Top

Bangun Quality Time antara Orang Tua dan Anak dengan Riri Cerita Anak Interaktif

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

17 Okt 2024

  |  

Parenting

Zaman modern saat ini memberi banyak perubahan dalam tata cara maupun ritme kehidupan manusia. Jika awalnya, tiap keluarga memiliki quality time bersama, kini, kebiasaan itu mulai menghilang seiring berjalannya waktu.

Tiap orang disibukkan dengan gadget atau perangkat teknologi yang dipegang tiap hari. Akibatnya, kualitas hubungan dan komunikasi antarindividu dalam keluarga, berkurang. Tak jarang, relasinya pun juga menjadi renggang.

Pentingnya quality time bersama keluarga

Quality time sering juga disebut waktu berkualitas. Quality time adalah waktu yang dihabiskan bersama orang terdekat dan tersayang, dalam hal ini keluarga, untuk mempererat hubungan juga meningkatkan kualitas hidup bersama.

Salah satu pentingnya membangun quality time bersama keluarga, yakni meningkatkan kesehatan mental dan fisik anggota keluarga. Hubungan sehat tercipta karena ada jalinan komunikasi yang erat.

Baca juga: Ciptakan Momen Belajar yang Menyenangkan bersama Riri Cerita Anak Interaktif

Manfaat quality time bersama keluarga, yaitu meningkatkan komunikasi. Tiap anggota keluarga punya kesempatan yang sama untuk saling berbagi ide, pengalaman, juga perasaan mereka satu sama lain.

Selain itu, pentingnya quality time bersama keluarga, yakni memperkuat nilai-nilai keluarga, serta menciptakan lingkungan yang positif bagi anak-anak untuk bertumbuh juga berkembang dengan baik.

Jadi, pentingnya quality time bersama keluarga adalah:

  • Meningkatkan kesehatan mental dan fisik anggota keluarga
  • Meningkatkan komunikasi antaranggota keluarga
  • Memperkuat nilai-nilai keluarga
  • Menciptakan lingkungan yang positif bagi anak-anak untuk bertumbuh dan berkembang.

Cara meningkatkan quality time dengan keluarga

Mengingat bahwa quality time atau waktu berkualitas bersama keluarga menjadi satu hal penting yang sebaiknya dilakukan secara rutin, berikut sepuluh cara meningkatkan quality time dengan keluarga:

Baca juga: Buka Imajinasi Anak bersama Riri Cerita Anak Interaktif

  • Menonton film bersama
  • Ajak anak berkebun bersama
  • Menyiapkan makan malam bersama
  • Bermain boneka bersama anak
  • Jalan-jalan bersama keluarga
  • Makan bersama
  • Ajak keluarga untuk refreshing bersama
  • Membersihkan rumah bersama
  • Antaranggota keluarga saling mendukung satu sama lain
  • Luangkan waktu bersama keluarga untuk komunikasi.

Selain cara di atas, orang tua juga bisa mendampingi proses belajar anak, untuk meningkatkan quality time dengan keluarga. Misal, orang tua menemani anak yang sedang menggambar, mewarnai, atau bermain puzzle.

Intinya, apa pun kegiatan yang dilakukan bersama, antara orang tua dan anak, asal itu berdampak positif bagi keluarga, hal itu sama saja dengan meningkatkan quality time.

Cara meningkatkan quality time bersama Riri Cerita Anak Interaktif

Pada dasarnya, untuk membangun atau meningkatkan quality time antara orang tua dan anak tidak butuh biaya yang besar atau acara yang mewah. Cukup dengan hal atau kegiatan sederhana saja, waktu berkualitas bersama keluarga bisa dilakukan sebaik mungkin.

Orang tua juga bisa memanfaatkan Riri Cerita Anak Interaktif sebagai salah satu cara meningkatkan quality time bersama anak. Ada ratusan kisah anak yang menarik untuk dibaca dan dinikmati bersama. Orang tua juga bisa mengajak anak mewarnai dan bermain connecting dots.

Baca juga: Bersama Riri Cerita Anak Interaktif, Tumbuhkan Kebiasaan Baik Membaca

Bersama Riri, orang tua dan anak bisa duduk saling berdampingan, membaca beragam kisah yang menarik, juga membangun relasi yang baik dengan membahas cerita tersebut. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini pasti akan berdampak positif, tidak hanya bagi perkembangan keterampilan bahasa dan kognitif anak, tetapi turut menciptakan hubungan yang baik dalam keluarga.

Dengan demikian, Riri Cerita Anak Interaktif bukan hanya media belajar interaktif anak, tetapi juga termasuk salah satu cara meningkatkan quality time antara orang tua dan anak.

Yuk, download gim Riri Cerita Anak Interaktif di Google Play Store dan iOS, atau tonton videonya di YouTube Riri!


Sumber referensi:

  • Budi, Panuwun. Quality Family Time: Bangun Keeratan Hubungan dengan Keluarga melalui Kegiatan. (2023). Yogyakarta: CV Andi Offset.
  • Kompas.com. Hari Keluarga Nasional, Ini 5 Cara Nikmati “Quality Time” di Rumah. (2022). Tanggal akses 17 Oktober 2024.
  • Fabanyo, Rizqi Alvian. Anggreini, Yogik Setia. Teori dan Aplikasi Promosi Kesehatan dalam Lingkup Keperawatan Komunitas. (2022). Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio