Top

Kegiatan Fun-Educative PAUD untuk Meriahkan HUT Kemerdekaan RI 2023

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

17 Juli 2023

  |  

Edukasi

Kegiatan yang Fun-Educative sangat dibutuhkan oleh siswa PAUD - TK. Apalagi, sebentar lagi seluruh rakyat Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan RI. Para siswa akan diajak untuk melakukan aneka kegiatan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Beberapa kegiatan yang bisa memeriahkan acara ini antara lain:

Film Marbel PEMADAM KEBAKARAN: Menumbuhkan Sifat Kepahlawanan dan Cinta Kemanusiaan

 

1. Peragaan Busana

Peragaan busana bermanfaat untuk mengembangkan karakter percaya diri siswa. Aneka pakaian adat yang bisa dipilih oleh masing-masing siswa juga akan menambah rasa cinta tanah air siswa.

Acara ini bisa diadakan di dalam kelas. Dalam acara ini, setiap siswa diberi kesempatan untuk belajar berjalan layaknya peragawan dan peragawati dan di hadapan teman-teman yang lain. Guru kelas bisa membimbing dan mendampingi para siswa-siswi. Setiap siswa juga diperbolehkan menunjukkan kebolehan mereka, sesuai bakat dan keterampilan yang ia kuasai.

Guru juga boleh menyeleksi siswa-siswi terbaik dan berbakat dalam peragaan busana dan unjuk talenta. Siswa-siswi yang juara akan mendapatkan kesempatan untuk tampil di acara sekolah yang lebih besar, misalnya di panggung kesenian.

Untuk Mengembangkan Kecerdasan dan Karakter Siswa, Anda bisa Mengajak Siswa Membaca Buku Cetak (Dongeng, Kisah Nabi, dan Aktivitas Anak) karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio. Silakan klik DI SINI.

 

2. Mendekorasi Kelas dengan Tema Kebangsaan

Mendekorasi kelas adalah aktivitas yang menyenangkan. Tema yang diusung tentu saja adalah kebangsaan dan nasionalisme. Siswa bisa mendekorasi kelas dengan hiasan bendera yang digantung, bendera yang ditempel, dan hiasan lain dengan warna merah putih. Siswa juga diperbolehkan membuat hiasan dengan tema budaya Indonesia.

Kelas juga bisa dihiasi dengan aneka gambar lucu agar pemandangan kelas menjadi lebih menarik. Beberapa bentuk gambar menarik dan lucu bisa ditemukan di dalam KOLEKSI LKA GRATIS dari Educa Studio.

LKA GRATIS: Lembar Kerja Anak untuk Anak TK dan PAUD (Selalu Update)

 

3. Kegiatan Memasak Bersama

Kegiatan ini bisa dilakukan bersama orang tua siswa. Setiap siswa diperbolehkan membawa alat masak sendiri, sehingga bisa berkolaborasi dengan orang tua siswa lainnya. Jenis masakan yang dibuat adalah aneka jenis makanan tradisional yang berasal dari Indonesia.

Dengan mengenal aneka makanan tradisional Indonesia, para siswa akan semakin bangga memiliki bangsa yang kaya akan budaya yang majemuk. Kegiatan memasak bersama orang tua juga bisa memperkuat bonding orang tua dan anak.

Koleksi Lagu Anak (KOLAK) Tematik TK dan PAUD: Lengkap, Asyik, Ramah Anak

 

4. Karnaval Sepeda Hias

Sepeda hias bisa dilakukan di rumah maupun di sekolah. Siswa diberi kesempatan untuk menghias sepeda di rumah. Siswa diminta untuk mengambil gambar (memfoto) atau mengambil video dari sepeda yang telah selesai dihias. Bila tempat tinggal siswa letaknya tidak terlalu jauh dari sekolah, siswa diperbolehkan membawa sepedanya ke sekolah.

Menghias sepeda bermanfaat untuk mengasah kreativitas dan mengembangkan imajinasi anak.

MAU PENGHASILAN TAMBAHAN?
Program Afiliasi Educa Studio menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki.

 


Baca juga:
1. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Ekspresi Wajahku, Diriku - MPLS / Orientasi Sekolah - Kurikulum Merdeka Belajar
2. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik: Gerakan Tubuhku, Diriku - MPLS / Orientasi Sekolah - Kurikulum Merdeka Belajar

5. Mengadakan Acara Quiz

Acara quiz bisa diadakan di dalam ruang kelas. Siswa bisa dibagi menjadi beberapa kelompok. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan adalah seputar kebudayaan Indonesia, bangsa Indonesia atau perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Aplikasi Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

 

6. Menonton Film Bersama

Guru bisa mengajak siswa untuk menonton film bertemakan perjuangan melawan penjajahan. Salah satu film yang paling terkenal dan banyak ditonton oleh ratusan ribu anak Indonesia berjudul “Si Pitung”.

Film ini menceritakan keberanian Si Pitung dalam melawan penjajah dan membela kebenaran. Film ini bisa membangkitkan semangat siswa untuk berjuang membela yang benar dan meningkatkan semangat nasionalisme.

MAU PENGHASILAN TAMBAHAN?

Program Afiliasi Educa Studio menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki.

 

Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Two little girls standing red shirt red white attribute holding red white flags [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.