RPP Tema Air, Udara, Api
Subtema Manfaat dan Ciri-Ciri Api
Versi: Marbel, Blended Learning
untuk PAUD usia 4-5 dan 5-6 tahun (TK-A dan TK-B)
A. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Siswa mengenal ciri-ciri api
c. Siswa mengenal manfaat api
2. Ketrampilan dan karakter
a. Siswa mengenal cara menggunakan api dengan baik dan hemat
b. Siswa melakukan percobaan tentang api
c. Siswa membuat karya atau kreasi dengan tema api
B. Media Kegiatan
1. Eksperimen dan Craft
a. Siswa melakukan percobaan "Percobaan Balon Tidak Meledak Saat Dibakar"
Kata Kunci di Google Search: Dunia Belajar Anak Percobaan Balon Api Air"
Sumber:
https://www.duniabelajaranak.id/ape/kak-zepe-percobaan-balon-tidak-meledak-saat-dibakar-sifat-api/
b. Kerajinan tangan berjudul "Kreasi Membuat Api Unggun"
Kata Kunci di Google Search: Dunia Belajar Api Unggun"
Sumber:
https://www.duniabelajaranak.id/kreasi-membuat-api-unggun-dengan-tehnik-hand-print/
2. Games dan Aktivitas Menyenangkan
a. Marbel Pemadam Kebakaran
Kata Kunci di Google PlayStore Search: Marbel Educa Pemadam Kebakaran
Sumber:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.marbelfiretruck
b. Marbel Memasak
Kata Kunci di Google PlayStore Search: Marbel Educa Memasak Makanan Bayi
Sumber:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.marbelmagicbabyfoodmaker
3. Lagu
a. Kapal Api
Kata Kunci di Youtube Search: Educa Studio Kapal Api
Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=SymCu2IiO2g
b. Naik Kereta Api
Kata Kunci di Youtube Search: Educa Studio Kereta Api
Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=4xjRbulIF28
4. Dongeng
a. Gadis Penjual Korek Api
Kata Kunci di Youtube Search: Dongeng Riri Korek Api
Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=AMZyzg0HWY8
C. Urutan Kegiatan (Kegiatan Pembuka, Inti, dan Penutup)
a. Kegiatan Pembuka
a. Siswa dan guru saling menyapa
b. Siswa dan guru berdoa bersama
c. Siswa dan guru bernyanyi lagu pembuka : "Kapal Api"
d. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bahan bakar kapal api dan mengapa bisa keluar asap.
e. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang manfaat lain dari api.
b. Kegiatan Inti
a. Siswa menonton dongeng berjudul "Gadis Penjual Korek Api"
b. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang dongeng yang baru saja ditonton, misalnya:
a). Siapa karakter yang ada di dalam dongeng?
b). Apa yang terjadi saat sang gadis menyalakan api?
c). Di mana tempat di dalam dongeng terjadi?
d). Apa pesan moral dari cerita ini?
c. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang manfaat api dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam dongeng.
d. Siswa bernyanyi lagu "Naik Kereta Api".
e. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bahan bakar kereta api dan mengapa bisa mengeluarkan asap.
f. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang manfaat api unggun.
g. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara membuat "Kreasi Api Unggun"
h. Siswa membuat kreasi kerajinan tangan dengan bimbingan guru.
i. Siswa mengumpulkan kerajinan tangan yang telah selesai dikerjakan.
j. Siswa melakukan percobaan "Balon Berisi Air Tidak Terbakar"
k. Guru menjelaskan alasan mengapa balon tidak terbakar.
c. Kegiatan Penutup
a. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi yang dipelajari, misalnya:
a). Mengapa kita harus menggunakan api dengan berhati-hati?
b). Bahaya apa sajakah yang bisa ditimbulkan saat menggunakan api secara sembarangan?
c). Apakah ciri-ciri api?
d). Apakah manfaat api yang kamu tau?
e). Apakah hal baru yang kamu pelajari dalam pembelajaran tema api hari ini?
b Siswa menerima penugasan dari guru, yaitu:
a). Belajar di rumah dengan bermain dengan aplikasi game "Marbel Memasak"
Manfaat: Agar siswa memahami manfaat api.
b). Belajar di rumah dengan bermain aplikasi game "Marbel Kereta Api"
Manfaat: Agar siswa memahami salah satu manfaat api.
c). Siswa dan guru bernyanyi lagu penutup, yaitu "Kapal Api"
c. Siswa dan guru melakukan doa penutup
d. Siswa dan guru mengucapkan salam penutup / perpisahan
Catatan:
1. Kegiatan membuat kreasi craft bisa dikerjakan di rumah
2. Penugasan dengan media aplikasi game "Marbel Memasak" dan aplikasi "Marbel Kereta Api"
bisa dilakukan di rumah dengan bimbingan orang tua.
Kedua aplikasi di atas bisa di-download secara gratis di "Google Playstore"
3. RPP ini bisa digunakan untuk usia 4-5 dan 5-6
4. Penyesuaian kegiatan sesuai usia bisa dilakukan saat mengajak siswa
membuat kreasi kerajinan tangan Usia TK A membuat kreasi lebih mudah,
sedangkan usia TK-B membuat kreasi yang lebih menantang