Top

16 Persiapan PENTING Saat MPLS / Orientasi Sekolah di PAUD - TK

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

06 Juli 2023

  |  

Edukasi

MPLS atau orientasi sekolah adalah salah satu kegiatan penting di satuan PAUD - TK. Aneka persiapan perlu dilakukan oleh para guru dan kepala sekolah. Tujuannya adalah supaya para siswa PAUD atau TK yang baru dapat melakukan aneka kegiatan yang seru dan menyenangkan, sehingga mereka bisa merasakan kenyamanan di awal-awal hari mereka masuk sekolah.

MARBEL DIRIKU: Cerita yang Mengajarkan Pengenalan Diri, Gender, dan Teman Baru

 

1. Membuat Rundown Kegiatan

Rundown atau susunan acara perlu dipersiapkan agar rangkaian kegiatan bisa berlangsung dengan lebih lancar, tertib, dan aman.

2. Membuat Name Tag Siswa

Name tag atau sejenis kartu tanda yang mencantumkan nama siswa, perlu dipersiapkan dengan bentuk yang lucu, sederhana, dan menarik. Pastikan nama siswa yang tertera ditulis dengan huruf yang jelas dan mudah terbaca.

TREX KECIL YANG MALANG: Cerita yang Mengajarkan Pentingnya Berteman dalam Kehidupan

3. Menyiapkan Formulir Pendataan Siswa

Kegiatan mengisi formulir identitas siswa perlu dilakukan bersama orang tua. Form identitas siswa bermanfaat agar para guru semakin mengenal identitas siswa dan potensi yang dimiliki para siswa.

MPLS atau orientasi sekolah bisa menjadi wadah bagi para siswa agar mereka bisa saling mengenal dan mampu mengembangkan potensi diri mereka.

Program Afiliasi Educa menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki.

 

4. Acara Pengenalan Kegiatan Ekstra Kurikuler

Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada kakak kelas untuk menampilkan kebolehan mereka, sesuai dengan kegiatan eks-kul yang pernah mereka tekuni. Misalnya, siswa yang mengikuti eks-kul menari dapat memperagakan tarian yang pernah ia pelajari di sekolah. Melalui kegiatan ini, para siswa baru akan semakin tertarik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan eks-kul.

5. Visi dan Misi Sekolah

Orang tua siswa baru perlu memahami hal ini, sehingga mereka semakin memahami arah dan tujuan setiap aktivitas pembelajaran di sekolah.

Aplikasi Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio

 

6. Informasi tentang Aneka Fasilitas dan Prasarana yang Bisa Didapatkan Siswa

Beberapa fasilitas dan prasarana yang bisa didapatkan siswa misalnya, mendapatkan fasilitas air minum isi ulang gratis, layanan kesehatan, jaminan keamanan, dan lainnya. Semakin lengkap fasilitas dan prasarana yang disediakan sekolah, para siswa baru pasti akan semakin bersemangat.

7. Aneka Pelatihan Dasar

Aneka pelatihan dasar yang perlu dikenalkan kepada siswa pada saat MPLS atau orientasi sekolah adalah toilet training, table manner, dan penanggulangan bencana. Anak-anak usia PAUD-TK akan semakin mudah memahami aneka pelatihan ini bila mereka mendapatkan kesempatan belajar dengan cara melakukan (learning by doing / kegiatan praktik).

LKA GRATIS: Lembar Kerja Anak untuk Anak TK dan PAUD (Selalu Update)

 

8. Memperkenalkan Cara Berkomunikasi yang Baik

Hal-hal penting yang perlu diajarkan agar para siswa memiliki kemampuan berkomunikasi yang memadai dan sopan adalah pentingnya penggunaan bahasa Indonesia dengan tata bahasa yang baik, berbicara dengan suara yang jelas serta lembut, dan tata cara menyapa guru serta teman. Para guru perlu memberikan teladan bagi para siswa tentang cara berkomunikasi yang baik dan sopan.

Baca juga: 7 Tips Agar Anak Terampil Berbicara dengan Tata Bahasa yang Baik

9. Narasumber yang Berpengalaman

Narasumber berpengalaman bisa dipersiapkan untuk mengisi kegiatan MPLS atau orientasi sekolah. Pastikan para narasumber bisa memberikan ilmu atau pengalaman berharga bagi para siswa dan orang tua siswa.

10. Lagu Hari Pertama Masuk Sekolah

Lagu hari pertama masuk sekolah adalah lagu yang bertemakan suasana sekolah, kegiatan belajar, dan beraktivitas menyenangkan bersama guru serta teman dengan suasana yang menyenangkan.

Baca juga: DIJAMIN SERU: Inilah Panduan Praktis Kegiatan MPLS untuk TK dan PAUD (Bagian 1)

11. Lagu Mars atau Jingle Sekolah

Kenalkan para siswa baru dengan lagu mars atau jingle sekolah, agar mereka semakin mengenal visi dan misi sekolah. Jingle atau mars sekolah bisa mengembangkan rasa bangga dan cinta para siswa kepada sekolah, sehingga mereka akan selalu merasa gembira bisa beraktivitas di sekolah.

12. Perkenalan Guru

Kegiatan perkenalan guru kepada siswa bisa dilakukan dengan cara yang seru, misalnya dengan menampilkan drama, bernyanyi, atau story telling, agar kegiatan ini tidak terasa kaku.

Untuk Mengembangkan Kecerdasan dan Karakter Siswa, Anda bisa Mengajak Siswa Membaca Buku Cetak (Dongeng, Kisah Nabi, dan Aktivitas Anak) karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio. Silakan klik DI SINI.

13. Mempersiapkan Penghargaan

Penghargaan bisa diberikan kepada siswa dengan aneka keterampilan tertentu, misalnya siswa yang paling percaya diri, siswa yang paling heboh, siswa yang paling jago menari, dan lalinnya. Ingatkan kepada siswa di awal-awal mereka mengikuti MPLS bahwa mereka akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan aneka penghargaan atau hadiah menarik bila sanggup mengikuti MPLS atau orientasi sekolah dengan baik, semangat, dan hati cerita.

14. Ice Breaking Seru

Ice breaking bisa diberikan kepada siswa agar suasana menjadi lebih seru dan para siswa tidak merasa canggung walaupun mereka baru saja saling berkenalan. Ice breaking yang bermanfaat untuk membuat siswa bisa saling mengenal nama, hobi, usia, dan hal-hal yang berhubungan dengan identitas atau profil siswa sangat disarankan.

KOLAK (Koleksi Lagu Anak) Tematik TK dan PAUD: Media Belajar Sambil Bernyanyi. Lagu-lagunya Cocok Dinyanyikan Saat MPLS

 

15. Kegiatan Pengenalan Ruang Kelas

Guru bisa mengenalkan siswa dengan aneka hal yang berhubungan dengan ruang kelas, misalnya tata tertib di kelas, sopan santun di kelas, benda-benda yang ada di kelas, dan lainnya.

KELAS KREATIF GAMELAB.ID: Mengoptimalkan Keterampilan Anak dalam Penggunaan Teknologi Sebagai Media Edukasi

16. Kegiatan Pengenalan Aneka Ruang di Sekolah

Guru bisa mengajak siswa berkeliling sekolah agar mereka bisa mengenal seluruh ruangan di kelas dan manfaatnya. Dengan kegiatan ini, diharapkan agar para siswa juga akan semakin mampu berperilaku yang baik dan tertib di setiap ruangan di sekolah.

Itulah 16 persiapan penting agar kegiatan MPLS untuk siswa berusia TK - PAUD menjadi lebih seru dan menyenangkan. Semoga awal kegiatan yang baik bisa membuat membuat para siswa baru semakin semangat belajar, mengembangkan diri, dan meraih prestasi.

Program Afiliasi Educa Studio menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki. Kamu secara otomatis akan mendapatkan komisi saat pengguna melakukan pembelian berlangganan di aplikasi Marbel TK PAUD, Riri, ataupun Kabi menggunakan kode afiliasimu, lho!

 


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Group elementary age children class [1]



Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.