Top

Tips MENGUATKAN MENTAL dan Kepercayaan Diri Si Kecil SEBELUM MASUK SD | Latihan TRANSISI PAUD - SD yang Menyenangkan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

10 Juni 2024

  |  

Parenting

Menguatkan mental anak PAUD / TK, usia 5-6 tahun, sebelum masuk SD adalah langkah penting yang perlu dilakukan orang tua kepada buah hatinya. Karena di tingkat pendidikan dasar Si Kecil akan menghadapi tantangan baru.

Artikel Terkait:

1. TRANSISI ANAK PAUD ke SD Jadi Asyik Bila LIETRASI NUMERIK Berkembang Baik: Latih Si Kecil dengan KEGIATAN HARIAN Belajar Angka di Rumah (Usia 5-6 Tahun)

2. Rundown Kegiatan Kunjungan Anak PAUD ke SD Terdekat | Persiapan Transisi PAUD ke SD

3. Inilah 8 Jenis Aktivitas Anak untuk Kesiapan Transisi PAUD ke SD

Berikut ini adalah beberapa kegiatan dan latihan agar proses transisi PAUD / TK ke SD bisa diikuti Si Kecil dengan baik dan senang hati.

Kembangkan Karakter Islami Si Kecil bersama KABI (Kisah Teladan Nabi)

 

1. Pengembangan Kemandirian

  • Latih Si Kecil melakukan kegiatan harian secara mandiri, misalnya saat ia mengenakan sepatu, membawa tas sekolah, mengisi air minum ke dalam botol, dan lainnya.
  • Berikan tugas sederhana untuk melatih kemandiriannya, misalnya merapikan tempat tidur setelah bangun tidur, menyiram tanaman, dan lainnya.

Baca juga: 7 Kiat Mengembangkan Karakter Kemandirian dan Ketangguhan Anak

2. Pengenalan Sekolah Dasar

  • Ayah Bunda bisa menceritakan pengalaman menyenangkan saat Ayah Bunda duduk di bangku SD. Ceritakan pula hal-hal yang baik dan seru yang akan Si Kecil alami bila kelak ia duduk di bangku SD.
  • Ayah Bunda juga bisa membacakan buku cerita yang berkisah tentang kegiatan di Sekolah Dasar.

Baca juga: Rundown Kegiatan Kunjungan Anak PAUD ke SD Terdekat | Persiapan Transisi PAUD ke SD

3. Berkunjung ke SD Baru

Ajak Si Kecil berkunjung ke SD yang akan menjadi tempat ia belajar, agar ia bisa melakukan kegiatan school tour. Ayah Bunda juga bisa mengajak Si Kecil saat ada acara soft opening di SD-nya yang baru. Ajak ia berkenalan dengan guru-guru yang hadir dalam acara tersebut.

Baca juga: 8 Manfaat PENTING Kunjungan Anak PAUD / TK B ke Sekolah Dasar | Plus Games Seru untuk Transisi PAUD ke SD

4. Mengembangkan Social Skill

Ajak Si Kecil bermain bersama teman. Ayah Bunda juga bisa mengundang teman-teman yang berusia SD untuk berkunjung ke rumah.

Baca juga: 6 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Anak Usia Dini

5. Ajarkan Kedisiplinan

Ajari Si Kecil tentang pentingnya kedisiplinan dengan mengajaknya melakukan rutinitas harian yang mirip dengan rutinitas di sekolah, misalnya bangun pagi, sarapan tepat waktu, dan belajar materi Sekolah Dasar di jam-jam tertentu.

6. Ajak Si Kecil Mengungkapkan Perasaannya

Ajak Si Kecil menceritakan kesiapannya dalam memasuki bangku Sekolah Dasar. Bila ia merasa khawatir, Ayah Bunda bisa memotivasinya dengan aneka kalimat atau cerita positif. Jelaskan pada Si Kecil bahwa merasa cemas atau khawatir adalah hal yang wajar. Namun, Si Kecil perlu belajar mengendalikannya, karena setiap orang pasti dan harus siap mengalami hal-hal baru.

Baca juga: 6 Cara Membiasakan Anak Agar Terampil Mengekspresikan Diri ( Tidak Tertutup )

7. Pengenalan Materi SD

Ajak Si Kecil belajar materi yang biasa dipelajari di bangku SD, misalnya pengenalan huruf, bermain angka, bernyanyi, dan lainnya. Ayah Bunda bisa mengajarkan materi SD dengan permainan agar Si Kecil merasa nyaman dan bisa menikmatinya.

RIRI (Cerita Anak Interaktif): Koleksi Dongeng Anak yang Edukatif


8. Melakukan Simulasi

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil melakukan kegiatan simulasi pembelajaran di SD. Ayah Bunda bisa berpura-pura menjadi seorang guru SD yang sedang mengajar materi pengenalan angka, bernyanyi bersama, bermain bersama, dan kegiatan lainnya.

9. Dukungan Moral dan Spiritual

Ajak Si Kecil mempersiapkan peralatan sekolah dan berdoa sebelum berangkat sekolah. Antar Si Kecil ke sekolah di hari pertama masuk SD. Bila ia masih ingin didampingi, Ayah Bunda bisa mendampinginya (atas seizin guru kelas).

10. Berikan Apresiasi

Berikan apresiasi dan pujian kepada Si Kecil di hari-hari pertama ia belajar di bangku SD. Ayah Bunda bisa memberikan hadiah dan penghargaan lainnya.

11. Ajak Si Kecil Bercerita

Ajak Si Kecil menceritakan pengalamannya saat berada di kelas SD dan beraktivitas bersama guru serta teman-teman barunya. Bila ia mengalami suatu hambatan atau kesulitan, Ayah Bunda bisa membantu memberikan motivasi dan nasihat.

Agar SI Kecil bisa mengalami MPLS yang menyenangkan, peran Ayah Bunda sangatlah penting. Pastikan Si Kecil mengalami banyak hal-hal positif dan mendapatkan banyak pelajaran baru, sehingga ia benar-benar siap menghadapi materi pembelajaran yang semakin menantang di tingkat pendidikan dasar. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 10 Judul Dongeng Anak Terbaik 2024: Ada Cerita Singkat dan Pesan Moralnya


Sumber Referensi:

1. Bowtiekids.org. (2022). Bowtie kids support programs [1]

2. Ceinternational1892.org. (2022). Child health and well being [2]

3. Freepik.com. (2022). Front view smiley girl near board [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.