Top

Seminar Orang Tua Saat MPLS TK - PAUD, Perlukah?

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

09 Juli 2023

  |  

Edukasi

Kegiatan MPLS atau Orientasi Sekolah adalah kesempatan bagi para siswa dan orang tua mereka untuk semakin mengenal sekolah. Salah satu kegiatan yang penting, inspiratif, dan menarik di zaman sekarang adalah mengadakan seminar.

Aplikasi Gim “BELAJAR TK PAUD : Media Bermain Seraya Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

 

Dalam acara seminar, orang tua tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang baru, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi atau bertanya jawab dengan para guru, kepala sekolah, atau para pakar serta narasumber yang diundang oleh pihak sekolah. Hal ini sangat penting, terutama untuk menambah kepercayaan orang tua yang telah menitipkan buah hatinya belajar di sebuah sekolah.

Baca juga: 16 Persiapan PENTING Saat MPLS / Orientasi Sekolah di PAUD - TK

Inilah beberapa tema seminar menarik yang bisa diadakan di sekolah saat pelaksanaan MPLS di TK - PAUD.

Kurikulum Merdeka Belajar

Banyak sekolah sudah mengikuti dan menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Namun, beberapa orang tua mungkin perlu memahami lebih jauh tentang ciri khas dari kurikulum ini. Kurikulum Merdeka belajar memiliki beberapa ciri khas, antara lain:

  • Siswa mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran melalui aneka kegiatan praktik, atau yang biasa dikenal dengan sebutan “learning by doing”.
  • Siswa diajak untuk banyak terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga banyak belajar dari pengalaman dan apa yang ia kerjakan. Itulah mengapa di dalam Kurikulum Merdeka, siswa bisa mendapatkan aneka proyek yang menyenangkan, misalnya menceritakan pengalaman membantu orang tua, membuat video saat bernyanyi, dan lainnya.

Pengembangan Karakter dan Nilai-Nilai Kesopanan

Perkembangan teknologi memberikan dampak yang sangat besar pada perkembangan anak. Anak-anak usia dini semakin terbiasa menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sangat mempengaruhi cara bertutur kata dan berperilaku anak.

Satuan TK - PAUD, sebagai lembaga pendidikan yang turut berperan dalam tumbuh kembang anak-anak usia dini, perlu memberikan wawasan kepada orang tua. Wawasan penting yang perlu diinformasikan kepada orang tua adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan karakter serta pengembangan nilai-nilai kesopanan di sekolah yang kini sangat “urgent” dan perlu mendapatkan perhatian.

Orang tua perlu memahami bahwa karakter dan nilai-nilai kesopanan akan berkembang di sekolah, melalui pembiasaan sehari-hari, misalnya:

  • Memberikan salam kepada guru saat bertemu.
  • Berdoa sebelum dan sesudah belajar.
  • Melakukan aktivitas berkelompok.

Buku Cetak DONGENG ANAK, KISAH NABI, dan AKTIVITAS ANAK karya Bapak Andi Tari dan Tim Educa Studio: Edukatif, Ramah Anak, Mudah Dipahami, dan Menarik. Silakan klik DI SINI.

 

Pengenalan Kecerdasan Majemuk Anak

Orang tua perlu mendapatkan pemahaman tentang kecerdasan majemuk anak, sehingga orang tua tidak hanya menitikberatkan potensi anak pada sisi kognitif (ilmu pengetahuan) anak. Setiap anak adalah unik dan memiliki bakat serta minat masing-masing.

Pihak sekolah perlu memberikan jaminan kepada orang tua, bahwa di sekolah, setiap anak akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan bakat dan minatnya melalui variasi aktivitas di setiap pembelajaran.

Pengembangan Kecerdasan Sosial Anak

Perangkat teknologi membuat anak-anak zaman now sibuk dengan dunianya. Perangkat teknologi memang sesuatu yang tidak bisa lepas dari diri anak.

Orang tua perlu mendapatkan wawasan yang lebih luas, tentang cara mendampingi dan mendidik anak, agar mereka bisa memanfaatkan teknologi secara bijaksana, sehingga anak tidak mengalami kecanduan dan tetap menjalin interaksi serta hubungan sosial yang baik.

Pembelajaran yang Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan

Dalam seminar ini, orang tua akan mendapatkan wawasan tentang gaya pembelajaran di sekolah yang tidak monoton. Anak akan belajar dengan cara melakukan hal-hal yang menyenangkan dan melakukan variasi permainan, sehingga anak tidak bosan dan tidak merasa terbebani.

Pihak sekolah perlu memberikan jaminan kepada orang tua, bahwa guru-guru yang akan mendampingi anak-anaknya adalah guru-guru yang berkompeten dan mampu memberikan pendidikan yang terbaik.

 

Aplikasi Gim CLEVO : Belajar Menjadi Lebih Fun dan Menantang dengan Permainan Quiz

 

Literasi Digital

Kemendikbud mendefinisikan literasi digital pada anak usia dini sebagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak usia dini dalam menggunakan media digital yang ada di sekitarnya untuk mencari dan memanfaatkan informasi, belajar, bermain, atau mendapatkan hiburan secara sehat dengan pendampingan dari orang dewasa di sekitarnya.

Dengan berbasis pada definisi di atas, maka pihak sekolah perlu mengadakan program-program penting sehubungan dengan pengembangan potensi anak melalui penggunaan media digital.

Baca juga: Literasi Digital untuk Anak Usia PAUD TERBARU: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengenalkan

Orang tua juga memiliki peran yang penting ketika anak menggunakan media digital agar apa yang anak konsumsi adalah hal-hal yang positif, edukatif, ramah anak, dan tidak membawa dampak buruk bagi perkembangan anak.

Menjalin Komunikasi Efektif antara Orang Tua dan Pihak Sekolah

Orang tua perlu mendapatkan pemahaman tentang cara menjalin komunikasi yang baik dan efektif dengan pihak sekolah. Di zaman sekarang, penggunaan aplikasi Whatsapp, Google Classroom, Zoom, Canva, dan lainnya sangat diperlukan. Orang tua perlu mendapatkan literasi tentang cara mengoperasikan dan memanfaatkan media-media tersebut sebagai sarana belajar dan mendukung pendidikan anaknya.

Bila perlu, orang tua mendapatkan kesempatan untuk melakukan workshop atau pelatihan tentang cara menggunakan aneka aplikasi berbasis pendidikan tersebut.

LKA GRATIS: Lembar Kerja Anak untuk Anak TK dan PAUD (Selalu Update)

 

Itulah 7 ide tema seminar yang bisa diadakan di satuan PAUD dan TK agar orang tua semakin memahami banyak hal yang berhubungan dengan pendidikan dan bimbingan yang akan diterima anak-anaknya.

Semoga bermanfaat bagi orang tua, agar semakin mampu mendampingi anaknya dalam bidang pendidikan. Mengapa? Karena kerja sama orang tua dan guru adalah hal penting demi pencapaian prestasi anak yang semakin optimal.

MAU DAPAT PENGHASILAN TAMBAHAN?
Program AFILIASI EDUCA menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki.

 

Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Asian speaker lecture with casual suit stage front [1] 

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.