Top

LIFE SKILLS PENTING bagi Anak PAUD dan Cara Mengajarkan di Rumah

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

05 Ags 2023

  |  

Edukasi

Life skills adalah salah satu hal yang penting untuk diajarkan di satuan PAUD. Namun, akan lebih baik lagi bila Ayah dan Bunda juga mengajarkan life skills kepada Si Kecil di rumah.

Dilansir dari Arcadiamontessoripreschoolacademy.com, dijelaskan bahwa life skills adalah “instrumen penting” bagi perkembangan anak-anak, misalnya keterampilan berpikir secara mandiri, cara bersosialisasi, menjalin pertemanan baru dan berkolaborasi, serta kemampuan dalam membuat pilihan yang tepat dalam situasi di mana orang tua atau guru mungkin tidak ada untuk membantu atau mengintervensi.

Agar Si Kecil semakin tumbuh menjadi anak yang mandiri dan berkarakter, Ayah dan Bunda bisa mengajarkan aneka life skills melalui aneka kegiatan harian. Beberapa kegiatan tersebut antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Badan

Anak-anak zaman now paling suka memainkan gadget. Ayah dan Bunda perlu mengajarkan kepada Si Kecil agar bisa menggunakan perangkat ini secara bijak. Berikan pengertian kepada Si Kecil agar ia melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga atau bermain di luar rumah.

Bimbing Si Kecil agar ia memiliki jadwal istirahat yang teratur. Kualitas istirahat atau tidur Si Kecil bisa membawa dampak positif bagi kecerdasan serta kesehatannya.

Baca juga: Siapa Sangka, Kualitas Tidur Bisa Tingkatkan Prestasi

Secara bertahap, Si Kecil juga perlu belajar cara mandi, gosok gigi, cuci tangan, dan cara menjaga kesehatan badan lainnya.

2. Mencuci Pakaian

Mencuci baju adalah salah satu kecakapan yang perlu diajarkan sejak anak berusia 6 tahun. Ayah dan Bunda bisa mengajarinya secara bertahap dan dengan cara yang menyenangkan.

Paling tidak, mereka tahu cara melipat baju, merapikan baju di lemari baju, dan cara mengoperasikan mesin cuci.

3. Memasak Makanan yang Simpel

Ada beberapa jenis makanan yang simpel untuk dibuat atau dimasak oleh anak-anak, misalnya:

  • Salad Buah
  • Telur Orak-Arik
  • Telur Gulung
  • Donat Sate
  • Sosis Goreng
  • Sandwich
  • Sarden
  • Pempek Siap Saji

Baca juga: Ternyata Belajar Masak Bisa Tingkatkan 7 Soft Skills Penting

Di zaman sekarang banyak jenis makanan yang siap saji. Ayah dan Bunda hanya perlu mengajarkan tehnik dasar menggoreng dan merebus saja. Ajarkan cara memasak ini secara bertahap dan dengan pendampingan Ayah dan Bunda.

Bila Si Kecil dirasa belum siap untuk belajar memasak, Ayah dan Bunda bisa mengajarinya cara menyajikan makanan, mencuci alat makan, merapikan piring, dan lainnya.

Belajar TK PAUD Bersama Marbel: Membantu Mengembangkan Kecerdasan dan Keterampilan Anak PAUD

4. Menulis Pesan

Ayah dan Bunda perlu mengajarkan cara menulis pesan dengan sopan, misalnya dengan menulis ucapan salam pembuka, menulis pesan dengan kata-kata yang sopan, menulis kata-kata penutup pesan, menulis cara meminta maaf dalam pesan singkat dan lainnya. Pembiasaan ini sangat bermanfaat agar Si Kecil tetap memiliki jejak digital yang baik sejak dini hingga ia berusia dewasa.

5. Mengobati Luka

Ayah dan Bunda tidak perlu panik saat Si Kecil terluka. Hal ini akan menjadi teladan yang baik agar ia bisa bersikap tenang, saat ia mengalami suatu musibah dan kejadian yang kurang menyenangkan.

Saat Si Kecil terluka dan mengeluarkan darah, Ayah dan Bunda bisa mengajarinya cara membersihkan luka, misalnya dengan mencucinya dengan air mengalir, dan mengeringkannya dengan handuk basah.

Setelah itu, bantu ia mengoleskan salep antibiotik dengan kapas dan menutup luka tersebut dengan perban atau kain kasa.

6. Membereskan Mainan

Setelah Si Kecil usai memainkan aneka mainannya, ajari Si Kecil cara membereskan mainan dengan cara mengembalikan mainan-mainan tersebut ke tempat semula. Ajarkan pula kepada Si Kecil cara membersihkan mainan, misalnya dengan kemoceng atau kain lap.

Ajarkan pula kepada Si Kecil cara mencuci mainan berbahan plastik, agar tetap higienis dan aman untuk dimainkan. Pembiasaan ini sangat baik untuk menumbuhkan karakter kemandirian Si Kecil.

7. Berkebun

Kegiatan berkebun bermanfaat untuk mengembangkan empati Si Kecil pada alam semesta dan semua ciptaan Tuhan. Kegiatan berkebun juga menyehatkan tubuh dan bisa memperkuat imun.

Baca juga: Manfaat Kegiatan Merawat Tanaman Bagi Anak Usia Dini

Berikan area tersendiri bagi Si Kecil, agar ia bisa dengan leluasa merawat tanaman favoritnya secara mandiri. Sediakan pula alat berkebun yang aman, khusus buat Si Kecil. Agar Si Kecil tidak merasa bosan, Ayah dan Bunda juga bisa mengajaknya beraktivitas yang menyenangkan saat ia berkebun, misalnya dengan mengajaknya bermain tebak-tebakan, menggambar tanaman, dan lainnya.

Itulah aneka macam aktivitas yang dapat mengembangkan life skills Si Kecil. Semoga bermanfaat bagi Ayah dan Bunda dalam mendidik Si Kecil agar semakin tumbuh menjadi anak yang cerdas dan mandiri.


Sumber Referensi:

1. Arcadiamontessoripreschoolacademy.com. (2022). Importance of life skill based education for kids [1]

2. Freepik.com. (2022). Asian family mom child enjoy cooking salad together kitchen room home [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.