Top

5 Aktivitas Seru Bulan Ramadan dengan Memanfaatkan Bola Plastik Kecil

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

17 Apr 2023

  |  

Edukasi

Ayah dan Bunda punya bola plastik kecil? Yuk manfaatkan bola-bola plastik tersebut untuk melakukan aneka aktivitas seru di bulan Ramadan ini. Bola-bola plastik kecil berwarna-warni yang biasa digunakan sebagai media bermain di wahana mandi bola ini, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai sarana melakukan aneka aktivitas seru dan menyenangkan. Apa saja itu?

Aplikasi "Belajar Lengkap TK dan PAUD" adalah aplikasi belajar untuk anak sekolah TK dan PAUD yang dapat membantu anak-anak dalam proses belajar dengan cara menyenangkan. Silakan unduh dengan klik gambar di bawah ini!

 

1. Memindahkan Bola

  1. Persiapan
    Siapkan dua ember plastik. Ember plastik yang besar diisi penuh dengan bola plastik bola plastik beraneka warna. Sedangkan ember plastik yang kecil diletakkan pada jarak sekitar 8 meter dari ember besar diletakkan.

  2. Misi Permainan
    Tugas Si Kecil adalah memindahkan bola dari ember besar ke ember kecil dalam jangka waktu 1 menit. Si Kecil harus mengambil bola dari ember besar, lalu meletakkannya ke dalam ember kecil satu per satu.

  3. Variasi permainan 1: Memindahkan Bola Sesuai Warna
    Ayah dan Bunda bisa meminta Si Kecil untuk memindahkan bola sesuai instruksi yang Anda berikan, misalnya: “Pindahkan bola yang berwarna kuning.” Tugas Si Kecil adalah memindahkan semua bola berwarna kuning dari ember besar ke ember kecil dalam jangka waktu tertentu.”

Marbel Muslim Kids merupakan aplikasi pendidikan islami untuk anak usia 4-8 tahun. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar mengenal Islam dengan cara yang menyenangkan. Silakan unduh dengan klik gambar di bawah ini!

 

2. Melemparkan Bola

  1. Persiapan
    Untuk melakukan permainan ini, Ayah dan Bunda perlu menyediakan sebuah ember besar dan sebuah ember kecil. Isi penuh ember besar dengan bola plastik beraneka warna.

  2. Misi Permainan
    Tugas Si Kecil adalah memindahkan bola dari ember besar ke ember kecil dalam jangka waktu 1 menit dengan cara melempar. Si Kecil harus melempar bola dari ember besar sampai masuk ke dalam ember kecil.

  3. Variasi permainan 1: Memindahkan Bola Sesuai Warna
    Ayah dan Bunda bisa meminta Si Kecil untuk memindahkan bola sesuai instruksi yang Anda berikan, misalnya: “Pindahkan bola yang berwarna kuning.” Tugas Si Kecil adalah memindahkan semua bola berwarna kuning dengan cara melempar dari ember besar ke ember kecil dalam jangka waktu tertentu.”

    Variasi permainan 2: Melempar Bola dengan Cara Menutup Mata
    Tugas Si Kecil adalah memindahkan bola plastik dari ember besar ke ember kecil dengan cara melempar. Namun, Si Kecil harus melempar bola dengan cara menutup matanya.


KABI (Koleksi Video Kisah Nabi) kini bisa ditonton di platform Vidio.com

3. Menendang Bola

  1. Persiapan
    Ayah dan Bunda perlu membuat gawang sebelum mengajak Si Kecil melakukan permainan ini. Gawang kecil bisa dibeli di toko-toko mainan. Namun, Anda juga bisa membuat gawang sendiri dengan aneka benda, misalnya dengan cara menyusun sandal. Letakkan sebuah sandal pada sisi sebelah kiri, dan sandal lainnya di sisi sebelah kanan pada jarak 1 meter.

  2. Misi Permainan
    Misi dalam permainan ini adalah memasukkan bola plastik ke dalam gawang dengan cara menendangnya. Agar permainan ini bisa terlaksana dengan rapi, Ayah bisa membantu Si Kecil meletakkan bola satu per satu pada sebuah titik tendang. Maka, Si Kecil juga akan menendang bola secara beraturan satu per satu. Tugas Bunda adalah menghitung berapa banyak jumlah bola yang masuk ke dalam gawang.

  3. Variasi Permainan
    Ayah dan Bunda bisa menggunakan dua jenis warna bola (misalnya warna merah dan biru). Bola berwarna merah memiliki skor 2 bila berhasil memasukkannya. Sedangkan, bola berwarna biru memiliki skor 1. Saat waktu usai atau semua bola sudah berhasil ditendang, Ayah dan Bunda bisa membantu Si Kecil menghitung jumlah total skor yang didapatkan.

Baca juga:

Modul Ajar dan RPPH PAUD Topik: Berwisata di Hari Lebaran - Kurikulum Merdeka Belajar

Aneka Aktivitas Anak PAUD - TK untuk Belajar Angka di Bulan Ramadan


4. Memukul Bola

  1. Persiapan
    Permainan ini bisa dilakukan di sebuah lapangan berumput. Ayah dan Bunda perlu menyiapkan bola kecil berwarna-warni. Lalu, buatlah sebuah garis lurus dengan sebuah tali rafia yang berjaran sekitar 3 meter dari titik pemukul bola (berwarna biru).
    Sebelum bermain, mintalah Si Kecil untuk berdiri di titik biru sambil membawa sebuah tongkat (stik) pemukul bola. Posisi Ayah (sebagai pelempar bola) ada di titik berwarna merah.

  2. Misi Permainan
    Tugas Si Kecil adalah memukul setiap bola yang dilempar oleh Ayah (sebagai pelempar bola). Bola yang dipukul harus melampaui garis batas (garis hitam).

Hanya dengan bola-bola kecil berwarna-warni, ternyata anak-anak bisa melakukan aneka permainan yang menyenangkan. Semoga aneka aktivitas permainan di atas bisa membuat Si Kecil merasa gembira dan mengasah aneka keterampilannya di Bulan Ramadan. Selamat mencoba! 


Optimalkan Potensi Anak agar Bisa Menjadi Konten Kreator dengan Mudah dan Biaya Terjangkau bersama Gamelab.id


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Baby boy playing with colorful plastic balls playground [1]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.