Top

PENTING, Inilah Lesson Plan MPLS untuk TK - PAUD sesuai Kurikulum Merdeka (Minggu Kedua)

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

08 Juli 2023

  |  

Edukasi

Di lesson plan Kurikulum Merdeka minggu pertama, siswa diajak untuk mengenal aneka hal yang berhubungan dengan pengenalan sekolah, perkenalan diri, pengenalan teman satu kelas, pengenalan guru, dan lainnya.

Di minggu yang kedua ini, siswa akan diajak untuk lebih aktif dalam melakukan aneka aktivitas yang bermanfaat untuk mengembangkan karakter positif serta potensi diri.

Lagu Edukasi  ASYIKNYA SEKOLAH: Lagu MPLS Paling Mudah dan Menyenangkan

 

Inilah urutan aktivitas harian yang bisa dilakukan oleh siswa baru di MPLS minggu kedua sesuai Kurikulum Merdeka 2023.

A. Hari Pertama

Melakukan Upacara Bendera

  • Siswa diajak untuk melakukan upacara bendera secara sederhana. Minimal, siswa baru belajar cara menghormati bendera merah putih sambil diiringi lagu “Indonesia Raya”. Siswa juga bisa diajak untuk bernyanyi lagu kebangsaan ini.
  • Siswa juga bisa diajarkan cara berpakaian yang rapi dan tata tertib saat menjalankan upacara bendera.

Lagu BUNGA MAWAR YANG INDAH : Mengajak Siswa Baru untuk Memiliki Hati yang Baik Agar Punya Banyak Teman 

 

Mengenalkan Alat-Alat Bermain dan Perlengkapan di Kelas

  • Siswa, dengan bantuan guru, diajak untuk mengenal nama-nama benda yang ada di kelas, misalnya meja, kursi, aneka mainan, papan tulis, stationary, dan lainnya.
  • Guu bisa mengajarkannya dengan cara mendongeng atau sambil bernyanyi.

RIRI Cerita Anak Interaktif: TOLERANSI BERAGAMA

 

Memperkenalkan Kesepakatan Kelas

  • Siswa belajar tentang aneka kesepakatan kelas yang sederhana. Seiring dengan berjalannya pembelajaran di kelas, siswa bisa diajak untuk meng-update kesepakatan kelas yang ada.
  • Kesepakatan kelas bisa dibuat dalam bentuk poster, mading, atau media menarik lainnya.

 

B. Hari Kedua

Mengajarkan Sikap Sopan dan Tertib

  • Siswa belajar cara memberi salam kepada guru dan teman saat saling bertemu.
  • Siswa juga diajarkan cara menjaga kerapian tas yang bisa disimpan di dalam loker. Setiap siswa biasanya akan mendapatkan sebuah loker untuk menyimpan tas dan perlengkapan sekolah lainnya.

Mengajarkan Sikap Baik dalam Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

  • Siswa belajar cara mencuci tangan dengan benar, membuang sampah pada tempatnya, menyimpan sepatu saat hendak masuk kelas, dan lainnya.

LKA GRATIS: Lembar Kerja Anak untuk Anak TK dan PAUD (Selalu Update)

C. Hari Ketiga

Mengajarkan Tata Krama Berkomunikasi di Kelas

  • Siswa menerima nasihat atau ajaran dari guru bahwa saat guru berbicara, siswa harus mendengarkan. Sedangkan, bila siswa hendak berbicara, ia harus menunggu instruksi dari guru atau kesempatan yang diberikan oleh guru, atau dengan mengangkat tangan terlebih dahulu.

Persiapan atau Latihan untuk Acara Pentas Seni

  • Siswa diajak untuk berlatih bersama agar siap memperagakan pentas seni yang akan dipentaskan di hari berikutnya. Aktivitas yang diperagakan adalah aktivitas yang sederhana, misalnya bernyanyi lagu yang sudah familiar, melakukan tepuk, dan lainnya.
  • Di hari ke-tiga, siswa juga akan diajak untuk menonton pentas seni yang akan diperagakan oleh kakak-kakak kelas mereka.

KOLAK (Koleksi Lagu Anak) Tematik TK dan PAUD: Media Belajar Sambil Bernyanyi. Lagu-lagunya Cocok Dinyanyikan Saat MPLS

 

D. Hari Keempat

Melakukan Kegiatan Pentas Seni dan Penampilan Lainnya

  • Siswa diajak untuk menonton pentas seni dari kakak-kakak kelas. Siswa juga mendapatkan kesempatan untuk unjuk kebolehannya dalam memperagakan salah satu jenis kesenian atau penampilan lain yang sesuai bakat serta minatnya.
  • Guru mengajak siswa untuk bisa menonton pentas seni dengan tertib dan mengajarkan cara memberikan apresiasi kepada para siswa yang berpentas.
  • Sebelum pulang, siswa diberikan informasi tentang kegiatan di hari ke lima. Di hari ke lima, siswa harus membawa sebuah hadiah yang nantinya akan diberikan kepada temannya secara acak. Acara ini lebih dikenal dengan nama kado silang.

MARBEL DIRIKU: Cerita yang Mengajarkan Pengenalan Diri, Gender, dan Teman Baru. Cocok Ditonton Saat MPLS.

E. Hari Kelima

Acara Kado Silang dan Penerimaan Penghargaan

  • Siswa diajak untuk melakukan acara kado silang. Kado silang adalah acara saling tukar-menukar kado yang dibawa oleh satu siswa, kepada siswa yang lain. Siswa bisa menukarkan kadonya dengan metode mengambil nomor dalam lembaran kertas (seperti saat mengocok arisan), mencari harta karun, atau mengoper kado sambil bernyanyi.
  • Guru perlu menyediakan kado cadangan dalam acara ini sebagai persediaan bila ada siswa yang lupa membawa kado. Kado yang tersisa bisa dibagikan kepada siswa yang menonjol atau menunjukkan sikap yang baik dalam suatu hal, misalnya penghargaan kepada siswa yang paling aktif bertanya, paling tertib, dan lainnya.

Aplikasi Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

 

  • Sebelum siswa baru pulang sekolah, mereka bisa diajak untuk melakukan evaluasi. Guru juga perlu memberikan asesmen kepada setiap siswa tentang hasil atau pencapaian yang diterima siswa selama melakukan MPLS. Guru juga bisa memberikan semacam sertifikat sebagai tanda kelulusan atau prestasi bahwa mereka telah melakukan MPLS dengan baik.
  • Guru bisa memberikan komentar-komentar positif dan hal-hal yang perlu dikembangkan dalam diri anak dengan kalimat yang memotivasi.

Demikian kegiatan MPLS harian di minggu ke-dua. Semoga bermanfaat bagi para guru dan sekolah dalam memberikan kenyamanan bagi para siswa dan mengembangkan keterampilan siswa baru sebelum mereka resmi mengikuti aktivitas belajar serta bermain di sekolah.

MAU DAPAT PENGHASILAN TAMBAHAN?
Program Afiliasi Educa menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki.


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Asian woman glasses hugging two young schoolchildren [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.