digital 2024: Murid Zaman Now Jadi Senang

Inilah beberapa tips sukses agar sekolah setingkat PAUD bisa menarik hati banyak orang tua dan mendapatkan kepercayaan dari orang tua untuk menyekolahkan buah hatinya di sekolah tempat Anda mengajar.

Tingkatkan Aneka Keterampilan Anak PAUD bersama MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD

 

 

1. Peningkatan Mutu Pendidikan

Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Sekolah perlu menerapkan kurikulum yang menarik dan memprioritaskan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Sekolah perlu mengadakan pelatihan / training berkala, baik setiap semester baru maupun pertengahan semester. Beberapa tema training menarik yang bisa dipilih antara lain:

  • Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran PAUD
  • Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
  • Strategi Pengembangan Literasi Awal
  • Pembelajaran Inklusif dan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus
  • Metode Pengajaran Kreatif dan Inovatif
  • Pengembangan Keterampilan Sosial dan Emosional Anak

Baca juga: 22 Tips Guru PAUD 2024: Agar Disukai Anak Didik di Era Digital

2. Pemanfaatan Media Digital

Beberapa platform seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Link Tree, dan lainnya perlu dimanfaatkan sebagai media sosialisasi kegiatan, prestasi, program / acara unggulan di sekolah. Website Sekolah juga bisa dimanfaatkan sebagai media yang menarik, efektif, edukatif, dan informatif, karena bisa menyajikan informasi secara lengkap dan dikemas dengan kata-kata menarik serta bisa bermanfaat bagi pembacanya.

Baca juga: Literasi Digital untuk Anak Usia PAUD TERBARU: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengenalkan

3. Mengadakan Open House

Sekolah bisa mengadakan acara open house yang menyajikan acara pentas seni dan kegiatan sosial yang bisa dihadiri oleh tamu dari warga sekolah, luar sekolah, maupun calon orang tua / siswa baru.

4. Peningkatan Fasilitas Sekolah

Fasilita sekolah perlu ditingkatkan kualitasnya dari tahun ke tahun. Adakan pemeriksaan berkala untuk memastikan bahwa sekolah dalam keadaan aman, bersih, nyaman, dan ramah untuk anak.

Tingkatkan pula kualitas dan kuantitas kelengkapan media pembelajaran serta perlengkapan belajar, misalnya alat peraga, alat tulis, mainan edukatif, perlengkapan craft, sarana bermain, dan lainnya.

5. Program Ekstrakurikuler

Sediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti tari, musik, olahraga, bahasa asing, atau hobi yang sedang banyak diminati oleh anak zaman now.

Baca juga: Anak Era Digital Perlu Memiliki 6 Karakter Ini, yuk Simak Cara Mengembangkannya!

6. Program Unggulan

Ada beberapa sekolah yang menjadi mudah dikenal oleh khalayak umum setelah ia memenangkan beberapa kali kompetisi bergengsi dalam bidang tertentu, misalnya dalam bidang Sains.

Bila Anda ingin mengunggulkan bidang Sains sebagai salah satu pembelajaran unggulan, jangan ragu untuk mensuport lebih besar secara SDM dan finansial. Siapa tau, nantinya akan banyak kompetisi di bidang Sains yang akan banyak dimenangkan dan bisa menjadi salah satu ciri khas yang membuat sekolah Anda mudah dikenal oleh banyak orang.

7. Perluas Relasi

Sekolah perlu memiliki tim promosi dan publikasi yang kuat. Akan lebih efektif bila tim ini juga banyak aktif di berbagai komunitas lokal yang bergerak di bidang pendidikan, misalnya komunitas guru PAUD, komunitas pemerhati anak spesial, dan lainnya.

Jalin pula hubungan yang baik dengan orang tua. Bagaimanapun orang tua bisa menjadi rekan yang baik untuk mempromosikan keunggulan sekolah dan hal-hal positif lainnya. Karena orang tua siswa sudah merasakan kualitas sekolah dan mempercayakan buah hatinya untuk mendapatkan pendidikan serta pengajaran di PAUD.

Baca juga: Kiat Membangun Komunikasi Efektif Guru dan Orang Tua

8. Mengumpulkan Testimoni

Kumpulkan testimoni positif dari orang tua murid yang nantinya bisa ditampilkan di website atau media sosial sekolah.

9. Menampilkan Prestasi Siswa

Tampilkan pula aneka prestasi murid, misalnya kemenangan saat mengikuti lomba dan pencapaian positif lainnya.

Baca juga: 5 Kiat Membantu Anak Menggapai Prestasi di Sekolah

10. Promo Spesial

Promo spesial bisa berupa pemberian diskon khusus atau pemberian hadiah spesial. Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang perlengkapan pendidikan, misalnya alat tulis. Siapa tau perusahaan tersebut bersedia memberikan 1 set alat tulis bagi setiap siswa baru.

Bagaimanapun kinerja dari setiap guru dan staf sangat diperlukan, sehingga citra sekolah tetap baik dan kualitas pendidikan di sekolah tetap terjamin. Karena jumlah siswa yang banyak bisa mendukung keberlanjutan operasional sekolah. Dengan banyaknya siswa, sekolah yang mendaftar, sekolah dapat terus berkembang dan meningkatkan kualitas pendidikan serta fasilitas yang ditawarkan.

Semoga berhasil!

Baca juga artikel tentang PPDB lainnya dengan klik PPDB

Sumber Referensi:

1. Schoolwebmasters.com. (2022). 51 Ways to market your school [1]

2. Blog.schoolmint.com. (2022). 20 Tips for increasing enrollment at your school [2]

3. Freepik.com. (2022). Child students school_29805915 [3]  

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.