Top

Aktivitas PAUD Topik Menjaga Kebersihan Udara Implementasi Kurikulum Merdeka 2023

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

05 Sep 2023

  |  

Edukasi

Aktivitas belajar tentang cara menjaga kebersihan udara biasa diajarkan pada saat anak-anak didik PAUD belajar topik lingkungan atau topik mengenal air, udara, dan api. Dilansir dari Greenairenv.com, dijelaskan bahwa udara bersih meningkatkan performa anak-anak dan meningkatkan keaktifan mereka. Mereka merasa lebih energik dengan menghirup udara yang bebas dari zat-zat beracun.

Anak-anak didik juga akan belajar peduli dan berempati kepada sesama, karena saat mereka mampu menjaga kebersihan udara di lingkungan sekitar, maka banyak orang juga akan merasakan manfaatnya.

Inilah beberapa aktivitas seru dan kreatif yang memungkinkan anak-anak PAUD semangat belajar dengan aktif.

1. Mendongeng

Pilih cerita yang menampilkan tokoh utama yang gemar menjaga kebersihan udara, misalnya rajin merawat tanaman, tidak suka membuang sampah sembarangan, dan lainnya.

Di kanal Youtube RIRI (Cerita Anak Interaktif), Anda bisa memilih aneka dongeng pembangun karakter.

 

2. Menampilkan Gambar

Tampilkan gambar menarik yang menunjukkan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Anda bisa meminta anak-anak didik untuk menyebutkan perbedaan antara keduanya.

Setelah itu, jelaskan kepada anak-anak didik usaha apa yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat, sehingga udara akan tetap bersih dan bebas polusi.

3. Melakukan Role-Play

Role-play atau drama bisa dikemas dengan dialog yang sederhana. Mintalah anak-anak didik untuk memperagakannya secara berpasangan, bisa berpasangan dengan teman sekelas maupun dengan guru.

Beberapa dialog sederhana yang bisa ditampilkan adalah:

  • Cara membersihkan ruangan.
  • Menanam tanaman di kebun.
  • Cara mengingatkan teman yang membuat sampah sembarangan atau sedang membakar sampah.

4. Menanam Tumbuhan dengan Botol Bekas

Mintalah anak-anak didik untuk membawa botol bekas. Lalu, ajak anak-anak didik untuk membuat pot bunga dari bahan botol bekas. Ajarkan pula cara menanam tanaman dan cara merawat tanaman.

Saat mengajarkan anak menanam tanaman atau merawat tanaman, Anda bisa menampilkan sebuah video tutorial tentang cara melakukan aktivitas tersebut.

5. Peragaan Wayang dan Boneka

Media wayang bisa dibuat dari kertas karton. Anda tinggal menempelkan gambar-gambar tokoh yang lucu pada kertas karton, lalu gunting kertas karton tersebut pada permukaan gambar. Setelah itu, wayang bergambar tokoh (berlapis kertas karton) bisa ditempelkan pada stik es krim.

Selain menggunakan media wayang, Anda bisa menggunakan media peraga boneka tangan atau boneka jari. Cerita yang pendek dan sederhana akan lebih mudah dipahami anak-anak usia PAUD.

6. Bernyanyi dan Menjelaskan Pesan Moral

Ajak anak-anak didik untuk menyanyikan sebuah lagu berjudul “Alat Transportasi”. Di dalam lagu tersebut, anak-anak akan belajar tentang kendaraan yang bisa mengakibatkan terjadinya polusi udara.

Ajarkan kepada anak-anak didik untuk lebih rajin berjalan kaki atau bersepeda, karena aktivitas tersebut sangat menyehatkan badan dan bisa mengurangi polusi udara.

7. Mewarnai Pemandangan Alam

Aktivitas mewarnai adalah kegiatan edukasi sederhana yang menyenangkan, dan bisa dikorelasikan dengan materi tentang menjaga kebersihan udara.

Sebelum anak-anak didik Anda ajak untuk melakukan kegiatan mewarnai, Anda bisa mengajak anak-anak didik untuk mendengarkan lagu tentang berjudul “Alam yang Indah”. Berikan pengertian kepada anak-anak didik bahwa alam yang indah dan rindang, bisa membuat udara tetap bersih dan mencegah terjadinya bencana alam.

Baca juga: Manfaat Kegiatan Merawat Tanaman Bagi Anak Usia Dini 

8. Kegiatan Praktik

Kegiatan praktik adalah kegiatan yang bisa membuat anak-anak didik belajar lebih dalam serta mengingat lebih lama tentang aneka materi pembelajaran, termasuk saat belajar tentang cara menjaga kesegaran udara.

Beberapa aktivitas menarik untuk anak-anak didik adalah:

  • Kegiatan praktik kerja bakti di sekolah.
  • Kegiatan lomba membuat aneka kreasi dari bahan bekas.
  • Kegiatan bernyanyi bersama lagu tentang menjaga kebersihan udara.

Baca juga: 7 Aktivitas Permainan PAUD Seru untuk Belajar Tema Air

9. Aktivitas tentang Sains Sederhana

Beberapa materi aktivitas Sains sederhana untuk anak PAUD antara lain:

  • Menonton video tentang bahaya membakar sampah dan merokok sembarangan.
  • Mengamati ruangan kotor (misalnya di gudang) dan di kelas.
  • Mengamati kendaraan bermotor yang mengeluarkan asap yang berbahaya.

10. Lomba Membuat Video Cara Merawat Bumi

Aktivitas ini bisa dilakukan di rumah bersama dengan orangtua siswa. Mintalah anak-anak didik untuk membuat sebuah video saat mereka melakukan kegiatan praktik:

  • Membersihkan kamar dan benda-benda dari debu.
  • Merawat tanaman.
  • Berjalan kaki atau bersepeda.

Mintalah anak-anak didik untuk menjelaskan pentingnya melakukan aktivitas-aktivitas tersebut di dalam video yang dibuat.

Aneka aktivitas di atas sangat baik diajarkan kepada anak-anak didik untuk membangun kecerdasan natural. Mereka akan belajar cara merawat alam ciptaan Tuhan dengan baik, sehingga udara menjadi bersih dan segar. Semoga di masa depan bumi dan alam semesta akan tetap lestari dan bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman serta sehat bagi generasi penerus kita.

Agar anak-anak didik tumbuh menjadi anak yang berakhlak mulia, ajak mereka untuk menonton KABI (Kisah Nabi). Undah aplikasi KABI dengan klik gambar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

1. Greenairenv.com. (2022). 3 benefits of clean air on children green air environmental [1]

2. Freepik.com. (2022). Medium shot girl playing with soap bubbles [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.