Top

Marbel TK PAUD sebagai Platform Edukasi yang Inovatif

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

02 Okt 2024

  |  

Company

Perkembangan teknologi yang pesat, senantiasa menuntut kreativitas dan inovasi dari berbagai pihak yang berhubungan langsung dengan dunia digital. Salah satunya, pendidikan. Dewasa ini, banyak perusahaan berlomba-lomba menghadirkan platform edukasi atau pendidikan yang menarik, interaktif, mudah dijangkau, dan mempermudah jalannya proses belajar.

Platform edukasi adalah seperangkat layanan daring (dalam jaringan) interaktif terpadu yang menyediakan informasi, alat, juga sumber daya kepada siswa, guru, dan orang tua, guna mendukung serta meningkatkan penyampaian juga pengelolaan pendidikan.

Pada intinya, platform edukasi sengaja dirancang untuk memudahkan proses belajar anak, juga meningkatkan keterampilan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Adapun, salah satu perwujudan nyata platform edukasi dalam dunia pendidikan adalah gim edukasi.

Game edukasi adalah permainan yang dirancang untuk memberi pembelajaran kepada penggunanya lewat media permainan yang unik dan menarik. Bisa juga diartikan, gim edukasi adalah permainan yang menunjang sarana pembelajaran. Gim ini tidak hanya mengharuskan pengguna untuk menyelesaikan misi, tetapi juga berisi informasi atau pengetahuan di dalamnya.

Baca juga: Latih Kebiasaan Belajar Sambil Bermain Anak Usia Dini Bersama Marbel

Kelebihan penggunaan game dalam belajar anak

Sebagai media belajar anak, game edukasi punya beberapa kelebihan atau keunggulan. Salah satu kelebihan penggunaan game dalam belajar anak adalah dapat menyampaikan informasi, ilmu pengetahuan, juga materi pelajaran secara interaktif.

Kelebihan penggunaan gim dalam belajar, yakni merangsang pikiran dan kreativitas anak, juga meningkatkan logika dan pemahaman anak terkait informasi yang diperolehnya ketika bermain gim tersebut.

Keunggulan game edukasi lainnya ialah meningkatkan logika serta pemahaman anak terkait informasi yang diperolehnya ketika memainkan gim tersebut. Sehingga proses pembelajaran menjadi jauh lebih bermakna dan ditangkap lebih mudah.

Terakhir, kelebihan penggunaan game dalam belajar anak, yakni memberikan informasi yang diharapkan dapat diterima dengan mudah. Sehingga proses belajar pun jadi lebih menyenangkan dan tidak membebani anak.

Baca juga: Manfaat Teknologi dalam Pendidikan Anak: Menyelami 3 Kegunaan Marbel dari Educa Studio

Kekurangan penggunaan game dalam belajar anak

Salah satu kekurangan penggunaan game dalam belajar anak adalah merusak psikologis anak. Sayangnya, meski membantu proses belajar, anak yang terlalu sering terpapar gim edukasi bisa menjadi kecanduan. Akibatnya, proses belajar secara langsungnya pun terganggu.

Kekurangan penggunaan game dalam belajar anak lainnya, yaitu mengalami gangguan motorik. Mereka jadi lebih malas bergerak, dan akibatnya, kemampuan motorik dan kesehatan anak akan menurun.

Terakhir, kekurangan penggunaan game dalam belajar anak ialah menjadi penyendiri dan jarang bersosialisasi dengan dunia luar. Mereka akan menjadi canggung atau kurang cakap dalam berkomunikasi.

Marbel TK PAUD, game edukasi anak yang inovatif

Walau memiliki sejumlah dampak buruk, sebenarnya game edukasi, jika dimainkan dengan tepat dan tidak berlebihan, pasti memberi banyak manfaat positif bagi anak. Untuk mencapainya, diperlukan peran dan partisipasi aktif dari orang tua.

Menyadari bahwa teknologi bisa dimanfaatkan secara positif untuk anak asal penggunaannya tepat, Educa Studio meluncurkan gim edukasi Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel) untuk anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK (Taman Kanak-kanak).

Baca juga: Educa Studio Memeriahkan Acara Indonesia StartUp Dialogue bersama Kemendag, YouTube Indonesia, Google Indonesia di Universitas Brawijaya dengan Game Marbel TK Paud

Sebagai informasi, gim Marbel TK PAUD adalah media belajar interaktif untuk anak usia dini, yang dapat dimanfaatkan untuk mengasah berbagai keterampilan, seperti keterampilan membaca, menghitung, dan mengingat.

Gim ini hadir untuk mendampingi proses belajar anak usia dini. Supaya mereka bisa mendapatkan pengetahuan dengan cara yang lebih interaktif juga menyenangkan, mengingat di masa golden age mereka, proses belajar masih dilakukan dengan bermain.

Marbel TK PAUD hadir untuk menjembatani anak dengan proses belajar yang sering kali dianggap membosankan di usia mereka. Sebagai media belajar yang interaktif, gim Marbel TK PAUD membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan kognitif anak.

Educa Studio menyadari bahwa gim edukasi, meski memiliki banyak manfaat positif untuk anak, masih tetap bisa memberi dampak negatif. Untuk itu, hadirlah fitur batasan waktu yang membatasi waktu bermain anak.

Orang tua dapat membatasi waktu bermain anak untuk 30 menit, 60 menit (1 jam), hingga 180 menit (3 jam). Fitur ini jelas mengatasi kekhawatiran orang tua terhadap anak yang takut kecanduan bermain gim.

Baca juga: Tingkatkan Interaktivitas Proses Belajar Anak dengan Gim Edukasi Marbel TK PAUD

Sebagai perusahaan yang terus peduli dan mengutamakan pendidikan anak-anak Indonesia, Educa Studio senantiasa berupaya menghadirkan konten, gim, atau tontonan yang berkualitas bagi anak-anak Indonesia.

Educa Studio terbuka terhadap semua peluang kerja sama bisnis atau kolaborasi yang dapat membantu perusahaan untuk terus bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Mari kita bersama-sama mewujudkan pendidikan yang cepat, tepat, mudah, murah, dan menyenangkan untuk semua anak-anak Indonesia. Untuk info kolaborasi atau kerja sama bisnis, dapat menghubungi cs@educastudio.com.


Sumber referensi:

  • What is Educational Platform. (2021). Tanggal akses: 2 Oktober 2024.
  • Samin. (2023). Berpikir Kritis dengan Game Edukasi. Jawa Barat: Mega Press Nusantara.
  • Pemanfaatan Game Edukasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. (2021). Tanggal akses 2 Oktober 2024.
  • Kelebihan dan Kekurangan dalam Proses Pembelajaran Gamification. (2021). Tanggal akses: 2 Oktober 2024.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio