Top

Manfaat Teknologi dalam Pendidikan Anak: Menyelami 3 Kegunaan Marbel dari Educa Studio

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

27 Sep 2024

  |  

Company

Pendidikan berbasis teknologi bukanlah hal baru lagi. Dalam pendidikan, teknologi dimanfaatkan untuk mempermudah jalannya proses belajar, juga membuatnya lebih menarik dan interaktif.

Dari sekian banyaknya produk pendidikan berbasis teknologi, Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) dari Educa Studio hadir untuk mendampingi proses belajar anak agar lebih menyenangkan.

Manfaat teknologi dalam pendidikan anak

Dikutip dari buku Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan (2023) karya Akbar Iskandar, dalam pendidikan, teknologi bermanfaat untuk menciptakan aksesibilitas yang luas. Anak bisa mengakses konten pembelajaran dari mana saja, tanpa batasan ruang dan waktu.

Teknologi dalam pendidikan, juga bermanfaat untuk meningkatkan minat belajar anak, melatih kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah, juga menghadirkan partisipasi yang aktif.

Dilansir dari situs Pemerintah Desa Cipari, salah satu manfaat teknologi dalam pendidikan anak, yakni menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Gabungan berbagai komponen multimedia, seperti audio, gambar, video, animasi, hingga gim, pasti akan membuat anak lebih tertarik. Dengan demikian, keterlibatan mereka dalam proses belajar pasti akan meningkat.

Terakhir, manfaat teknologi dalam pendidikan anak, yakni menumbuhkan keterampilan digital, yang tentu akan berguna bagi mereka di masa depan.

Jika disimpulkan, empat manfaat teknologi dalam pendidikan anak, yaitu:

  • Menciptakan aksesibilitas yang luas
  • Meningkatkan minat belajar anak
  • Menciptakan proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan
  • Meningkatkan keterampilan digital.

Marbel: pemanfaatan teknologi dalam pendidikan

Pada dasarnya, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan anak sudah tak terhitung lagi nilainya. Banyak perusahaan berlomba-lomba menghadirkan aplikasi yang dapat bermanfaat bagi pendidikan anak.

Sudah sejak 2011, Educa Studio hadir memberi kontribusi nyata bagi anak-anak Indonesia, lewat pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Berbagai produk yang dihasilkan nyata adanya dan jelas bermanfaat bagi anak-anak.

Marbel adalah salah satu brand unggulan Educa Studio, yang ditujukan untuk anak usia 2 hingga 10 tahun. Fokus utamanya, yakni menciptakan proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Gim edukasi Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel) menjadi bukti nyata kesuksesan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Banyak penghargaan yang sudah diperoleh, baik dalam maupun luar negeri.

Sesuai namanya, gim Marbel TK PAUD lebih ditujukan untuk anak usia dini, tepatnya 2 hingga 6 tahun. Selain memberi materi yang menyenangkan, gim edukasi ini turut mendorong anak berpartisipasi aktif. Berbagai program berkualitas dirancang untuk mengembangkan keterampilan dasar anak, seperti membaca, berhitung, melatih ingatan, hingga menumbuhkan kreativitas mereka.

Menilik pada gim Marbel TK PAUD, bisa dilihat bahwa dalam pendidikan, teknologi bermanfaat untuk menciptakan proses belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Dampak positif Marbel bagi perkembangan anak

Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, harus lebih memperhatikan dampak positifnya, meski, tak bisa dielakkan pula bahwa teknologi dapat memberi pengaruh negatif dalam pendidikan anak. Berikut beberapa dampak positif Marbel bagi perkembangan anak:

  • Anak lebih senang ketika belajar

Komitmen nyata Educa Studio saat merilis Marbel adalah menciptakan proses belajar yang menyenangkan. Karenanya, dengan kehadiran brand ini pasti membuat anak lebih senang ketika belajar, dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

  • Membantu mengembangkan berbagai keterampilan

Marbel berkontribusi nyata bagi perkembangan keterampilan anak, baik kognitif, sosial, maupun emosionalnya. Anak dilatih untuk sabar ketika bermain gim atau mengakses konten pembelajaran yang ada. Tentu, ketiga hal tersebut akan sangat berperan penting bagi perkembangan interpersonal mereka.

  • Sebagai media belajar teknologi yang tepat

Salah satu manfaat teknologi dalam pendidikan, teristimewanya, Marbel adalah sebagai media belajar teknologi yang tepat. Gim edukasi Marbel TK PAUD cocok untuk anak usia 2 hingga 6 tahun. Orang tua tidak perlu khawatir lagi soal isi kontennya, karena semua sudah disetujui oleh para pengajar di Google Play Store.

Marbel adalah investasi yang tepat bagi masa depan anak

Marbel menjadi contoh nyata kesuksesan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Sejatinya, berinvestasi pada teknologi pendidikan, seperti Marbel, bukanlah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Dengan kian bertambahnya orang tua yang berlomba-lomba mencari solusi belajar yang interaktif untuk anak mereka, hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi institusi pendidikan maupun unit bisnis Anda.

Sebagai perusahaan yang terus bertumbuh dan berkembang ke arah yang lebih mapan, Educa Studio membuka peluang kerja sama dengan unit bisnis atau institusi pendidikan Anda. Untuk informasi lebih lanjut terkait kolaborasi atau kerja sama bisnis, dapat menghubungi cs@educastudio.com. Tim kami akan merespons sesegera mungkin untuk memberi pengalaman bisnis yang menyenangkan bagi kedua belah pihak.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio