Top

3 Rekomendasi Kisah Nabi dalam Gim Kabi

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

12 Sep 2024

  |  

Edukasi

Kabi - Kisah Teladan Nabi menjadi salah satu brand unggulan Educa Studio, selain Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sebagai informasi, Kabi adalah media belajar interaktif untuk belajar agama Islam. Kabi menyediakan ratusan cerita bernuansa Islami yang dilengkapi dengan narasi, animasi, juga suara yang sangat menarik.

Kabi sangat cocok untuk anak usia 2 hingga 6 tahun. Karena konten yang disuguhkan bersifat interaktif, anak tidak hanya akan membaca atau mendengar saja. Mereka bisa mengeksplorasi ceritanya dengan menyentuh karakter yang ada.

Semua animasi dalam gim Kabi didesain oleh para ahli atau expert di bidangnya. Sehingga terlihat sangat menarik dan tidak akan membuat bosan anak. Materi-materi yang tersedia dalam gim Kabi pun juga telah disetujui oleh para pengajar di Google Play Store.

Hampir sama seperti Riri Cerita Anak Interaktif, Kabi punya empat produk atau segmen utama, yaitu:

  • Picture books
  • Interactive
  • Videos
  • Games.

Dalam segmen interactive dan videos, salah satu tema cerita yang dibawakan adalah Kisah Nabi. Namun, sebenarnya, masih ada banyak tema yang disuguhkan, seperti:

  • Kisah Sahabat Nabi
  • Kisah Teladan Islam
  • Seri Sunnah Rasul
  • Kisah Wanita Hebat.

Karena ceritanya sangat beragam dan interaktif, artikel ini akan memberi tiga rekomendasi cerita Kisah Nabi yang bisa dieksplorasi lebih jauh dalam gim Kabi. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Kisah Nabi Muhammad SAW - Kelahiran Nabi Terakhir

Rekomendasi kisah nabi pertama, datang dari kisah Nabi Muhammad SAW. Dalam gim Kabi, cerita ini dikisahkan secara runtut, dari sejak masih dalam kandungan sang ibu, hingga akhirnya Nabi Muhammad SAW menikah dengan Khadijah.

Sebagai gambaran singkat, kisah ini bermula saat Abdullah, salah satu putra Abdul Muthalib, menikah dengan Aminah Binti Wahab. Setelah pulang berdagang, Abdullah sakit dan meninggal dunia. Jenazahnya kemudian dimakamkan di Madinah.

Kala itu, Mekkah yang menjadi pusat semua umat manusia, diserang Abrahah, raja besar Yaman. Ia kesal karena negaranya tidak bisa mengalahkan Mekkah. Dengan pasukan gajahnya, ia kemudian berusaha menghancurkan Ka’bah. Periode saat serangan itu terjadi, dikenal sebagai tahun gajah.

Tepat pada 12 Rabiul Awal tahun gajah, Aminah melahirkan seorang anak laki-laki yang ternyata merupakan keturunan Nabi Ismail a.s. Anak inilah yang kemudian dikenal sebagai Nabi Muhammad SAW. Sejak kelahirannya, berbagai peristiwa besar terjadi. Salah satunya, yakni api abadi yang selalu disembah kaum Majusi, tiba-tiba padam.

Di usianya yang ke 25 tahun, Nabi Muhammad SAW akhirnya menikah dengan Khadijah. Ia merupakan istri pertama Nabi Muhammad, bahkan menjadi salah satu sosok terpenting dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Kisah Nabi Ilyasa a.s - Penerus Perjuangan Nabi Ilyas a.s

Rekomendasi kisah nabi yang kedua datang dari kisah Nabi Ilyasa a.s, penerus perjuangan Nabi Ilyas a.s. Mari kita simak sinopsisnya di bawah ini!

Akhtub bin ‘Ajuz, keturunan Nabi Yusuf a.s tinggal di Yordania bersama keluarga sederhananya. Ia bekerja sebagai petani atau penggembala ternak. Akhtub mempunyai seorang anak bernama Ilyasa, yang sakit sejak kecil dan tidak bisa sembuh.

Pada suatu hari, pasukan prajurit datang mencari Nabi Ilyas. Bagi mereka yang berani menyembunyikan Nabi Ilyas, akan dihukum. Namun, Akhtub bin ‘Ajuz tidak menghiraukannya, ia justru mengajak Nabi Ilyas berlindung di rumahnya. Saat itu, ada dua mukjizat yang dilakukan Nabi Ilyas di rumah Akhtub.

Pertama, ia mendatangkan makanan dari langit, kedua, ia menyembuhkan penyakit yang diderita Ilyasa. Sejak sembuh, Ilyasa kemudian menyatakan dirinya beriman dan hanya akan menyembah Allah SWT saja. Setelah Nabi Ilyas meninggal dunia dan diangkat ke langit, Ilyasa berusaha meneruskan perjuangan Nabi Ilyas hingga akhir hayatnya.

Kisah Nabi Adam A.S. Manusia Pertama di Bumi

Rekomendasi kisah nabi yang berikutnya datang dari kisah Nabi Adam a.s, manusia pertama di Bumi. Bagaimana ceritanya? Mari kita lihat sinopsisnya di bawah ini ya!

Nabi Adam a.s adalah manusia pertama di Bumi yang diciptakan Allah SWT. Ia diciptakan dari tanah liat, dan Allah meniupkan ruh ke dalamnya. Ia adalah manusia pertama yang diciptakan dengan segala kemuliaannya.

Setelah kehadiran Nabi Adam, Allah memerintahkan iblis dan malaikat untuk bersujud kepadanya. Namun, iblis menolak, dan kemudian mereka diusir dari surga bahkan dilaknat Allah hingga hari kiamat tiba. Sejak saat itu, iblis bersumpah akan menggoda Nabi Adam, sehingga seluruh keturunan dan cucunya akan berbuat dosa.

Suatu hari, saat sedang tidur, Allah mengambil tulang rusuk kiri Nabi Adam, dan mengubahnya menjadi manusia. Ketika membuka matanya, Nabi Adam melihat seorang wanita yang diciptakan untuk menemaninya. Adam kemudian menamai wanita itu, Hawa.

Godaan demi godaan dari iblis terus datang. Hingga akhirnya, Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, dan dihukum Allah dengan diturunkan ke Bumi. Mereka terpisah satu sama lain dalam jarak yang sangat jauh. 200 tahun berselang, Adam dan Hawa berhasil bertemu kembali. Mereka kemudian beranak cucu, dan keturunan merekalah yang kemudian memenuhi seisi Bumi.

Penasaran dengan keseluruhan isi cerita di atas? Yuk, tunggu apa lagi? Ayo segera unduh gim Kabi di Google Play Store dan iOS ya! 

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio