Top

Meningkatkan Pembelajaran dan Edukasi Anak lewat 3 Brand Educa Studio: Marbel, Riri, dan Kabi

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

12 Sep 2024

  |  

Company

Saat ini, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan menjadi bertambah penting. Selain karena perkembangan era digital yang begitu pesat, proses belajar yang menyenangkan, efektif, dan interaktif juga menjadi salah satu kebutuhan yang seharusnya dipenuhi.

Educa Studio memahami hal tersebut, dan berupaya memenuhi kebutuhan itu, dengan menghadirkan tiga brand unggulan yang dirancang khusus untuk mendukung pendidikan anak usia dini. Adapun tiga brand tersebut adalah:

  • Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain)
  • Riri Cerita Anak Interaktif
  • Kabi - KIsah Teladan Nabi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana ketiga brand tersebut secara signifikan, dapat meningkatkan pengalaman belajar anak-anak secara interaktif juga menyenangkan.

Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain)

Adalah brand yang menghadirkan proses belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Marbel merupakan singkatan dari Mari Belajar Sambil Bermain. Marbel disalurkan lewat tiga channel yang mudah diakses di mana dan kapan saja, yaitu gim dan aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store dan iOS, video animasi di YouTube, dan buku digital.

Sebagai mainan edukasi anak, Marbel sangat cocok untuk anak usia 2 hingga 10 tahun. Marbel menawarkan konsep pembelajaran yang dikemas dengan menyenangkan, yakni lewat permainan.

Adapun, karakteristik utama dari Marbel adalah gim edukasi atau mainan edukasi anak. Marbel memang didesain untuk mengajarkan berbagai keterampilan dan pengetahuan dasar dengan cara yang menyenangkan, seperti belajar huruf, angka, dan sebagainya.

Dengan Marbel, anak-anak tidak hanya belajar tetapi juga menikmati prosesnya. Sehingga hal tersebut, secara tidak langsung akan meningkatkan motivasi juga keterlibatan anak-anak dalam kegiatan belajar mereka.

Riri Cerita Anak Interaktif

Brand ini berupaya menyuguhkan cerita anak-anak yang bersifat interaktif. Dengan Riri, anak-anak bisa menikmati cerita yang bervariasi, bahkan terlibat secara interaktif lewat gim. Sama seperti Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain), Riri Cerita Anak Interaktif juga disalurkan lewat tiga channel, yaitu gim dan aplikasi, video animasi, serta buku digital.

Karakteristik utama Riri adalah buku cerita anak-anak yang bersifat interaktif, di mana Riri tidak hanya mengajak anak untuk membaca dan atau mendengarkan cerita, tetapi juga berinteraksi dengan animasi yang ditampilkan lewat gimnya.

Riri Cerita Anak Interaktif tidak hanya meningkatkan minat baca anak-anak, tetapi juga memperkaya imajinasi mereka dan memperkuat kemampuan verbal atau berbahasanya.

Kabi - Kisah Teladan Nabi

Adalah media belajar agama Islam yang dirancang untuk anak-anak secara interaktif. Kabi bertujuan memperkenalkan nilai-nilai agama dengan cara yang sesuai untuk anak, agar lebih mudah dipahami juga diterima oleh mereka.

Karakteristik utama Kabi agak mirip dengan Riri. Namun, Kabi lebih fokus pada media belajar agama yang sifatnya interaktif. Anak tidak hanya akan membaca atau mendengarkan, melainkan juga berinteraksi dengan menekan, menyentuh, atau mengklik animasinya.

Kabi bisa menjadi salah satu cara yang digunakan orang tua untuk mengajarkan agama Islam dengan cara yang berbeda dan menarik. Anak pun tidak akan merasa bosan dan justru merasa senang saat mengeksplorasi gim dan aplikasi Kabi.

Dengan Kabi, anak-anak usia 2 hingga 6 tahun dapat mempelajari agama Islam lewat cara yang sesuai dengan usia mereka, juga membantu membentuk pemahaman dan kecintaan terhadap ajaran agama sejak usia dini.

Kesimpulan:

Ketiga brand Educa Studio ini, jika dilihat secara menyeluruh, punya karakteristik yang kurang lebih hampir sama, yaitu:

  • Tampilan yang ramah anak 

Semua gim dan aplikasi Marbel, Riri Cerita Anak Interaktif, serta Kabi memiliki tampilan yang menarik dan mudah diakses oleh anak-anak. Tampilannya yang sederhana tidak akan membuat anak-anak bosan.

  • Bersifat interaktif 

Produk gim dari tiga brand unggulan Educa Studio, semuanya bersifat interaktif. Anak-anak bisa menyentuh, mengklik, dan menekan objek yang ada. Dengan begitu, anak-anak akan berpartisipasi secara aktif dalam permainan.

  • Memuat konten edukasi yang beragam 

Baik Marbel, Riri, maupun Kabi, ketiganya memuat konten edukasi yang sangat beragam. Ketiga brand ini tidak hanya mengajak anak untuk bermain saja, tetapi juga belajar dengan cara yang menyenangkan.

  • Mengombinasikan pembelajaran dan permainan 

Tiga brand milik Educa Studio ini berusaha mengombinasikan kedua aktivitas menjadi satu, yakni pembelajaran dan permainan. Proses belajar terasa jadi lebih menyenangkan karena dipadukan dengan permainan.

  • Adanya pengaturan dan batasan waktu 

Meski membuat konten yang ramah anak dan mengedukasi, Educa Studio percaya bahwa bahaya kecanduan gadget itu menjadi ancaman nyata bagi anak usia dini. Oleh karena itu, Educa Studio membuat fitur batasan waktu, supaya orang tua bisa mengatur batasan waktu bermain anak. Misalnya untuk 30 menit, 1 jam (60 menit), 3 jam (180 menit), atau tanpa batasan waktu sama sekali.

  • Bisa diakses secara offline maupun online 

Gim edukasi Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) TK PAUD, Riri Cerita Anak Interaktif, dan Kabi bisa diakses secara offline maupun online. Supaya anak yang tidak punya akses data atau internet, tetap bisa mengaksesnya dengan lancar.

Educa Studio lewat tiga brand unggulannya, yakni Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain), Riri Cerita Anak Interaktif, dan Kabi, memberi solusi pendidikan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan anak-anak usia dini. 

Ketiga brand ini tidak hanya mendukung pembelajaran yang efektif, tetapi juga membuatnya menyenangkan dan menarik. Lewat integrasi teknologi dan pendekatan interaktif, Educa Studio berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, juga menyiapkan mereka untuk masa depan yang lebih cerah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk-produk Educa Studio ini, dan bagaimana mereka dapat diintegrasikan ke dalam sekolah maupun unit bisnis Anda, jangan ragu untuk menghubungi tim Educa Studio. Kami siap membantu Anda untuk menghadirkan pengalaman bisnis yang lebih ramah bagi anak-anak, sambil tetap mengedukasi mereka dengan cara yang menyenangkan.

Untuk kolaborasi atau kerja sama lebih lanjut dengan Educa Studio, dapat menghubungi cs@educastudio.com.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio