Top

21 Jenis Permainan dalam Gim Edukasi Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel)

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

11 Sep 2024

  |  

Edukasi

Gim edukasi menjadi salah satu prasarana edukasi yang menyenangkan, karena proses belajarnya dilakukan lewat gim atau permainan. Sehingga pengguna tidak akan merasa tertekan atau bosan saat belajar.

Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel) adalah gim edukasi buatan Educa Studio, yang dapat digunakan oleh anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK (Taman Kanak-kanak), atau anak usia sekitar 2 hingga 6 tahun untuk belajar secara menyenangkan juga interaktif.

Program permainan dalam gim Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel)

Selain program belajar, ternyata Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) juga punya 21 jenis permainan yang mampu mengasah kreativitas dan keterampilan anak. Yuk, kita cari tahu satu per satu, permainan apa saja yang ada dalam gim Marbel TK PAUD!

Permainan Kuis

Program permainan ini mengajak anak untuk menebak berbagai objek yang ada, baik itu angka, huruf, benda, sayur, maupun buah. Dengan demikian, program ini akan melatih pengetahuan juga keterampilan anak.

Permainan Puzzle Huruf

Dalam program permainan ini, anak diminta untuk menyusun dan mencocokkan huruf sesuai susunan yang sudah ada sebelumnya. Misal kata “apel” disusun secara acak, dan anak harus menyusunnya kembali agar membentuk kata “apel”.

Permainan Berhitung

Anak diminta untuk mencocokkan juga menghitung angka atau jumlah benda yang ada dalam permainan. Program ini dapat melatih keterampilan, ketelitian, juga pengetahuan anak.

Permainan Berkebun

Program permainan ini mengajak anak untuk berkebun. Dimulai dari menggali tanah, menyemai bibit-bibit sayuran, menyiramnya dengan air, hingga memanen hasilnya.

Permainan Sup Buah

Dalam program ini, anak diajak untuk membuat sup buah dari bahan-bahan yang tersedia. Dimulai dari memotong buah, memberinya susu, hingga menambahkan topping di atasnya.

Permainan Supermarket

Program permainan dalam Marbel TK PAUD ini mengajak anak untuk berbelanja di supermarket. Dimulai dari mengambil barang-barang sesuai daftar belanjaan, hingga membantunya menghitung jumlah barang di kasir.

Permainan Tangram

Dalam program permainan ini, anak diminta untuk menyusun potongan-potongan bentuk hingga akhirnya membentuk objek atau bentuk yang baru. Permainan tangram terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Tangram angka dan huruf
  • Tangram rumah dan gedung
  • Tangram fauna
  • Tangram transportasi
  • Tangram alam
  • Tangram kreasi spesial.

Permainan Cari Benda

Program permainan ini mengajak anak untuk mencari benda sesuai perintah yang diberikan. Permainan ini dapat melatih ketelitian anak untuk menemukan benda-benda yang disebutkan.

Permainan Campur Warna

Dalam program permainan ini, anak diminta untuk mencampurkan beberapa warna, agar telihat warna campurannya. Misal warna biru dan kuning dicampur akan menghasilkan warna hijau, dan warna merah dan kuning yang dicampur akan menghasilkan warna oranye.

Permainan Pop Warna

Program permainan ini mengajak anak untuk menyentuh objek yang punya warna berbeda, agar ketika disentuh atau ditekan, warnanya berubah sama dengan objek lainnya.

Permainan Jigsaw Puzzle

Dalam program permainan Marbel TK PAUD ini, anak diminta untuk menyusun potongan puzzle agar membentuk objek atau gambar baru. Program permainan ini mampu melatih kreativitas dan ketelitian anak.

Permainan Magic Shape

Dalam program ini, anak diminta untuk memasang beragam bentuk ke tempat yang sesuai, seperti bentuk tanda panah, persegi, persegi panjang, oval, dan lingkaran.

Permainan Mewarnai

Program permainan ini dapat melatih kreativitas anak, karena anak diminta mewarnai gambar yang tersedia. Adapun pemainan ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

  • Permainan mewarnai hewan darat
  • Permainan mewarnai hewan air
  • Permainan mewarnai hewan udara.

Permainan Animal Show

Dalam program permainan ini, anak diajak untuk melatih keterampilannya. Ketika diklik, hewannya akan terusun acak, dan anak harus bisa mengembalikannya ke bentuk semula.

Permainan Labirin

Sama seperti permainan labirin pada umumnya, anak diminta untuk menggambarkan jalan keluar. Program permainan Marbel TK PAUD ini dapat melatih keterampilan juga kemampuan anak.

Permainan Stamping

Dalam program permainan ini, anak diminta membuat stempel sesuai pilihan warna yang tersedia. Ketika ditekan, stempelnya akan mengeluarkan gambar atau karakter tertentu.

Permainan Connecting Dot

Program permainan ini dapat melatih keterampilan anak dalam menghubungkan garis-garis yang telah disusun berurutan. Setelah selesai, garis-garis tersebut akan membentuk sebuah objek baru.

Permainan Restoran

Dalam program ini, anak diajak untuk menyiapkan makanan sesuai permintaan pelanggan. Permainan ini dapat melatih ketangkasan dan keterampilan anak.

Permainan Mahir Piano

Dalam program ini, anak bisa bermain dengan menekan tuts piano berdasarkan not nada yang ditampilkan. Jika tutsnya ditekan sesuai not, akan muncul lagu anak-anak.

Permainan Mahir Drum

Program permainan ini mengajak anak untuk bermain drum sesuai ketukan atau instruksi yang diberikan agar membentuk sebuah lagu. Permainan ini dapat melatih ketangkasan juga keterampilan anak.

Permainan Matching Fun

Dalam program permainan ini, anak diajak untuk mencocokkan bentuk benda yang ada. Secara umum, permainan ini dapat melatih keterampilan juga pengetahuan anak.

Semua konten permainan di atas, tersedia dalam gim edukasi Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel). Jadi, dalam satu gim edukasi Marbel TK PAUD, tersedia banyak program, baik itu program belajar maupun permainan.

Sebagai informasi, Marbel TK PAUD juga punya 12 program belajar, yaitu:

  • Belajar Huruf
  • Belajar Angka
  • Belajar Bentuk
  • Belajar Benda
  • Belajar Buah
  • Belajar Sayur
  • Belajar Warna
  • Belajar Fauna
  • Belajar Flora
  • Belajar Profesi
  • Belajar Tubuh
  • Belajar Alat Berat.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera unduh aplikasi Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel) hanya di Google Play Store dan iOS!

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio