Top

8 Tips Sederhana Mengajak Si Kecil Gembira dan Merdeka Belajar

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

05 Sep 2023

  |  

Edukasi

Bermain seraya belajar adalah kegiatan yang menjadi favorit anak-anak usia PAUD. Aneka kegiatan bisa dilakukan anak-anak dengan suasana hati riang dan gembira, tanpa ada paksaan. Kurikulum Merdeka mengajak para guru untuk bisa melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan suasana hati gembira dan memberikan ruang bagi anak-anak didik untuk mengembangkan daya kreativitas, imajinasi, dan kecerdasannya.

Inilah 8 tips sederhana yang bermanfaat untuk mengajak Si Kecil belajar dengan suasana hati gembira dan memungkinkan anak untuk belajar secara “merdeka”. Yuk, diterapkan di rumah bersama sang buah hati.

1. Bangun Suasana Gembira

Suasana hati yang gembira pada diri sendiri perlu perlu dibangun terlebih dahulu sebelum membangun suasana gembira bagi Si Kecil. Lupakan segala persoalan atau beban pekerjaan yang ada. Pastikan Ayah dan Bunda bisa membuat ekspresi wajah yang ceria dengan senyum bahagia.

Lalu, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil bernyanyi atau bertepuk dengan penuh semangat dan wajah berseri.

Bermain gim juga bisa membangun suasana gembira, lho. Pastikan Si Kecil bermain gim edukatif dan ramah anak seperti karya Bapak Andi Taru dan tim Educa Studio. Unduh dengan klik gambar di bawah ini!

 

2. Berempati

Bila ia terlihat masih lesu, raut wajah yang kurang gembira, dan suasana hati yang tidak seperti biasanya, tanyakan pada Si Kecil apa yang membuatnya terlihat berbeda. Bantu ia dengan memberikan motivasi atau mengajak berdoa bersama.

Pastikan pula bahwa SI Kecil tidak dalam kondisi lapar, mengantuk, bersedih, marah, dan kondisi perasaan atau fisik yang tidak baik lainnya.

Baca juga: Cara Mengasah Jiwa Empati Anak di Era Digital

3. Pentingnya Kontak Mata

Kontak mata sangat penting untuk memperkuat bonding orangtua dan anak. Saat mengajak berkomunikasi, tatap mata SI Kecil. Si Kecil akan merasa disayang dan dihargai.

4. Variasi Kegiatan di Dalam dan Luar Ruangan

Kegiatan di dalam ruangan bisa membuat Si Kecil beraktivitas dengan cara mengekplorasi mainan atau membuat kreasi kerajinan tangan.

Sedangkan, kegiatan di luar ruangan bisa membuat Si Kecil terpapar sinar matahari dan menghirup udara segar yang baik untuk kesehatan badan.

Baca juga: Permainan Outbound TERBARU 2023: Paling Simpel dan Disukai Anak PAUD

5. Menyatu dengan Dunia Anak

Dunia anak adalah dunia bermain atau belajar dengan cara yang menyenangkan. Agar aktivitas belajar tidak menjadi beban, Ayah dan Bunda harus bisa menyatu dengan dunia mereka.

Rajin-rajinlah mengamati perilaku teman-teman Si Kecil saat bermain bersama. Ayah dan Bunda terkadang perlu berperilaku “seperti anak kecil” yang gemar tertawa, selalu ceria, tidak kaku, mudah memaafkan, aktif, dan lainnya.

Pahamilah dunia anak, menyatulah dengan dunianya tanpa harus terlihat kekanak-kanakan. Tetaplah menjaga wibawa Anda.

Ayah dan Bunda juga perlu menyatu dengan selera Si Kecil. Bila ia suka dongeng-dongeng anak, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil menonton bersama koleksi dongeng RIRI (Cerita Anak Interaktif). Video dongeng di bawah ini adalah salah satunya.

6. Gunakan HP secara Efektif, dan Jadikan Media yang Produktif

Melarang Si Kecil untuk tidak menggunakan HP sudah bukan zamannya lagi. Ayah dan Bunda perlu mendampingi Si Kecil agar efektif menggunakannya. Hal ini sangat penting, agar Si Kecil tidak mengalami ketergantungan.

Salah satu solusinya adalah menjadikan HP sebagai media yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat (produktif). Sesuatu yang bermanfaat tidaklah harus berupa benda fisik. Namun, bisa juga berupa ilmu yang bermanfaat.

7. Berikan Kebebasan atau Pilihan

Berikan kebebasan kepada Si Kecil untuk melakukan aneka aktivitas yang ia suka. Tugas Ayah dan Bunda adalah mendampinginya. Selama aktivitas tersebut tidak berbahaya, positif, edukatif, dan ramah anak, berikan kemerdekaan bagi Si Kecil untuk melakukannya.

Bila ia sudah kehabisan ide aktivitas, Ayah dan Bunda bisa memberikan ide dengan banyak pilihan. Jelaskan pula manfaat dari setiap aktivitas yang menjadi pilihan.

Misalnya saat Si Kecil belum memahami manfaat merawat tanaman. Jelaskan kepada Si Kecil bahwa merawat tanaman bisa dilakukan dengan cara menyirami tanaman. Tanaman akan menjadi subur. Tanaman yang subur bisa membuat udara di sekitarnya menjadi lebih segar.

Lalu, ajak Si Kecil melakukan aktivitas merawat tanaman dengan penuh semangat dan hati gembira.

8. Aktivitas yang Mendorong Kreativitas

Aneka aktivitas yang memacu Si Kecil untuk memiliki ide baru, berpikir optimal, dan mengembangkan daya imajinasi adalah:

  • Membuat kreasi bebas dengan bahan utama stik es krim.
  • Membuat kreasi bebas dengan bahan kertas HVS dan beberapa lembar kertas origami.
  • Membuat kreasi kolase (gambar bebas / menggambar sendiri) dengan bahan biji-bijian.
  • Menggambar bebas dengan tema tertentu (misalnya tema makanan kesukaanku).

Semoga aneka kegiatan di atas bisa mengoptimalkan kreativitas dan kecerdasan Si Kecil di era digital seperti saat ini. Tetap semangat belajar, agar semakin mampu mengajar Si Kecil dengan hati gembira dan semangat merdeka, seperti semangat dan kegembiraan yang ada di dalam lagu di bawah ini!

 

Sumber Referensi:

1. Freepik.com (2022). Happy cheerful asia family mom teach toddler girl paint ceramic pot [1

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.