Top

Sering Dilupakan, Padahal Aktivitas Harian Ini Penting Agar Si Kecil Siap Sekolah

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

30 Juni 2023

  |  

Edukasi

Aneka aktivitas harian yang simpel bisa dilakukan Si Kecil bersama Ayah dan Bunda. Aktivitas-aktivitas tersebut perlu dilakukan untuk menciptakan lingkungan belajar di rumah yang baik.

Dilansir dari education.gov.scot, dijelaskan bahwa lingkungan belajar di rumah yang baik mendorong anak-anak dan remaja untuk memiliki sikap belajar yang positif, ingin tahu, dan percaya diri. Sikap belajar seperti ini tentu sangat penting agar ia semakin siap sekolah.

Inilah beberapa aktivitas simpel yang bisa dilakukan bersama Ayah dan Bunda agar Si Kecil semakin semangat menyambut hari-hari pertama masuk sekolah.

Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain Seraya Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio

 

Beraktivitas Sesuai Jadwal Harian

Ayah dan Bunda bisa membantu Si Kecil membuat jadwal harian. Jadwal harian bisa dibuat dengan tampilan menarik dengan bantuan aplikasi Canva dengan kata kunci lesson plan.

Pastikan Si Kecil melakukan aktivitas bervariasi, yaitu menggunakan gadget dengan porsi yang tepat, memiliki waktu bermain, dan memiliki waktu beristirahat / tidur yang berkualitas.

Baca juga: Tidur Berkualitas Membuat Anak Menjadi Cerdas 

Mencoret-coret di Atas Kertas

Aktivitas ini terlihat sepele. Namun, aktivitas ini sangat bermanfaat untuk menguatkan motorik halus Si Kecil. Penguatan motorik halus sangat penting sebagai tahap pengembangan keterampilan menulis Si Kecil.

Ayah dan Bunda hanya perlu menyiapkan crayon, pensil, dan kertas.

Untuk Mengembangkan Kecerdasan dan Karakter Siswa, Anda bisa Mengajak Siswa Membaca Buku Cetak (Dongeng, Kisah Nabi, dan Aktivitas Anak) karya Bapak Andi Tari dan Tim Educa Studio. Silakan klik DI SINI.

 

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Mintalah Si Kecil untuk membuang sampah di tempat sampah, mencuci tangan sebelum makan, menempatkan sepatu di rak sepatu, dan pembiasaan lain yang berhubungan dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan.

Selain penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, pembiasaan ini juga bisa mengembangkan empati dan membuat Si Kecil semakin terampil dalam mengikuti instruksi.

Pergi Ke Toilet Secara Mandiri

Toilet training adalah salah satu keterampilan yang akan diajarkan di sekolah. Namun, Ayah dan Bunda bisa mengajarkannya kepada Si Kecil saat berada di rumah.

Keterampilan ini bermanfaat untuk mengembangkan kemandirian, empati, dan sikap peduli pada kebersihan serta kesehatan.

Pembiasaan Antri

Salah satu pembiasaan mengantri saat berada di rumah adalah saat hendak pergi ke toilet. Berikan nasihat kepada Si Kecil agar ia bisa bersabar saat mengantri.

Berikan penjelasan kepada Si Kecil bahwa kesabaran saat mengantri bisa membuatnya semakin disayang teman dan menciptakan suasana damai dalam pertemanan.

KABI (Kisah Nabi): Kini Hadir di Vidio.com. Silakan klik DI SINI.

 

Merapikan Mainan

Merapikan kembali mainan yang telah selesai dimainkan adalah pembiasaan yang bisa mengembangkan karakter bertanggung jawab dan sikap peduli pada sesama.

Pembiasaan ini juga berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mainan terinjak atau bisa melukai orang lain.

Dapatkan Aneka Mainan dan Alat Peraga Edukasi di: TOKO MARBEL JUNIOR

 

Ajak Bersosialisasi

Ajak Si Kecil untuk bergaul dengan teman-teman lainnya, misalnya dengan anak-anak tetangga atau anak-anak dari saudara.

Bila perlu undang mereka ke rumah untuk bisa beraktivitas makan bersama, bermain bersama, atau memasak bersama, agar ia semakin terampil dalam bersosialisasi dan semakin memahami cara berperilaku yang baik dengan sesama.

Baca juga: Aktivitas di Satuan PAUD untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial-Emosional


Belajar dari Benda-Benda Sekitar

Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil menghitung boneka yang ia miliki. Apa saja warna mainan mobil yang sering dimainkan di rumah. Apa saja bentuk-bentuk benda di sekitar, misalnya meja, jam, hula-hoop, dan lainnya.

Pembiasaan ini bisa mengembangkan kognitif dan memperkaya pengetahuan umum Si Kecil.

Membaca Buku Dongeng

Ayah dan Bunda bisa membacakan buku dongeng bagi Si Kecil agar ia semakin memiliki daya ingat yang kuat, kosakata yang semakin kaya, dan keterampilan bahasa yang semakin baik. Dongeng juga bisa mengembangkan karakter Si Kecil.

BUKU DIGITAL: Media Belajar yang Bisa Dibaca Kapan Saja dan Di Mana Saja.

Memberikan Kesempatan Membuat Keputusan

Berikan kesempatan kepada Si Kecil agar bisa membuat keputusan secara mandiri, misalnya saat memilih baju yang ia kenakan, menu makan malam, rencana liburan, dan lainnya.

Pembiasaan ini bisa membuat Si Kecil semakin berani membuat keputusan, percaya diri berpendapat, dan memiliki sikap terbuka.

Program AFILIASI EDUCA menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki.

Semoga liburan akhir tahun ajaran 2023 menjadi lebih menyenangkan karena Ayah dan Bunda bisa mendampingi Si Kecil dalam melakukan aktivitas yang positif dan edukatif. Semoga bermanfaat!


Sumber Referensi:

1. Education.gov.scot. (2022). Learning at home home learning environment [1]

2. Freepik.com. (2022). Little boy drawing white paper with enjoying [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.