Top

Riri Cerita Anak Interaktif sebagai Media Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

01 Okt 2024

  |  

Company

Dongeng sebelum tidur menjadi salah satu kebiasaan yang diwariskan turun-temurun sejak dahulu. Banyak orang tua senang membacakan anaknya dongeng, agar mereka cepat terlelap dan tidur lebih nyenyak.

Di balik kebiasaan tersebut, tahukah ayah bunda, bahwa ternyata aktivitas membacakan dongeng sebelum tidur, punya segudang manfaat baik bagi pertumbuhan juga perkembangan si kecil?

Yuk, kita simak apa saja manfaat membacakan dongeng sebelum tidur bagi anak!

Manfaat membacakan dongeng sebelum tidur

Aktivitas membacakan dongeng memiliki segudang manfaat yang baik untuk anak. Salah satunya, yakni mempererat ikatan batin juga komunikasi antara orang tua dan anak. Dongeng adalah media yang tepat untuk menumbuhkan kedekatan secara emosional maupun sosial. Sehingga secara perlahan pun, anak mulai belajar terbuka dengan orang tuanya.

Baca juga: Dorong Kemampuan Berbahasa Anak dengan Gim Riri Cerita Anak Interaktif

Selain itu, manfaat membacakan dongeng sebelum tidur lainnya adalah mengajarkan anak tentang nilai moral serta penanaman akhlak yang baik, tanpa bermaksud menggurui. Karena keduanya menjadi modal utama bagi si kecil untuk menjalani kehidupannya di masa mendatang.

Berikut beberapa manfaat membacakan dongeng sebelum tidur lainnya:

  • Melatih anak berimajinasi secara positif
  • Membantu anak menyalurkan dan mengembangkan emosinya dengan baik
  • Menumbuhkan kecintaan membaca dalam diri anak sejak usia dini
  • Menjadi sarana bermain yang mendidik juga menyenangkan bagi si kecil.

Bisa disimpulkan, bahwa sebenarnya, sangat penting bagi orang tua untuk mulai menanamkan, atau melanjutkan kebiasaan membacakan dongeng sebelum tidur untuk anak, karena berdampak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Riri Cerita Anak Interaktif - media dongeng sebelum tidur untuk si kecil

Buku cerita anak adalah kumpulan cerita anak yang disusun menjadi sebuah buku, baik cetak maupun digital, sebagai media belajar membaca dan menulis untuk anak usia dini.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari buku cerita anak. Salah satu kelebihannya, yakni bisa diakses dengan mudah dan murah, juga sebagai bentuk pembiasaan dini bagi anak untuk belajar membaca. Sedangkan kekurangannya, yaitu tidak fleksibel bentuknya karena harus dibawa ke mana-mana dan kurang menarik minat si kecil. Buku cerita anak juga biasanya hanya memuat beberapa kisah yang sejenis, sehingga kurang beragam. 

Baca juga: 3 Karakteristik Utama Brand Unggulan Educa Studio: Marbel, Riri, dan Kabi

Untuk mengatasi hal tersebut, Educa Studio menghadirkan Riri Cerita Anak Interaktif sebagai solusi tepat bagi orang tua yang ingin membacakan dongeng sebelum tidur untuk anaknya. 

Sebagai informasi, Riri Cerita Anak Interaktif adalah kumpulan cerita anak interaktif yang dirilis ke dalam beberapa channel, yakni gim, aplikasi, buku cetak dan digital, video animasi di YouTube, hingga podcast.

Riri memuat ratusan kisah menarik yang datang dari berbagai tema, seperti fabel, dongeng, cerita rakyat, hingga cerita orisinil yang dibuat langsung oleh penulis hebat Educa Studio.

Sama seperti brand unggulan Educa Studio lainnya, yakni Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) dan Kabi, Riri Cerita Anak Interaktif berupaya menciptakan proses belajar yang menyenangkan dan interaktif..

Orang tua bisa membacakan dongeng sebelum tidur untuk anak menggunakan fitur picture books atau short story yang tersedia. Alternatif lainnya, orang tua dapat mengajak anak mendengarkan dan membaca kisah dalam gim Riri, lewat fitur interactive.

Baca juga: Kembangkan Kemandirian Anak Usia Dini dengan Riri Cerita Anak Interaktif dari Educa Studio

Banyaknya cerita yang disuguhkan dalam Riri, pasti tidak akan membuat bosan anak. Tiap hari, mereka bisa mengeksplorasi cerita yang diinginkan untuk dibaca atau didengarkan. Selain itu, lewat fitur interaktifnya, anak dapat berinteraksi dengan karakter yang ada dalam cerita. Ketika disentuh, karakternya akan bergerak dan menghasilkan suara.

Meski bisa dijadikan sebagai media dongeng sebelum tidur untuk anak, Riri Cerita Anak Interaktif sangat cocok diakses kapan dan di mana saja. Bahkan dalam keseharian pun, orang tua juga dapat mengajak anaknya mengeksplorasi Riri Cerita Anak Interaktif secara berkala.

Yuk, tunggu apalagi, ayo segera unduh gim Riri Cerita Anak Interaktif di Google Play Store dan iOS!


Sumber referensi:

  • Widyastuti, Ana. (2017).  Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: Elex Media Komputindo
  • Pratiwi, Wulan Mulya, dkk. (2018). Petualangan Budi Pekerti. Jakarta: Elex Media Komputindo

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio