Top

Modul Ajar PAUD Topik: AKU CINTA NEGARAKU, Sub Topik MERAYAKAN KEMERDEKAAN Indonesia | Kurmer TK Usia 4-5 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

04 Ags 2024

  |  

Edukasi

Modul Ajar dan RPPH untuk anak usia PAUD - TK kali ini membahas topik “Aku Cinta Indonesia” dengan sub topik Merayakan Kemerdekaan Indonesia. Melalui aneka kegiatan yg variatif dan menyenangkan para anak didik diajak untuk mengembangkan semangat cinta tanah air dan jiwa nasionalisme, serta cinta tanah air. Anak didik juga akan diajak untuk memiliki rasa bangga lahir dan tinggal di Indonesia.

Artikel Terkait:

1. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Pahlawan Kemerdekaan - Tema Negaraku Kurikulum Merdeka Belajar

2. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Bangsaku / Kemerdekaan Indonesia, Sub Topik: Upacara Bendera - Kurikulum Merdeka Belajar

A. Informasi Umum

  • Semester : 2
  • Kelompok usia PAUD : 4-5 Tahun
  • Topik : Aku Cinta Bangsaku
  • Sub Topik: Merayakan Kemerdekaan Indonesia

B. Tujuan Pembelajaran

Di dalam pembelajaran ini, siswa diajak untuk mampu menumbuhkan semangat patriotisme, rasa cinta tanah air, dan pengetahuan tentang negara Indonesia. Di masa depan, diharapkan anak didik dapat memahami cara membangun bangsa dan meneruskan jasa para pahlawan sesuai dengan potensi yang ia miliki.

C. Deskripsi Kegiatan

  • Pada awal pembelajaran anak didik dapat diajak untuk menonton video yang merangsang akal dan semangat mereka melalui kegiatan bernyanyi, menari, gerak lagu, atau menonton video tentang sejarah kemerdekaan Indonesia.
  • Selanjutnya, anak didik dapat diajak untuk melakukan aneka kegiatan yang merangsang pertumbuhan motorik, kecerdasan, dan mengembangkan karakter mereka, melalui kegiatan bermain, membuat craft, dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.
  • Di akhir pembelajaran, siswa diajak untuk berdiskusi dan melakukan refleksi tentang apa yang telah mereka pelajari, bagaimana perasaan mereka, dan hal-hal yang ingin mereka ceritakan setelah melalui pembelajaran.

D. Kegiatan Harian

1. SOP Pembiasaan Rutin Harian

Pada bagian ini anak didik diajak untuk melakukan SOP pembiasaan rutin harian, yaitu melakukan baris-berbaris di depan kelas, mengucapkan salam, mendaraskan doa, dan menyanyikan lagu mars sekolah.

Siswa juga diajak untuk memeriksa kebersihan kuku, kebersihan gigi, kerapian rambut, dan kerapian pakaian.
Siswa diajak menyanyikan lagu pembuka kelas sebagai apersepsi, misalnya dengan bernyanyi lagu atau melakukan gerak lagu di bawah 

Koleksi Lagu Anak (KOLAK) Tematik TK dan PAUD: Lengkap, Asyik, Ramah Anak dan Mendidik.

2. Kegiatan Pembuka

  • Siswa diajak untuk berdiskusi dengan memberikan aneka pertanyaan tentang lagu “Aku Bangaa Jadi Anak Indonesia”, misalnya:
  1. Apa judul lagu tersebut?
  2. Apa yang membuat kalian bangga menjadi anak Indonesia?
  3. Apa saja kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia?
  4. Apa yang akan kalian lakukan untuk membangun bangsa?

3. Kegiatan Inti sesuai Kurikulum Merdeka

  • Siswa membuat karya kreatif dan melakukan aneka aktivitas dengan tema : “Mengenal Warga Sekolahku”, misalnya :

Aplikasi Gim “Belajar TK dan PAUD bersama Marbel" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

Berikut adalah beberapa kegiatan untuk anak PAUD usia 4-5 tahun yang dapat membantu menumbuhkan rasa bangga pada negara Indonesia:

Baca juga: 10 CRAFT Membuat BENDERA Merah Putih: Meriahkan HUT Kemerdekaan RI 2024 | DEKORASI MURAH MERIAH

1. Belajar Pengenalan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia

  • Anak didik menceritakan kisah-kisah pahlawan kemerdekaan Indonesia dan membuat kegiatan drama sederhana, misalnya tentang perjuangan Ibu Kartini. Berikut ini adalah contoh naskah dramanya:

Narator: Pada zaman dahulu, di Jawa Tengah, hiduplah seorang wanita bernama Kartini yang berjuang untuk pendidikan perempuan.

Ibu Kartini: (dengan penuh semangat) "Kita harus berjuang agar perempuan bisa mendapatkan pendidikan yang sama dengan laki-laki!"

Teman Ibu Kartini: Benar, Kartini! Kami akan mendukung perjuangan Anda, Ibu Kartini.

Narator: Dengan tekad kuat, Ibu Kartini menulis surat-surat kepada sahabatnya di Eropa, memperjuangkan hak-hak perempuan.

Kartini: "Semoga perjuangan ini membuahkan hasil untuk masa depan yang lebih baik bagi semua perempuan Indonesia."

Narator: Teman-teman, Ibu Kartini berjuang dengan pengetahuannya dalam bidang pendidikan dan luasnya pergaulannya hingga ke luar negeri. Mari kita berjuang membangun bangsa sesuai dengan potensi dan bakat yang kita miliki.

2. Membuat Craft Bendera Indonesia

Anak didik diajak untuk membuat kerajinan tangan berbentuk bendera Indonesia dengan aneka bahan sederhana. Aneka contoh kerajinan tangan yang mudah dan murah antara lain:

  • Bendera dari Kertas Lipat Berbahan Origami
  1. Ajak anak didik menggunting kertas merah dan putih masing-masing menjadi setengah bagian, kemudian tempelkan bagian atas kertas merah dan bagian bawah kertas putih pada selembar kertas lain untuk membentuk bendera.
  2. Lalu, tempelkan stik es krim atau sedotan di salah satu sisi bendera sebagai pegangan.
  • Bendera dari Kertas dan Gambar Tangan
  1. Sediakan kertas putih ukuran A4, lalu lipat kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama besar. Ajak anak didik mewarnai bagian atas kertas dengan cat air atau crayon merah hingga setengah bagian.
  2. Tempelkan stik es krim atau sedotan di salah satu sisi bendera sebagai pegangan menggunakan lem stik. Rekatkan kedua sisi kertas sehingga stik es krim atau sedotan berada di dalamnya.

3. Menonton Animasi Bertema Kemerdekaan atau Cerita Rakyat Indonesia

Anak didik diajak untuk menonton film atau animasi pendek yang menceritakan perjuangan untuk meraih kemerdekaan dan kebudayaan Indonesia. Setelah menonton, siswa diajak untuk melakukan kegiatan tanya jawab atau quiz berhadiah. Beberapa contoh film animasi yang direkomendasikan adalah Legenda Si Pitung dan Sangkuriang:


4. Melakukan Upacara Bendera Mini

  • Sekolah mengadakan upacara bendera sederhana. Sebelum mengajak anak didik mengikuti upacara bendera, guru mengajak mereka berkumpul untuk mendapatkan penjelasan singkat tentang pentingnya mengikuti upacara bendera.
  • Bagian-bagian penting dalam upacara bendera, antara lain:
  1. Pengibaran bendera dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”
  2. Menyanyikan lagu wajib nasional,
  3. Pidato singkat bertema Kemerdekaan RI
  4. Pembacaan Pancasila (dengan perlahan, agar mudah diikuti anak didik).
  5. Pembacaan teks doa
  • Upacara bendera ditutup dengan menjelaskan kepada anak didik tentang pentingnya menghormati bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.

Baca juga: Contoh Naskah PIDATO HUT KEMERDEKAAN RI 2024 saat UPACARA Bendera di PAUD / TK | Singkat dan Menyentuh

4. Kegiatan Circle Time

Kegiatan interaktif, menyenangkan dan sederhana yang bisa dilakukan antara guru dan anak didik di luar jam pembelajaran (misal saat break time) yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka, Beberapa aktivitas di bawah ini bisa dilakukan saat circle time atau sebagai kegiatan di rumah, misalnya mengajak anak didik menyanyikan lagu “Berkibarlah Benderaku” bersama orang tua.


Sumber Referensi:

1. id.pinterest.com. (2022). Flag art projects for kids [1]

2. Everydayspeech.com. (2022). Teaching storytelling skills to kindergarten students [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.