Top

Marbel TK PAUD, Riri Cerita Anak Interaktif, dan Kabi sebagai Media Belajar Interaktif Anak

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

11 Sep 2024

  |  

Company

Media pembelajaran adalah semua sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan untuk membantu proses belajar mengajar. Bertujuan membantu pemahaman juga pengetahuan anak. Tentunya, media pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan karakteristik dan usia anak. Misal, untuk anak usia 2 hingga 6 tahun, bisa menggunakan media belajar interaktif.

Mengapa? Karena pada usia itulah, anak cenderung cepat bosan saat belajar atau mengeksplorasi hal baru. Oleh sebab itu, media belajar interaktif dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pengertian media belajar interaktif dan manfaatnya

Dikutip dari buku Media Pembelajaran Interaktif (2024) oleh Aisyah Ali dkk, media pembelajaran interaktif adalah media yang memuat konten-konten kreatif yang bisa memicu kreativitas pengguna.

Secara umum, interaktivitas dalam media pembelajaran bisa diciptakan lewat berbagai fitur, seperti tombol navigasi, animasi, video, audio, dan sebagainya. Interaktivitas, pada intinya, menghadirkan proses belajar yang lebih aktif juga menyenangkan untuk anak.

Dalam jurnal Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika (2021) oleh Lilis Diah Kusumawati dkk, dituliskan beberapa manfaat media belajar interaktif, yaitu:

  • Materi mudah dipahami karena dijelaskan dengan gambar dan animasi yang menarik
  • Melatih kemampuan pengguna
  • Memberi kebebasan kepada pengguna untuk memilih materi yang diinginkan
  • Memotivasi pengguna dengan berbagai bentuk penghargaan. 

Contoh media belajar interaktif

Untuk menciptakan media pembelajaran interaktif yang bisa dijangkau banyak kalangan, Educa Studio menghadirkan tiga brand, yang memungkinkan anak untuk mengeksplorasi juga mempelajari hal baru tanpa merasa jenuh. Selain interaktif, konsep pembelajarannya juga dikemas secara menyenangkan.

Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) TK PAUD, Riri Cerita Anak Interaktif, dan Kabi adalah media belajar interaktif yang dirilis Educa Studio lewat gim maupun aplikasi. Selain gim, ketiga brand ini juga hadir dalam bentuk video animasi di YouTube juga buku digital.

Marbel TK PAUD adalah gim edukasi yang dibuat untuk anak usia 2 hingga 6 tahun. Dalam gim tersebut, ada beberapa program yang ditampilkan, mulai dari program belajar, permainan, lagu dan musik, sains dan bahasa, serta video yang berisi lagu anak-anak.

Ada pula Riri Cerita Anak Interaktif yang berisi kumpulan cerita anak interaktif, yang cocok untuk melatih empati juga kreativitas anak. Riri cocok dijadikan sebagai media belajar interaktif, karena membantu proses anak belajar membaca dan mendengarkan.

Riri berisi ratusan cerita orisinil atau cerita yang dibuat langsung oleh para penulis ahli di Educa Studio. Riri juga memuat cerita rakyat, dongeng, hingga fabel populer. Selain itu, Riri juga memuat permainan yang dapat dijadikan sebagai media belajar interaktif.

Untuk menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai ajaran agama Islam, Educa Studio merilis Kabi - Kisah Teladan Nabi, yang pastinya, materi atau bahan ajar yang disuguhkan, telah disetujui oleh para pengajar di Google Play Store.

Mengapa harus Marbel, Riri, dan Kabi?

Saat ini, sosial media dipenuhi dengan konten-konten yang kurang ramah anak, seperti kekerasan dan lain-lain. Akibatnya, perilaku anak berubah dan jadi lebih sulit untuk dikontrol, bahkan justru bertentangan dengan yang seharusnya.

Untuk itulah, Educa Studio hadir membawa 3 brand unggulan yang menyuguhkan konten-konten ramah anak, yakni Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain), Riri Cerita Anak Interaktif, dan Kabi

Konten yang disajikan dalam 3 brand itu sudah dipastikan ramah anak, dan justru sangat membantu anak untuk belajar, berlatih, juga mengembangkan keterampilan, kreativitas, empati, hingga nilai-nilai agama mereka.

Lantas, mengapa harus Marbel, Riri, dan Kabi?

Ketiga brand itu menghadirkan media belajar yang bersifat interaktif, lewat gim maupun aplikasi. Konten yang disajikan tersebut tidak bersifat konvergen, karena memadukan lebih dari satu bentuk, yakni audio, visual, maupun perpaduan keduanya.

Interaktivitas yang ada dalam gim Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel), Riri Cerita Anak Interaktif, dan Kabi membuat anak aktif mengeksplorasi dan belajar sambil bermain.

Anak tidak akan hanya membaca atau mendengar saja. Mereka juga bisa belajar sambil menyentuh, menekan, hingga menyelesaikan misi permainan. Proses belajar yang interaktif memperlihatkan bahwa anak secara aktif mengeksplorasi juga mempelajari banyak hal baru. Karena itulah, Marbel, Riri, dan Kabi menjadi media belajar interaktif yang menyenangkan.

Selain mengedukasi dan mempermudah pemahaman anak, media belajar interaktif Marbel, Riri, dan Kabi juga dapat mengasah keterampilan dan kreativitas mereka. Sehingga proses belajar yang dilakukan tidak membuat anak-anak cepat bosan.

Yuk, jelajahi konten ramah anak bersama Marbel TK PAUD, Riri Cerita Anak Interaktif, dan Kabi - Kisah Teladan Nabi sebagai partner media belajar interaktif anak!

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio