Top

Anak Usia 1 Tahun Perlu Belajar Melakukan 10 Pembiasaan Penting Ini di Rumah

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

20 Jan 2024

  |  

Parenting

Anak usia 1 tahun adalah salah satu usia dimana anak sedang dalam masa usia emas. Anak. Ayah Bunda perlu mengajak Si Kecil untuk melakukan aneka pembiasaan di rumah dalam keseharian, agar ia semakin tumbuh optimal dalam segala potensi yang dimiliki.

Si Kecil perlu melakukan variasi aktivitas yang bertujuan untuk melatih keterampilan motorik, bahasa, sosial, dan beragam keterampilan lainnya. Inilah beberapa pembiasaan yang bisa dilakukan Ayah Bunda bersama Si Kecil di rumah.

Aplikasi Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

 

1. Rutin Mengajak Berbicara

Si Kecil perlu diajak berbicara agar kecerdasan bahasanya semakin berkembang. Gunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami, serta kalimat yang tidak terlalu panjang. Lakukan hal ini saat Si Kecil beraktivitas, misalnya saat bermain bersama, makan, mandi, dan lainnya.

Baca juga: MUDAH BANGET: Tingkatkan LITERASI BAHASA Anak Usia 1 Tahun dengan 13 KEGIATAN SEHARI-HARI

2. Mengajarkan Merangkak

Proses belajar merangkak adalah salah satu langkah penting dalam perkembangan motorik dan kognitif Si Kecil. Merangkak bisa membantu memperkuat otot dan meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Merangkak juga dapat mengembangkan keseimbangan dan koordinasi geraknya.

3. Mengajarkan Menggenggam Benda

Aktivitas ini bisa melatih perkembangan motorik halus, perkembangan koordinasi mata serta tangan, dan perkembangan koordinasi indera peraba.

Bila Ayah Bunda secara rutin mengajarkan hal ini, Si Kecil dapat berlatih kemandirian dan penguatan otot tangan.

4. Membacakan Buku

Ayah Bunda bisa membacakan buku-buku yang sesuai dengan usia Si Kecil. Ciri-ciri buku yang cocok untuk anak usia 1 tahun antara lain memiliki gambar sederhana, besar, jelas, serta berwarna. Sedangkan tulisannya biasanya sangat minimalis (tidak terlalu panjang) atau bahkan tidak ada tulisan sama sekali, sehingga Ayah Bunda bisa menceritakan isi buku sesuai dengan imajinasi Anda.

Pastikan pula bahwa saat membacakan buku, Ayah Bunda membacakannya dengan penuh kesabaran, perhatian, dan kasih sayang. Carilah suasana ruangan yang tenang dan biarkan Si Kecil mengemukakan pendapatnya. Pastikan Anda membacakannya dengan penuh semangat dan hati gembira, agar Si Kecil benar-benar menikmatinya.

5. Pola Tidur yang Baik

Ayah Bunda bisa membantu Si Kecil agar memiliki pola tidur yang baik, sehingga perkembangan otak bisa bertumbuh dengan baik. Si Kecil membutuhkan waktu tidur kira-kira 11 hingga 14 jam dalam satu hari.

Pastikan Si Kecil memiliki waktu tidur siang yang cukup, yaitu selama 2 hingga 3 jam, dan terbagi menjadi dua sesi tidur. Perhatikan pula suasana kamar nyaman, aman, dan tenang agar Si Kecil bisa tidur dengan nyenyak.

6. Bermain Bentuk dan Warna

Menggambar dan mewarnai adalah salah satu kegiatan yang paling sederhana dan menyenangkan. Pastikan objek yang digambar dan mewarnai memiliki bentuk yang beraneka ragam.

Aktivitas lain untuk bermain bentuk dan warna antara lain puzzle, menebak bentuk serta warna benda di sekitar, dan permainan lainnya. Berikan pujian dan dorongan untuk setiap perkembangan baik Si Kecil, meskipun itu adalah hal-hal yang sangat sederhana.

Baca juga: Aneka Permainan Lengkap untuk Mengeksplorasi Warna

7. Bersosialisasi

Ajak Si Kecil untuk melakukan aktivitas bersama teman sebaya, baik aktivitas yang bersifat individu maupun berkelompok. Agar semakin luas kesempatan untuk bisa mendapatkan teman baru, Si Kecil bisa diajak bermain di taman bermain atau arena olahraga.

Saat ada “kondangan” dan acara keluarga besar, Ayah Bunda juga bisa mengajak Si Kecil untuk ikut hadir.

8. Melatih Kebersihan dan Kesehatan Diri

Ayah Bunda bisa mengajarinya cara mencuci tangan, cara mandi, cara sikat gigi, cara makan yang sopan dan lainnya. Ajarkan pula kepada Si Kecil agar mengenakan masker saat berada di tempat-tempat umum.

9. Berlatih Cara Menyelesaikan Masalah

Ajarkan kepada Si Kecil tentang cara menyelesaikan masalah saat ia bermain, ngobrol, dan beraktivitas bersama dalam hidup sehari-hari.

Beberapa pembiasaan sehari-hari untuk melatih keterampilan memecahkan masalah antara lain:

  • Memberikan pilihan sederhana, contohnya, “Apakah Adik ingin mengenakan batik atau baju berwarna biru?”
  • Memberikan aktivitas menyortir, contohnya, “Adik, ayo mainan boneka-bonekaan dan hewan-hewanan silahkan dibereskan agar sesuai dengan instruksinya sendiri.
  • Berbicara tentang Pengalaman Sehari-hari, contohnya, “Apa yang biasanya Anda makan di siang bolong?”

10. Mengembangkan Kreativitas

Ajak Si Kecil untuk membuat seni kerajinan tangan dengan bahan yang murah, praktis, dan aman.

Setiap anak memiliki pribadi yang unik dan membutuhkan pola yang berbeda dalam pengasuhan. Pastikan Si Kecil senang saat melakukan aneka aktivitas dan pembiasaan di atas, sehingga ia akan semakin tumbuh optimal.


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Young mother playing with lovely son bedroom [1]

2. Goodhousekeeping.com. (2022). Activities for one year olds [2]

3. Healthline.com. (2022). Activities for year olds [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.