Top

Tingkatkan Interaktivitas Proses Belajar Anak dengan Gim Edukasi Marbel TK PAUD

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

23 Sep 2024

  |  

Edukasi

Dewasa ini, interaktivitas menjadi hal yang paling lumrah dilakukan dalam proses belajar. Interaktivitas dapat melahirkan proses belajar yang interaktif, karena dipadukan dengan penggunaan teknologi serta media pendidikan yang sesuai. 

Adapun, proses belajar yang interaktif atau pembelajaran interaktif adalah proses belajar yang menghadirkan partisipasi aktif dari siswa. Jadi, guru dan siswa sama-sama terlibat langsung dalam kegiatan belajar.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), pembelajaran interaktif adalah teknik pembelajaran di mana guru berupaya menciptakan situasi interaktif yang edukatif antara guru dan siswa. Salah satu contoh proses belajar yang interaktif dalam kelas, yakni kuis. Misal, guru meminta siswa untuk mengikuti kuis dengan menjawab pertanyaaan nama-nama hari dan bulan.

Namun, seiring berjalannya waktu juga perkembangan teknologi, proses belajar yang interaktif hadir dengan bantuan teknologi dan media pendidikan.

Menurut Aisyah Ali, dkk dalam buku Media Pembelajaran Interaktif (2024), salah satu contoh media pembelajaran interaktif adalah gim edukasi yang dirancang khusus dengan memadukan proses belajar dan permainan.

Jika dibandingkan dengan media pembelajaran interaktif lainnya, bisa dibilang, gim edukasi cukup efektif. Karena gim edukasi mampu menjangkau banyak kalangan, dan bisa diakses di mana dan kapan saja, tanpa batasan waktu dan ruang.

Salah satu contoh gim edukasi yang cocok dan tepat digunakan oleh anak TK (Taman Kanak-kanak) dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah Marbel TK PAUD.

Mengapa? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Interaktivitas dalam gim edukasi Marbel TK PAUD

Dikutip dari buku Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif (2017) oleh Wandah Wibawanto, interaktivitas adalah proses interaksi antara dua orang atau lebih, di mana kedua pihak punya kontrol yang sama.

Interaktivitas bisa terjadi secara tatap muka (bertemu langsung), menggunakan media (saling terhubung lewat perangkat teknologi), dengan bantuan perangkat multimedia (manusia bisa memasukkan perintah, sehingga mengubah isinya).

Gim edukasi termasuk jenis interaktivitas yang terhubung dengan bantuan perangkat multimedia. Karena pengguna bisa memasukkan perintah, sehingga secara tidak langsung mengubah isi permainannya. Misal, pengguna bermain gim edukasi, dan ternyata jawaban yang dimasukkan salah. Secara tidak langsung, hal itu akan mengubah isi gim, seperti berkurangnya skor (poin) atau game over.

Berkaitan dengan hal itu, gim edukasi Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) TK PAUD atau Belajar TK PAUD Bersama Marbel, memiliki unsur interaktivitas di dalamnya, yang memungkinkan anak berinteraksi dengan konten gimnya. Beberapa contoh interaksi yang berlangsung dalam gim edukasi Marbel TK PAUD adalah:

  • Anak bisa menyentuh atau menekan karakter dalam gim, sehingga bergerak atau mengeluarkan suara
  • Untuk mendapat informasi, anak bisa menyentuh perintah yang ditampilkan
  • Anak belajar mengoperasikan berbagai permainan dalam gim Marbel TK PAUD
  • Untuk melatih ketangkasan, anak bisa mengeksplorasi keseluruhan isi gim.

Guna mendukung tercapainya interaktivitas dalam proses belajar anak, ada beberapa kriteria gim edukasi yang wajib dipenuhi. Dalam buku Berpikir Kritis dengan Game Edukasi (2023) karya Samin, dituliskan beberapa kriteria gim edukasi yang baik, yaitu:

  • Desainnya menarik dan relevan dengan usia anaknya
  • Memuat materi pelajaran dan pertanyaan sebagai bahan evaluasi
  • Mudah diakses oleh guru, orang tua, maupun anak
  • Dapat memberi manfaat edukasi kepada anak.

Sebagai gim edukasi yang sudah memperoleh banyak penghargaan baik nasional maupun internasional, Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel) telah memenuhi semua kriteria yang telah disebutkan di atas.

Desain atau tampilan gim Marbel TK PAUD sangat menarik dan cocok untuk anak usia 2 hingga 6 tahun. Tampilannya yang ceria dan berwarna-warni jelas menyenangkan hati anak yang memainkannya.

Belajar TK PAUD Bersama Marbel berisi materi pelajaran dan pertanyaan atau soal yang bisa dijadikan bahan evalusi. Beberapa materi belajar yang disuguhkan dalam gim ini, antara lain belajar huruf, angka, bentuk, benda, buah, dan sayur.

Karena ditujukan untuk anak usia 2 hingga 6 tahun, gim edukasi Marbel TK PAUD dirancang sedemikian rupa agar mudah diakses anak-anak, orang tua, dan guru. Desain perintah yang jelas dan tidak rumit memudahkan mereka, khususnya anak-anak untuk mengakses konten yang ada.

Terakhir, gim edukasi Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) TK PAUD memberi manfaat edukasi yang nyata bagi anak-anak. Setelah mengakses dan memainkannya, keterampilan kognitif dan kreativitas anak akan bertambah.

Gim Marbel TK PAUD tidak hanya berupaya meningkatkan interaktivitas proses belajar anak dengan cara yang menyenangkan, namun, juga berkontribusi terhadap bertambahnya keterampilan kognitif, sosial, juga kreativitas mereka.

Unduh gim Belajar TK PAUD Bersama Marbel hanya di Google Play Store dan iOS sekarang!

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio