Top

Kabi, Media Belajar Interaktif Anak untuk Belajar Agama Islam

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

10 Sep 2024

  |  

Edukasi

Orang tua sudah sepatutnya mengajarkan kepada sang buah hati soal nilai-nilai keagamaan. Supaya anak tahu dan paham bahwa nilai-nilai agama, jika dipahami dengan benar, bisa menjadi tuntunan yang berguna untuk mereka.

Tentunya pengajaran soal nilai-nilai agama ini penting, mengingat nilai agama tersebut merupakan dasar bagi mereka untuk menjalani kehidupan. 

Meski begitu, pembelajaran soal nilai agama tetap harus diimbangi dengan proses pembelajaran yang tepat, guna menumbuhkan kreativitas juga pengetahuan mereka mengenai berbagai hal.

Kolaborasi antara upaya penanaman nilai-nilai agama dengan media belajar yang interaktif, akan menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, tidak membosankan, juga tepat sasaran.

Dalam rangka membantu anak mengembangkan nilai-nilai ajaran Islami, Educa Studio merilis Kabi - Kisah Teladan Nabi, sebagai media pembelajaran yang efektif.

Agar lebih mengenalnya, yuk, kita mengenal Kabi - Kisah Teladan Nabi secara lebih mendalam. Supaya orang tua tidak ragu lagi, memilih Kabi sebagai media pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan agama Islam kepada anak-anak.

Apa itu Kabi - Kisah Teladan Nabi?

Kabi adalah media belajar interaktif yang dirilis Educa Studio, untuk menciptakan proses belajar agama Islam secara lebih menyenangkan. Materi yang diberikan pun, dikemas secara menarik oleh para expert di bidangnya.

Sebagai salah satu produk unggulan Educa Studio, Kabi disalurkan melalui tiga channel, yakni gim, video animasi, serta buku digital. Hal ini jelas memudahkan anak dan para orang tua, untuk mengakses Kabi dari mana saja, tanpa batasan ruang dan waktu.

Kabi adalah media belajar interaktif yang menyuguhkan kisah-kisah bernuansa Islami, dilengkapi dengan narasi, suara, juga animasi yang menarik. Pastinya anak-anak tidak akan merasa bosan saat mengakses Kabi.

Adapun sebagai gambaran, cerita-cerita dalam Kabi - Kisah Teladan Nabi terdiri dari:

  • Fabel
  • Kisah wanita hebat
  • Kisah tokoh Islam
  • Kisah Sahabat Nabi
  • Seri Sunnah Rasul
  • Seri Anak Sholeh
  • Seri Abu Nawas
  • Kisah Tokoh Islam
  • Kisah Nabi
  • Seri Edukasi Muslim
  • Kisah Teladan Islam.

Fitur unggulan Kabi - Kisah Teladan Nabi

Perlu diketahui, bahwa Kabi memiliki beberapa fitur unggulan yang membedakannya dengan gim sejenis. Berikut beberapa fitur unggulan Kabi:

  • Disetujui oleh para pengajar di Google Play Store

Salah satu fitur unggulan Kabi - Kisah Teladan Nabi, yakni materi pembelajarannya sudah disetujui oleh para pengajar di Google Play Store. Orang tua tidak perlu lagi khawatir soal keabsahan atau kredibilitas kisah yang ditampilkan.

  • Didesain oleh para expert atau ahli di bidangnya

Fitur unggulan Kabi lainnya, yaitu desain cerita dan animasinya dibuat oleh para expert atau ahli di bidangnya. Sehingga animasi, gim, dan buku digital yang disajikan pun sesuai dengan anak usia 2 hingga 6 tahun.

  • Konten pembelajarannya sangat interaktif

Anak tidak hanya bisa berlatih membaca atau mendengar cerita yang disampaikan. Mereka juga dapat menjalani proses pembelajaran secara interaktif. Misalnya dengan menyentuh atau menekan tiap objek atau gambar yang ada dalam gimnya.

  • Bisa dimainkan secara online maupun offline

Fitur unggulan Kabi - Kisah Teladan Nabi lainnya, yakni bisa dimainkan secara online dan offline. Jadi orang tua dan anak sama-sama bisa mengaksesnya, baik dengan atau tanpa bantuan internet.

  • Tanpa aturan atau batas waktu

Fitur unggulan Kabi - Kisah Teladan Nabi yang berikutnya adalah tidak memiliki aturan atau batas waktu, di mana anak bebas mengeksplorasi gim Kabi.

Namun, perlu diketahui bahwa saat ini, gim Kabi juga bisa diatur dengan batasan waktu, jika orang tua khawatir anaknya kecanduan bermain gadget. Oleh karena itu, orang tua bisa mengatur batasan waktu bermain anaknya, selama 30 menit, 60 menit (1 jam), hingga 180 menit atau 3 jam.

Mengapa harus memilih Kabi - Kisah Teladan Nabi?

Kabi adalah media belajar interaktif yang sangat cocok digunakan anak untuk mempelajari agama Islam. Perlu diketahui bahwa semua konten, animasi, dan permainan yang termuat di dalamnya sudah sesuai dengan kaidah agama yang berlaku.

Kabi - Kisah Teladan Nabi sangat cocok digunakan oleh anak usia 2 hingga 6 tahun, untuk menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai keagamaan mereka. 

Proses pembelajaran yang dikemas secara interaktif juga memudahkan anak untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Kabi tidak hanya menciptakan proses belajar yang interaktif, tetapi juga menyenangkan. Anak-anak tidak akan merasa bosan ketika diminta belajar agama. Karena permainan yang disuguhkan pun sesuai ajaran agama.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa ada tiga alasan penting mengapa harus memilih Kabi - Kisah Teladan Nabi sebagai media belajar agama yang interaktif, yaitu:

  • Proses pembelajarannya sesuai dengan ajaran agama yang berlaku
  • Cocok untuk mengembangkan nilai-nilai keagamaan, khususnya anak berusia 2 hingga 6 tahun
  • Proses pembelajarannya dikemas secara interaktif dan menyenangkan.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio