Top

Kegiatan MPLS PAUD bersama Orang Tua Siswa: Perlukah? Apa Saja Jenis Kegiatannya?

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

06 Juli 2023

  |  

Edukasi

Kegiatan MPLS atau Orientasi Sekolah PAUD bersama orang tua siswa sangat perlu untuk diadakan. Orang tua sebagai pendidik, pembimbing, dan pendamping tumbuh kembang anak yang utama, perlu mendapatkan pengetahuan secara lebih dalam, tentang pendidikan yang akan dijalani siswa di sekolah yang baru.

Aplikasi Gim “BELAJAR TK PAUD : Media Bermain Seraya Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio

 

Selain itu, orang tua juga perlu memiliki jalinan komunikasi yang lebih erat dan intens dengan guru yang akan selalu menemani buah hatinya belajar di PAUD. Itulah mengapa kegiatan MPLS PAUD bersama orang tua siswa perlu diadakan oleh pihak sekolah. Agar kegiatan ini menjadi lebih seru dan menyenangkan, pihak sekolah perlu membuat ragam acara yang menarik dan bervariasi.

Inilah beberapa aktivitas atau acara yang bisa menjadi pilihan para guru PAUD atau pihak sekolah.

Program AFILIASI EDUCA menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki.

 

1. Pembelajaran di Kelas Bersama Orang Tua

Di masa MPLS, para siswa membutuhkan waktu agar dapat menyesuaikan diri dengan aneka macam aktivitas di kelas. Peran orang tua untuk bisa memberikan semangat kepada anaknya bisa dilakukan pada saat melakukan pembelajaran di kelas bersama orang tua.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bersama orang tua adalah membuat kerajinan tangan, menggambar, mewarnai, dan melakukan permainan.

Baca juga: Pentingnya Bergabung di PAUD bagi Sang Buah Hati

2. Parents Gathering dan Seminar

Acara ini adalah ajang bagi orang tua untuk berkumpul di dalam satu ruangan. Pihak sekolah bisa mengajak orang tua untuk berkumpul dalam kelas atau satu ruangan yang besar (misalnya di aula).

Di dalam momen ini, orang tua dan guru bisa mendiskusikan hal-hal penting dan mendasar yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran di sekolah. Pihak sekolah juga bisa menghadirkan seorang pakar, agar bisa memberikan edukasi kepada orang tua bersama guru tentang perkembangan anak, parenting, dan pendidikan anak usia dini.

Buku Cetak DONGENG ANAK, KISAH NABI, dan AKTIVITAS ANAK karya Bapak Andi Tari dan Tim Educa Studio: Edukatif, Ramah Anak, Mudah Dipahami, dan Menarik. Silakan klik DI SINI.

 

3. Hari Konsultasi

Orang tua hadir ke sekolah untuk menemui guru kelas dan melakukan konseling tentang anaknya. Orang tua bisa meminta nasihat atau masukan dari guru agar keterampilan anak bisa berkembang dengan baik, potensi anak bisa tumbuh secara optimal, dan karakter anak semakin bertumbuh ke arah positif.

Bila ada hal-hal yang perlu menjadi perhatian pada diri anak, orang tua bisa menyampaikannya kepada guru kelas. Hal ini sangat penting, agar orang tua dan guru bisa menjalin kerja sama dalam mendidik dan membimbing anak.

KABI (Kisah Nabi): Kini Hadir di Vidio.com. Silakan klik DI SINI

 

4. Memasak Bersama

Guru bisa menyiapkan suatu tema, menu, dan aneka alat serta bahan yang dibutuhkan agar kegiatan memasak bersama bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Orang tua juga diperbolehkan membawa alat masak sendiri.

Aplikasi Gim MARBEL MEMASAK DI RESTORAN: Menumbuhkan Kecintaan Anak dalam Memasak dan Makan Makanan yang Sehat.

 

Orang tua, guru, dan siswa bisa bekerja sama saat melakukan kegiatan memasak bersama. Para siswa bisa diberi kesempatan membantu saat kegiatan ini dengan cara membantu merapikan meja makan, mendekorasi ruangan, membersihkan ruangan, dan lainnya.

Baca juga: Kiat Membangun Komunikasi Efektif Guru dan Orang Tua

5. Pasar Raya

Sekolah bisa mengatur suatu kegiatan agar para siswa bisa mendapatkan kesempatan untuk menjual produknya. Produk bisa berupa makanan, karya seni, dan lainnya, serta merupakan buatan tangan siswa dengan bantuan orang tuanya.

Aplikasi Gim MARBEL KARNAVAL (PASAR RAYA): Anak akan Semakin Memahami Macam Aktivitas, Profesi, dan Wahana di Pasar Raya

6. Field Trip

Guru bisa mengundang orang tua agar bisa melakukan aktivitas field trip bersama anaknya. Guru dan orang tua pun bisa menjalin komunikasi yang lebih baik melalui aneka kegiatan santai dan menyenangkan.

Alangkah lebih baik, bila lokasi tempat mengadakan field-trip adalah tempat-tempat yang berhubungan dengan tema atau topik pembelajaran di sekolah.

Dapatkan Aneka Mainan dan Alat Peraga Edukasi di: TOKO MARBEL JUNIOR

7. Menginap di Sekolah

Pihak sekolah bisa mengajak orang tua agar bisa bermalam di sekolah bersama buah hatinya. Kegiatan ini perlu dilakukan agar anak didik semakin merasa nyaman dan homey saat berada di sekolah.

8. Menonton Film Bersama

Orang tua, siswa, dan guru bisa melakukan kegiatan menonton film bersama. Akan lebih seru bila kegiatan ini dikolaborasikan dengan kegiatan memasak bersama. Setelah memasak bersama, para siswa diajak untuk menikmati makanan sambil menonton film bersama dengan orang tua dan guru. Kegiatan ini sangat bermanfaat agar kegiatan MPLS bisa membuat hubungan antara guru, siswa, dan orang tua menjadi semakin akrab seperti keluarga.

Demikianlah 8 kegiatan MPLS atau Orientasi Sekolah PAUD yang bisa dilakukan bersama orang tua, guru, dan siswa. Jalinan yang baik antara guru dan orang tua tentu saja akan sangat mendukung prestasi siswa dan perkembangan karakter siswa secara lebih optimal.

Semoga bermanfaat!

MAU DAPAT PENGHASILAN TAMBAHAN?
Program AFILIASI EDUCA menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki.

 

Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Kindergarten teacher playing with children [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.