Top

Kegiatan Anak Seru Tema Kehidupan Hewan di Lautan untuk PAUD Usia 4-5 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

20 Jan 2024

  |  

Edukasi

Kegiatan seru untuk anak PAUD dengan tema kehidupan hewan di lautan, terutama yang berusia 4-5 tahun, diajarkan oleh guru di sekolah. Ayah Bunda juga bisa mengajarkan hal ini bersama Si Kecil.

Inilah variasi kegiatan seru tema kehidupan hewan di lautan untuk anak PAUD yang bisa diajarkan kepada Si Kecil yang berusia 4 tahun hingga 5 tahun di rumah.

1. Bernyanyi Lagu tentang Hewan Laut

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil bernyanyi lagu tentang hewan laut. Agar lebih seru, ajak Si Kecil melakukan gerak lagu dan menunjukkan gambar hewan sesuai syair lagu.

Ajarkan lagu tersebut secara berulang-ulang, dan diakhiri dengan melakukan tanya jawab sesuai dengan syair lagu yang baru saja dinyanyikan.

Temukan juga:

LKA : Mengelompokkan Hewan Merayap dan Berbulu
LKA : Mewarnai Komodo

2. Permainan Berlatih Daya Ingat

Permainan ini juga sering disebut sebagai permainan memori. Beberapa contoh permainan memori antara lain:

a. Menebak Kartu: Tunjukkan 3 gambar kartu yang berbeda. Lalu, kartu diletakkan di atas meja dengan posisi tertutup. Mintalah Si Kecil menebak setiap gambar kartu tersebut dengan tepat.

b. Puzzle Memori: Susunlah puzzle huruf dengan urutan susunan huruf, “B”, “C”, “L”, “N”. Lalu, acaklah susunan huruf tersebut. Si Kecil harus bisa menyusun kembali huruf tersebut dengan susunan huruf “B”, “C”, “L”, “N”. Bila ia berhasil menyusunnya, Ayah Bunda bisa menambahkan huruf dan membuat susunan huruf yang baru.

Koleksi Dongeng Fabel: Tersedia di Aplikasi RIRI (Cerita Anak Interaktif)

 

3. Mengerjakan Lembar Kerja Anak

Lembar Kerja Anak (LKA) bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan kognitif, melatih motorik halus, menstimulasi daya ingat, melatih kemandirian, dan mengembangkan kreativitas.

Beberapa Lembar Kerja Anak yang bisa diunduh gratis antara lain:

4. Mendongeng tentang Kehidupan Lautan

Kegiatan mendongeng untuk Si Kecil bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan bahasa, melatih keterampilan mendengarkan (fokus), menstimulasi daya imajinasi plus kreativitas, dan menanamkan nilai moral. Beberapa contoh judul dongeng yang paling disukai oleh anak Indonesia antara lain:

a. Raja Gurita yang Sombong

b. Aksi Para Raja Hutan

c. Asal Usul Ikan Duyung

5. Mencocokkan Gambar

Susunlah aneka gambar hewan laut di atas lantai. Lalu, mintalah Si Kecil menebak nama hewan laut tersebut, misalnya udang, gurita, kepiting, lumba-lumba, dan lainnya.

6. Membuat Seni Kerajinan Tangan

Keterampilan motorik halus sangat penting untuk dikembangkan bagi anak usia dini. Daya kreativitas, imajinasi, serta kemampuannya dalam menyelesaikan masalah juga perlu distimulasi. Kerajinan tangan atau craft adalah aktivitas kesukaan anak PAUD.

Beberapa contoh seni kerajinan tangan dengan tema kehidupan di laut antara lain:

a. Bermain Geometri dengan Tema Kehidupan di Lautan 

b. Membuat Maket Kehidupan Lautan

7. Bermain Tebak Hewan

Ajak Si Kecil menebak seekor hewan laut dengan menyebutkan beberapa “clues”, misalnya: kulitnya keras, berjalan ke arah samping, dan memiliki capit (jawaban: kepiting).

8. Belajar dengan Media Video Pendidikan

Ada banyak video pendidikan dengan tema hewan lautan yang bisa ditonton di platform Youtube. Ayah Bunda bisa memanfaatkan aneka video tersebut untuk mengajar tentang hewan lautan.

9. Belajar Suara Hewan

Suara aneka hewan yang hidup di laut juga bisa dipelajari lewat sarana video edukasi. Berikan kesempatan kepada Si Kecil untuk menonton video tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali. Lalu, tanpa menampilkan gambar videonya, mintalah Si Kecil mendengarkan suara setiap hewan dan menebak nama hewannya.

Ajak Pula Si Kecil Bernyanyi dan Belajar Suara Aneka Hewan dengan Lagu Di Bawah Ini:

 


10. Membuat Simulasi Akuarium

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil membuat simulasi akuarium dengan menggunakan barang-barang limbah, misalnya plastik, kertas, kardus, dan lainnya.

11. Puzzle tentang Hewan Laut

Sediakan aneka puzzle dengan tema hewan laut. Saat Si Kecil bermain puzzle, ia akan belajar mengembangkan kognitif, melatih motorik halus, meningkatkan keterampilan ruang, dan menstimulasi daya ingat.

Di era sekarang, ada banyak variasi permainan puzzle, antara lain: puzzle 3D, puzzle magnetik, puzzle berotasi / berputar, puzzle berbicara, puzzle tangram, dan lainnya.

12. Menghitung Hewan Laut

Untuk mengembangkan keterampilan berhitung dan mengenal angka, Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil bermain menghitung hewan laut.

13. Bermain Imajinasi

Dengan mengenakan perlengkapan menyelam tiruan, ajak Si Kecil bermain imajinasi. Sambil berpura-pura menyelam di bawah lautan, Si Kecil kita ajak menebak aneka hewan laut, misalnya dengan mengatakan, “Lihat, di sana ada hewan laut yang memiliki banyak tentakel. Ups… Ternyata ia menyemprotkan tinta ungu yang begitu pekat. Hewan apa itu ya?”

Anak-anak usia dini paling suka belajar sambil bermain atau melakukan aktivitas yang menyenangkan. Dengan aneka aktivitas yang variatif di atas, Si Kecil pasti tidak akan bosan belajar. Ia akan bersemangat bermain aneka aktivitas seru dengan sarana belajar kekinian. Semangat mencoba!

Sumber Referensi:

1. Firstcry.com. (2022). Sea animals for kids [1]

2. Teachingexpertise.com. (2023). Sea life activity [2]

3. Freepik.com. (2022). Sea animals play dough [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.