Top

MUDAH & SINGKAT, Contoh NASKAH PIDATO UPACARA Hari KESAKTIAN PANCASILA untuk PAUD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

21 Sep 2024

  |  

Edukasi

Inilah contoh naskah pidato upacara untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2024 untuk anak-anak didik usia PAUD. Dalam pidato ini, pembina upacara, terutama pembawa amanat atau pidato, menyampaikan pentingnya semangat menjaga persatuan, semangat bekerja sama, terutama dalam hal penggunaan teknologi, agar anak-anak didik tumbuh menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Artikel Terkait:

1. Modul Ajar PAUD Topik: Aku Cinta BANGSAKU, Sub Topik Mengenal BENDERA dan LAGU Kebangsaan| RPPH Usia TK 4-5 Tahun
2. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Pahlawan Kemerdekaan - Tema Negaraku Kurikulum Merdeka Belajar

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Selamat pagi Bapak Ibu Guru yang saya hormati, serta anak-anak yang ibu sayangi, hari ini kita merayakan Hari Kesaktian Pancasila.

Apa itu Pancasila? Pancasila adalah dasar negara kita. Pancasila berisi nilai-nilai penting yang perlu kita lakukan dalam hidup sehari-hari. Teman-teman, pada saat ini, saya mengajak teman-teman untuk belajar bersama bagaimana kita bisa mengamalkan Pancasila dalam hidup sehari-hari. Bagaimana caranya?

Baca juga:

Modul Ajar Harian Topik Bangsaku, Lambang, Bendera, dan Lagu Kebangsaan

Pertama, kita harus selalu menjaga kerukunan. Di rumah, di sekolah, atau di mana saja, kita harus saling menyayangi dan tidak boleh bertengkar. Dengan menjaga kerukunan, secara tidak langsung kita juga telah menjaga persatuan bangsa. Kita semua berbeda. Namun, dengan semangat Pancasila, marilah kita tetap menjaga persatuan bangsa, agar kita bisa melakukan banyak hal besar dan menghindari konflik yang disebabkan oleh karena suatu perbedaan.

Selain Semangat Nasionalisme, Bantu Si Kecil Tumbuhkan Karakternya Bersama RIRI (Cerita Anak Interaktif)


 

Kedua, di zaman sekarang kita punya banyak alat canggih seperti ponsel dan tablet. Nah, sebagai anak Indonesia, kita harus menggunakan teknologi itu dengan baik. Misalnya, kita bisa belajar hal baru lewat video atau bermain permainan yang membuat kita pintar. Tapi ingat, kita tidak boleh berlebihan atau lupa waktu, karena ada banyak kegiatan seru lainnya, seperti bermain bersama teman, berolahraga, beraktivitas bersama Ayah Bunda, berkebun, atau belajar di sekolah.

Baca juga:
6 Rekomendasi Aktivitas Bertepuk untuk Siswa TK - PAUD Tema Negaraku

Oh iya, Ibu juga ada sebuah cerita.

Di sebuah desa yang damai, ada tiga sahabat, Beni, Sita, dan Anta, selalu bermain bersama. Mereka memiliki hobi berbeda. Beni suka sepak bola, Sita suka menggambar. Anta suka bermain game. Namun, mereka tetap kompak dan bersahabat dengan baik serta rukun.

Suatu hari, Pak Guru mengajarkan tentang pentingnya persatuan dan kerukunan. Beni, Sita, dan Anta berpikir bagaimana bisa menggabungkan hobi mereka untuk menjaga persatuan.

Sita menyarankan membuat video animasi tentang persatuan. Beni memberikan ide cerita, Sita juga menggambar karakter, sedangkan Andi menggunakan tablet untuk membuat video. Mereka bekerja sama dengan penuh semangat, saling membantu saat kesulitan.

Setelah video selesai, mereka mempresentasikannya kepada teman-teman dan keluarga. Semua orang bangga dengan hasil kerja mereka, dan sahabat-sahabat itu belajar bahwa persatuan dan penggunaan teknologi yang bijak dapat membawa hasil yang luar biasa.

Jadi, dengan semangat Pancasila, mari kita belajar untuk mengembangkan sikap saling menghargai, saling mengasihi, dan menjaga kedamaian, sehingga persatuan bangsa tetap terwujud. Semoga kita semua juga semakin bijak dalam memanfaatkan teknologi yang semakin maju dengan pesat.

Baca juga:

Lagu Tema Kebangsaan Nasional yang MUDAH Dikuasai Anak TK - PAUD

Ibu juga berharap, semoga di masa depan teman-teman semua dengan semangat Pancasila, teman-teman bisa bersatu, berkolaborasi, mampu menjaga kedamaian serta toleransi. Dan dengan memanfaatkan teknologi, mampu membuat karya-karya besar yang bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa.

Mari kita semua belajar mulai dari saat ini, di sekolah ini. Mulai dari lingkungan keluarga dan terdekat kita. Kita semua bisa membangun bangsa dan menjadi manusia yang berguna.

Terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Agar bisa menarik perhatian anak-anak didik usia PAUD, saat membawakan pidato atau amanat, guru perlu melakukan atau memperhatikan beberapa hal, misalnya:

Mengguanakan Media Menarik

Anak-anak lebih mudah memahami pesan jika didukung dengan gambar dan media yang bisa dilihat serta didengarkan, misalnya dengan menampilkan slide, mengajak anak didik menonton film terlebih dahulu, atau mengajak anak didik mengulang suatu kalimat sederhana. Selain itu, guru juga bisa membawa boneka, poster, dan lainnya.

Kegiatan Interaktif

Ajak pula anak-anak didik mengulang kata secara bersama-sama. Anak didik pasti suka bila diajak untuk melakukan kegiatan interaktif.

Perhatikan Ekspresi dan Intonasi

Variasikan nada suara dan ekspresi wajah untuk menjaga perhatian anak-anak. Gunakan nada suara yang semangat, ceria dan ekspresif.


Sumber Referensi:

1. Vedantu.com. (2022).Speech on patriotism [1]

2. Ncpedia.org. (2022). Primary source speech [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.