Top

PENTING, Inilah Lesson Plan MPLS untuk TK - PAUD sesuai Kurikulum Merdeka (Minggu Pertama)

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

08 Juli 2023

  |  

Edukasi

Kegiatan MPLS biasa dilakukan oleh lembaga TK - PAUD pada minggu-minggu pertama siswa masuk sekolah. Inilah rencana kegiatan atau lesson plan yang secara khusus dibuat untuk anak-anak usia TK - PAUD di minggu pertama masuk sekolah.

Lagu ASYIKNYA SEKOLAH: Lagu MPLS Paling Mudah dan Menyenangkan

 

Aktivitas-aktivitas saat MPLS pasti akan menjadi lebih seru dan menyenangkan bila disusun secara rapi dan bervariasi. Inilah beberapa aktivitas MPLS yang disusun per hari, mulai dari hari pertama sampai hari ke enam sesuai dengan Kurikulum Merdeka 2023.

 

A. Hari Pertama

Menyanyikan Lagu Hari Pertama Masuk Kelas

  • Siswa diajak untuk bernyanyi lagu yang ceria dan mampu memotivasi siswa agar selalu bersemangat saat di sekolah.
  • Lagu bisa diputar setiap hari untuk menambah suasana ceria di sekolah dan beraktivitas di sekolah. Syair lagu yang ceria dan nada-nada lagu yang bersemangat, bisa mensugesti siswa untuk lebih bersemangat.

Dongeng Riri, ASAL MULA PERMUSUHAN ANJING DAN KUCING: Mengajarkan Anak untuk Selalu Berkata Jujur Agar Tidak Kehilangan Kepercayaan

 

Perkenalan Guru

  • Siswa melihat penampilan para guru yang menunjukkan bakat-bakat serta keterampilan yang mereka miliki. Guru bisa bernyanyi, membuat karya kerajinan tangan, menari, dan lainnya.
  • Pada momen ini guru harus berjuang untuk memenangkan hati setiap siswa agar mereka bisa segan, merasa lebih dekat, dan bersikap hormat pada setiap guru.
Baca juga: Rekomendasi Lagu Anak TERBARU 2023 untuk MPLS: Media Berkenalan dengan Teman Baru

B. Hari Kedua

Perkenalan Siswa

  • Siswa diajak untuk saling berkenalan satu sama lain. Kegiatan perkenalan bisa dilakukan dengan bernyanyi, bermain, atau dengan media menarik lainnya.

Melakukan Ice Breaking

  • Semua siswa bersama dengan para guru bermain bersama atau melakukan aktivitas ice breaking. Tujuan dari permainan-permainan ice breaker adalah memecah suasana canggung atau terlalu serius, sehingga para siswa bisa lebih dekat dan akrab satu sama lain setelah beraktivitas.

Membagikan ID Card

  • Siswa dan guru menerima serta mengenakan ID Card yang mencantumkan nama dan foto. ID Card akan membantu siswa dan guru untuk saling mengenal dan mampu menghafal nama dan wajah.

LKA GRATIS: Lembar Kerja Anak untuk Anak TK dan PAUD (Selalu Update)

 

C. Hari Ketiga

Permainan Mengenal Teman

  • Siswa melakukan aktivitas atau permainan yang dapat membantu mereka dalam mengingat serta mengenal lebih jauh tentang teman-teman sekelas mereka. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan bernyanyi, bertepuk, atau bermain.

Aktivitas Peragaan dan Penggali Potensi Anak

  • Dalam aktivitas ini, para siswa dipersilakan untuk menunjukkan penampilan mereka, sesuai dengan bakat dan minatnya.
  • Siswa yang gemar bernyanyi, diberikan kesempatan untuk bernyanyi di depan teman-temannya. Siswa yang suka melukis, dipersilakan untuk menunjukkan karyanya di hadapan teman-temannya.
  • Akan lebih baik, bila pada sesi ini siswa sudah diberi informasi di hari-hari sebelumnya, sehingga mereka bisa menampilkan karya atau penampilan terbaiknya. Orang tua siswa diharapkan ikut berpartisipasi dalam membantu serta mendampingi siswa dalam kegiatan ini.

KOLAK (Koleksi Lagu Anak) Tematik TK dan PAUD: Media Belajar Sambil Bernyanyi. Lagu-lagu di Aplikasi ini Cocok Dinyanyikan Saat MPLS

 

 

D. Hari Keempat

Kegiatan Berkelompok

  • Siswa melakukan aneka kegiatan bersama teman-teman satu kelas dan membuat kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa per grup. Kegiatan berkelompok yang bisa dilakukan adalah bernyanyi bersama, gerak dan lagu, permainan berkelompok, dan lainnya.
  • Tujuan dari aktivitas berkelompok adalah mengembangkan kecerdasan sosial dan mengoptimalkan keterampilan siswa dalam bekerja sama. Siswa juga akan merasa lebih dekat satu sama lain saat melakukan aktivitas dalam grup.

 

E. Hari Kelima

Mengenalkan Ruang Kelas

  • Siswa diperkenalkan tentang aturan di kelas, tata tertib di kelas, sopan santun saat berada di kelas, benda-benda di kelas, dan bagian-bagian kelas.

Mengenalkan Ruangan di Sekolah

  • Beberapa ruangan penting yang perlu diperkenalkan kepada siswa adalah ruang perpustakaan, ruang UKS, ruang komputer, ruang Sains, kantin, dapur, toilet, dan lainnya.

Aplikasi Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

 

 

F. Hari Keenam

Melakukan Toilet Training

  • Siswa belajar tentang cara duduk yang benar saat di kloset, membersihkan alat kelaminnya setelah BAK dan BAB, menekan tombol flush setiap kali selesai BAK atau BAB, dan mencuci tangan dengan cara yang benar setiap selesai memakai toilet.

Melakukan Table Manner

  • Siswa belajar tentang cara mencuci tangan sebelum makan, berdoa sebelum makan, etika mengambil makanan, etika saat makan, merapikan piring setelah makan, cara mencuci piring yang telah dipakai, dan mengucapkan terima kasih kepada petugas penyedia makanan (koki).

 

Baca juga: PENTING, Inilah Lesson Plan MPLS untuk TK - PAUD sesuai Kurikulum Merdeka (Minggu Kedua)

 

Program Afiliasi Educa Studio menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki. Kamu secara otomatis akan mendapatkan komisi saat pengguna melakukan pembelian berlangganan di aplikasi Marbel TK PAUD, Riri, ataupun Kabi menggunakan kode afiliasimu, lho!

 

 


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Indian schoolgirl girl child studying [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.