Top

9 Aktivitas PAUD Heboh untuk Belajar Topik Kegemaranku

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

05 Ags 2023

  |  

Edukasi

Setiap siswa TK - PAUD tentu memiliki hobi atau kegemaran. Kegemaran yang terus diasah bisa berkembang menjadi cita-cita. Misalnya, ada seorang siswa yang gemar bersepeda. Bila ia terus didukung, baik oleh orang tua maupun guru, pasti ia akan menjadi semakin bersemangat dalam berlatih. Siapa tahu, suatu saat nanti ia bisa menjadi seorang atlit sepeda yang handal dan bisa mengharumkan nama bangsa.

Belajar TK PAUD Bersama Marbel: Aplikasi Sederhana yang Sudah Diunduh Jutaan Anak Indonesia.

 

Berikut ini adalah aneka media pembelajaran untuk siswa TK - PAUD yang  heboh dan seru, serta bermanfaat untuk memperkenalkan hobi atau kegemaran. Penulis mengelompokkan aktivitas ini berdasarkan jenis kegemaran yang perlu diperkenalkan kepada siswa.

1. Merawat Hewan

Kegemaran merawat hewan bermanfaat untuk mengasah jiwa empati, daya imajinasi, dan kedekatan secara emosional anak kepada hewan serta alam semesta ciptaan Tuhan. Siswa yang menyukai hewan tertentu dan tekun merawatnya bisa membuat anak memiliki kemampuan fokus yang baik.

Salah satu media belajar yang menyenangkan untuk memperkenalkan hobi merawat hewan adalah mengajak siswa bernyanyi Lagu KUCINGKU.

Baca juga: RPP PAUD Tema Diri Sendiri (Diriku) Subtema Identitas Diriku

2. Bersepeda

Siapa tidak suka bersepeda? Hampir setiap orang, terutama siswa usia TK - PAUD biasanya sangat menyukai aktivitas ini. Selain bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, aktivitas atau hobi ini juga bisa membuat tubuh menjadi sehat serta bugar.

Lagu KRING KRING KRING ADA SEPEDA adalah salah satu media yang menarik untuk mengajarkan kegemaran ini.

3. Berkebun

Aktivitas berkebun atau merawat kebun adalah satu aktivitas yang menyehatkan badan. Saat berkebun, anak akan beraktivitas secara fisik. Aktivitas ini juga bisa membuat tubuh berkeringat, sehingga sangat baik untuk menjaga kestabilan tubuh anak. Jiwa empati anak juga akan berkembang saat melakukan aktivitas ini.

Ajak anak bernyanyi Lagu LIHAT KEBUNKU saat mengajak anak belajar tentang kegemaran ini. Anak-anak pasti suka dan tambah bersemangat.

4. Jalan-Jalan

Jalan-jalan keliling kota adalah salah satu kegiatan yang memiliki nilai hiburan dan menyehatkan badan. Biasanya anak-anak usia PAUD - TK suka jalan-jalan ke mall, kebun binatang, dan tempat wisata lainnya. Anak-anak bisa menaiki aneka kendaraan untuk menunju ke setiap tempat wisata, salah satunya dengan menaiki delman.

Ajak anak bernyanyi Lagu NAIK DELMAN agar kegiatan pembelajaran tentang hobi jalan-jalan menjadi lebih menyenangkan.

5. Bermain Alat Musik

Musik adalah satu aktivitas yang menyenangkan. Selain bisa dilakukan sebagai hobi, aktivitas ini bisa menjadi aktivitas yang bermanfaat untuk mengembangkan diri. Banyak musisi meraih prestasi karena hobi bermain musik.

Salah satu media menarik untuk memperkenalkan aneka hobi yang berhubungan dengan bermain alat musik adalah mengajak mereka bernyanyi Lagu ALAT MUSIK.

Baca juga: 15 Manfaat Bermain Musik bagi Perkembangan Anak 

6. Berbelanja

Belanja adalah kegemaran yang tidak hanya disukai oleh “emak-emak”. Anak-anak juga menggemarinya. Anak-anak bisa belajar mengenal aneka barang kebutuhan, nilai mata uang, dan aneka profesi saat kita mengajak mereka berbelanja di supermarket.

Media bermain dan belajar menarik untuk anak yang hobi berbelanja adalah aplikasi gim MARBEL SUPERMARKET

Baca juga: RPP PAUD Tema Diriku Subtema Makanan Sehat

8. Pencak Silat

Pencak silat adalah salah satu cabang olahraga kebanggan bangsa Indonesia. Siswa TK - PAUD bisa belajar mengenal cabang olaharaga ini dengan media dongeng berjudul LEGENDA SI PITUNG


9. Mengenal Aneka Hobi dengan Membuat Kerajinan Tangan

Membuat kreasi kerajinan tangan adalah salah satu hobi yang menarik dan menyenangkan bagi anak PAUD. Aktivitas ini bisa bermanfaat pula untuk memperkenalkan aneka kegemaran atau hobi. Beberapa hobi yang bisa diajarkan kepada siswa dengan cara membuat kreasi kerajinan tangan antara lain:

  • Membaca: Membuat kreasi anak membaca dengan bahan origami.
  • Bersepeda: Membuat bentuk sepeda dari bahan sedotan dan kertas origami.
  • Sepak bola: Membuat bentuk bola dari bahan sedotan plastik.
  • Membaca buku: Membuat buku cerita dari bahan kertas HVS bekas.
  • Makan es krim: Membuat bentuk es krim dari bahan stik es krim dan kertas origami.

Ativitas yang variatif dan kreatif akan membuat siswa PAUD - TK menjadi lebih bersemangat dalam bermain seraya belajar. Semoga media belajar serta mengajar di atas bermanfaat bagi Pendidik anak usia dini.

Lembar Kerja Anak - Educa Studio: Bisa Diunduh GRATIS, Serta Bisa Dikerjakan Anak Secara PRAKTIS

 


Sumber Referensi: 

1. Freepik.com. (2022). Little cute girl playing guitar smiling music class room [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.