Top

Bentuk Karakter Anak dengan Kabi Kisah Teladan Nabi

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

18 Okt 2024

  |  

Edukasi

Orang tua berperan besar dalam pembentukan karakter anak, mulai sejak mereka dilahirkan hingga memasuki umur tertentu. Tiap orang tua tentu memiliki cara yang berbeda dalam menanamkan pendidikan karakter.

Karena caranya beragam, karakter anak yang terbentuk pun pasti juga akan berbeda. Oleh sebab itu, orang tua perlu mendidik anaknya dengan cara yang tepat, agar apa yang dilakukan sang anak nanti, bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Cara membentuk karakter anak

Karakter anak adalah akhlak yang dibentuk orang tuanya. Masa pembentukan karakter, dimulai dari sejak anak dilahirkan hingga berusia lima atau enam tahun. Fase ini sering juga disebut sebagai usia emas atau golden age.

Salah satu cara membentuk karakter anak, yakni dengan memahami terlebih dahulu bagaimana sikap anaknya. Apakah ia mudah diberi tahu, berani melawan, penakut, atau sulit dinasihati. Dengan mengetahuinya terlebih dahulu, orang tua tentu akan lebih mudah dalam membentuk karakter anak.

Baca juga: Ajarkan Si Kecil Huruf Hijaiyah bersama Kabi Kisah Teladan Nabi

Berikut cara membentuk karakter anak:

  • Mencontohkan perilaku dan sikap yang baik kepada anak
  • Mendorong perilaku positif dalam diri anak
  • Memberi kesempatan anak untuk tumbuh
  • Mengajarkan cara atau metode pemecahan masalah
  • Menumbuhkan perasaan empati dalam diri anak
  • Menetapkan ekspektasi atau tujuan yang jelas
  • Mengajak anak menumbuhkan sikap mandiri
  • Mengajarkan pentingnya sikap atau perasaan bersyukur
  • Mendorong anak untuk menjalin pertemanan yang positif
  • Mengajarkan anak cara mengatasi masalah.

Satu hal yang perlu diperhatikan dari semua cara tersebut, yakni bagaimana orang tua secara proaktif mampu mendorong anak untuk terus belajar, juga berani mengapresiasi atau menegur anak.

Pentingnya nilai agama dalam pembentukan karakter

Selain cara di atas, orang tua juga bisa mendidik anaknya dengan mengajarkan nilai-nilai agama yang disesuaikan dengan kepercayaan atau agama yang dianut.

Lantas, apa pentingnya nilai agama dalam pembentukan karakter? Salah satu pentingnya nilai agama dalam pembentukan karakter, yakni agama menjadi sumber pijakan utama dalam dimensi kehidupan manusia. Penanaman nilai-nilai spiritual, akidah (kepercayaan dasar), hingga praktik ibadah itulah yang membantu proses pembentukan karakter anak agar seturut dengan agama yang dianut.

Baca juga: Belajar Sunah Rasul dengan Cara yang Menyenangkan bersama Kabi

Dalam konteks agama Islam, nilai-nilai agama, seperti kejujuran, keadilan, kasih sayang, sikap menghormati orang lain, sopan santun, menjaga hubungan yang baik dengan sesama, serta kesabaran, menjadi landasan utama yang sering digunakan dalam membentuk karakter anak yang baik.

Harapannya, dengan menanamkan nilai-nilai tersebut, anak tidak hanya menjadi individu yang kuat, bertanggung jawab, dan bermoral, tetapi juga memiliki karakter yang baik, sehingga berguna bagi bangsa dan masyarakat.

Kabi Kisah Teladan Nabi dari Educa Studio dapat menjadi solusi tepat bagi orang tua yang ingin membentuk karakter anaknya lewat pengajaran nilai-nilai agama Islam. Kabi adalah media interaktif untuk belajar agama Islam dengan cara yang menyenangkan. Kabi memiliki ratusan kisah bernuansa Islami, seperti kisah sahabat nabi, kisah wanita hebat, kisah tokoh Islam, seri edukasi Muslim, kisah teladan Islam, dan lainnya.

Baca juga: Tingkatkan Kesadaran Sosial Anak lewat Kabi Kisah Teladan Nabi

Kabi Kisah Teladan Nabi tidak hanya membantu mengembangkan karakter anak ke arah yang lebih baik, melainkan juga membantu menumbuhkan nilai-nilai keagamaan dan keimanan anak, serta membentuk kebiasaan belajar yang positif juga menyenangkan.

Kesimpulannya, Kabi Kisah Teladan Nabi adalah gim edukasi yang membantu mengembangkan karakter anak sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran agama Islam, serta membantu menumbuhkan nilai-nilai keimanan mereka. Ayo unduh gim Kabi Kisah Teladan Nabi sekarang di Google Play Store dan iOS!


Sumber referensi:

  • Dinsos.kulonprogokab.go.id Memahami Karakter Anak. (2022). Tanggal askes 18 Oktober 2024.
  • Fauzan. Peran Agama dalam Pembentukan Karakter pada Lembaga Pendidikan. (2019). Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Volume 9, Nomor 1.
  • Newlifestudentcare.org.sg. How Parents can Build Their Child’s Character. (2024). Tanggal akses 18 Oktober 2024.
  • Wahyuni, Indra. Peran Nilai-nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Anak-anak Sekolah Dasar (SD). (2023). Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam. Volume 3 Nomor 2.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio