Top

Aktivitas Simpel Bulan Ramadan: Hanya Perlu Menyiapkan Papan Tulis dan Spidol

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

17 Apr 2023

  |  

Edukasi

Aktivitas yang simpel identik dengan aktivitas yang tidak membutuhkan perlengkapan yang terlalu banyak. Tempat yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas pun cenderung fleksibel, bisa dilakukan di dalam ruangan, apalagi di luar ruangan.

Aktivitas yang akan diajarkan di dalam artikel ini hanya membutuhkan satu buah papan tulis (whiteboard) dan sebuah spidol (whiteboard marker). Apa saja aktivitas yang bisa Ayah dan Bunda lakukan bersama Si Kecil hanya dengan memanfaatkan sebuah papan tulis dan spidol di bulan Ramadan ini?

 

Marbel Belajar Sholat merupakan aplikasi pendidikan untuk anak usia 4-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar tata cara sholat 5 waktu. Silakan unduh dengan klik gambar di atas.

1. Menyusun Huruf menjadi Kata

Ayah dan Bunda bisa menuliskan sebuah kata yang agak panjang (tersusun atar banyak huruf) di papan tulis, misalnya “mengagumkan”. Tugas Si Kecil adalah membuat kata yang lain dari susunan huruf “m-e-n-g-a-g-u-m-k-a-n.”

Beberapa kemungkinan kata yang bisa dibuat adalah akan, aum, mau, gagu, makan, dan lainnya. 

 

Aplikasi gim "Marbel Huruf" pendidikan yang membantu anak-anak dalam belajar mengenal huruf 'a' sampai huruf 'z'. Mencakup huruf besar dan huruf kecil. Silakan unduh dengan klik gambar di atas.

2. Memodifikasi Bentuk

Buatlah sebuah gambar bentuk di papan tulis, misalnya bentuk lingkaran. Kemudian, Ayah dan Bunda bisa meminta Si Kecil membuat aneka gambar bentuk yang lain dari sebuah lingkaran, misalnya gambar matahari, bumi, roda, dan lainnya.

Aplikasi gim Marbel Bentuk, bermanfaat untuk membantu anak-anak dalam belajar mengenal berbagai macam bentuk. Seperti persegi, bujur sangkar, segitiga, oval dan masih banyak lainnya. Ayo bunda, kita ajak anak-anak untuk belajar mengenal berbagai macam bentuk sejak dini. Unduh dengan klik gambar di bawah ini!

 


3. Menemukan Kata Dasar

Ayah dan Bunda bisa menuliskan beberapa kata berimbuhan di papan tulis, misalnya:

  • menyapu
  • menggambar
  • dilipat
  • dipetik

Lalu, mintalah Si Kecil untuk menyebutkan atau menuliskan kata dasar dari kata-kata tersebut!

4. Menebak Lawan Kata

Ayah dan Bunda bisa menuliskan sebuah daftar kata (biasanya yang berjenis kata sifat), misalnya:

  • besar
  • panjang
  • berat
  • gelap

Tugas Si Kecil adalah menebak lawan kata dari dari setiap kata dalam daftar kata tersebut!

5. Menebak Kata dengan Gerakan

Dalam permainan ini, Ayah dan Bunda bisa meminta Si Kecil untuk membelakangi papan tulis (tidak melihat ke arah papan tulis). Tugas Ayah adalah menuliskan sebuah kata di papan tulis. Tugas Bunda adalah memberikan petunjuk kepada Si Kecil tentang kata yang ditulis di papan tulis, dengan gerakan-gerakan.

Misalnya kata yang ditulis di papan tulis adalah “buku”, maka Bunda harus memberikan petunjuk-petunjuk kepada Si Kecil tentang buku, misalnya dengan membuat gerakan orang membaca buku, gerakan orang membolak-balik halaman buku, atau gerakan lainnya, hingga Si Kecil mampu menebak atau mengucapkan kata tersebut.


Baca juga:

1. Bernyanyi Lagu Anak Tema Kendaraan, Aktivitas Seru Saat Liburan Ramadan

2. Modul Ajar dan RPPH PAUD Topik: Berwisata di Hari Lebaran - Kurikulum Merdeka Belajar


6. Menebak Kata dari Huruf

Tugas Ayah dan Bunda dalam permainan ini adalah menuliskan 3 huruf di papan tulis, misalnya A, B, C. Lalu, Ayah dan Bunda bisa meminta Si Kecil untuk menyebutkan berbagai jenis kata khusus dari sebuah kata umum, misalnya kata “buah”. Si Kecil harus menyebutkan aneka macam buah, mulai dari yang berawalan huruf A, B, dan C, misalnya anggur, belimbing, dan ceri.

Saat memberikan perintah, Ayah dan Bunda bisa mengatakan, “Ayo sebutkan aneka macam buah, yang berawalan huruf A, B, dan C. Mulai dari huruf A, ada buah apa?”

 

Marbel Belajar HIjaiyah merupakan aplikasi pendidikan untuk anak usia 3-5 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar mengenal huruf hijaiyah Alif Ba' Ta'. Silakan unduh dengan klik gambar di atas.

7. Menepuk Papan Tulis

Hal pertama yang perlu dilakukan Ayah dan Bunda dalam permainan ini adalah menuliskan kata “buah” (pada bagian kiri papan tulis) dan “sayur” (pada bagian kanan papan tulis). Sedangkan, tugas Si Kecil adalah menepuk papan tulis sebelah kanan atau kiri.

Bila Anda menyebutkan kata “kol” atau nama sayur lainnya, maka SI Kecil harus menepuk kata “sayur” atau bagian kanan papan tulis. Bila Anda menyebutkan “anggur” atau nama buah lainnya, maka Si Kecil harus menepuk papan tulis bagian kiri.

Semoga aktivitas-aktivitas simpel dan hanya menggunakan alat sederhana, yaitu spidol dan papan tulis ini, bisa bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan Si Kecil dan memperluas pengetahuannya. Selamat mencoba!

Ajak Anak Menjadi Kreator Digital Sekarang! Info dan Pendaftaran Silakan Klik Gambar di Bawah Ini!

Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Whitebard template [1]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.