Top

Kembangkan Kemandirian Anak Usia Dini dengan Riri Cerita Anak Interaktif dari Educa Studio

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

24 Sep 2024

  |  

Edukasi

Kemandirian anak usia dini menjadi salah satu poin penting yang juga harus diprioritaskan orang tua saat mendidik anak-anak mereka. Karena secara langsung atau tidak, hal tersebut pasti memengaruhi masa depan mereka.

Dikutip dari buku Pendidikan Anak Usia Dini (2021) oleh Ahmad Susanto, kemandirian anak adalah kemampuan anak untuk menentukan pilihan yang dianggapnya benar, termasuk bagaimana ia bertanggung jawab atas pilihan tersebut.

Sebenarnya, kemandirian anak dapat terlihat ketika mereka mampu menggunakan akal budi dan pemikirannya sendiri, mampu mengambil keputusan dengan tepat, serta siap menerima konsekuensi dari pilihannya tersebut.

Cara membangun kemandirian anak

Dalam situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), dituliskan beberapa cara membangun kemandirian anak, yaitu:

  • Beri kepercayaan dan kesempatan kepada anak untuk melakukan beberapa hal sendiri
  • Ciptakan lingkungan yang aman bagi anak untuk mencoba
  • Dampingi anak selama proses pengembangan kemandirian
  • Berikan apresiasi kepada anak, tiap kali mereka berhasil menyelesaikan sesuatu.

Erik Erikson, psikolog asal Jerman, menyebut bahwa anak mulai merasa punya hak untuk melakukan beberapa hal sendiri, di usia 1 sampai 3 tahun. Kemudian di usia 4 hingga 6 tahun, mereka baru mulai berani mengambil inisiatif sendiri untuk mengerjakan berbagai hal.

Karena kemandirian anak usia dini menjadi salah satu hal terpenting yang harus ditanamkan, orang tua harus bisa melatih anak mereka untuk mandiri. Salah satunya dengan mengajak mereka membaca cerita yang dapat mengembangkan kemandirian mereka.

Riri Cerita Anak Interaktif menjadi solusi yang ditawarkan Educa Studio untuk mendampingi orang tua melatih kemandirian anak, merangsang kreativitas, serta pembentukan karakter yang baik, lewat ratusan cerita menarik.

Salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini, yaitu melatihnya bertanggung jawab. Orang tua bisa membebaskan anak untuk memilih dan memutuskan cerita atau aktivitas permainan mana dalam gim Riri yang akan diaksesnya terlebih dahulu.

Orang tua bisa mengajarkan tanggung jawab kepada anaknya dengan meminta mereka menyelesaikan satu cerita atau aktivitas permainan terlebih dahulu, sebelum beralih ke aktivitas lainnya. Jika dilakukan secara konsisten, hal-hal kecil seperti ini akan berbuah besar pada kemandirian mereka.

Selain tanggung jawab, sebenarnya melalui hal tersebut, orang tua juga dilatih untuk memberi kepercayaan dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam anak mereka.

Jadi, dengan gim Riri Cerita Anak Interaktif, orang tua bisa melakukan beberapa hal di bawah ini sebagai salah satu cara mengembangkan kemandirian anak, yaitu:

  • Membebaskan anak untuk memilih mana bacaan atau permainan yang akan diaksesnya terlebih dahulu
  • Mengajarkan anak bertanggung jawab dengan mengajak mereka menyelesaikan satu cerita atau permainan, sebelum beralih ke hal lainnya
  • Mendampingi anak secara konsisten dan tanpa paksaan selama aktivitas itu berlangsung
  • Mengapresiasi anak setelah berhasil menyelesaikan satu cerita atau permainan dalam gim Riri Cerita Anak Interaktif.

Manfaat Riri bagi kemandirian anak usia dini

Sebagai media cerita anak interaktif, Riri punya beberapa manfaat penting. Yuk, kita simak beberapa manfaat Riri bagi kemandirian anak usia dini!

  • Meningkatkan kepercayaan diri anak

Kepercayaan diri anak akan bertumbuh, karena mereka dimampukan untuk memilih berbagai cerita dan aktivitas. Dengan begitu, mereka lebih percaya diri terhadap kemampuannya.

  • Mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan

Aktivitas interaktif dalam gim Riri Cerita Anak Interaktif mendorong anak untuk berani membuat pilihan, bertanggung jawab, dan siap mengambil konsekuensinya.

  • Mendorong kreativitas

Riri Cerita Anak interaktif membantu anak berkreasi dan berimajinasi. Sehingga mereka bisa mengekspresikan dirinya dengan cara yang unik juga bebas.

  • Membangun tanggung jawab

Riri mengajarkan anak cara bertanggung jawab dan berkomitmen. Ketika memilih satu cerita atau aktivitas permainan, mereka harus bertanggung jawab menyelesaikannya.

Gim Riri Cerita Anak Interaktif menjadi alat yang efektif dalam membangun kemandirian anak. Kontennya yang beragam dan interaktif, juga desainnya yang ramah anak, pasti akan memberi pengalaman belajar yang mendidik serta menyenangkan.

Mari dukung anak-anak, masa depan Indonesia, menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab, mandiri, dan kreatif bersama Riri Cerita Anak Interaktif. Guna mewujudkannya, Educa Studio terbuka terhadap semua peluang kerja sama atau kolaborasi dengan berbagai pihak.

Untuk informasi lebih lanjut soal kolaborasi atau kerja sama dengan Educa Studio, dapat menghubungi cs@educastudio.com.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio